Perkuat Sektor Informal dan UMKM, Pemda Jabar Gandeng GOJEK

Hal tersebut untuk cuatkan potensi ekonomi digital di Jabar

Kota Bandung, IDN Times — Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Jawa Barat menggandeng GOJEK dan GO-PAY guna mencuatkan potensi ekonomi digital di Jawa Barat. Tujuan dari kerja sama tersebut ialah penguatan para pelaku sektor informal serta usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) via inovasi teknologi dan kolaborasi dengan GOJEK dan GO-PAY.

Head of Regional Government Relations GOJEK Jawa Barat dan Banten, Muhammad Chairil, mengatakan bahwa salah satu fokus nota kesepakatan dengan Pemda Provinsi Jawa Barat ialah pemberdayaan perempuan melalui pelatihan kewirausahaan dan akses lapangan pekerjaan.

“Dalam kesepakatan strategis bersama Pemerintah Provinsi Jawa Barat, GOJEK juga menawarkan program dukungan menyeluruh pada pelaku sektor informal dan UMKM dengan cara menyelenggarakan pelatihan, fasilitasi usaha pemasaran, serta fasilitasi akses lapangan kerja dalam ekosistem GOJEK,” ucap Chairil di Aula Barat Gedung Sate, Sabtu (25/5/2019).

1. GOJEK berpotensi dukung program unggulan Jabar

Perkuat Sektor Informal dan UMKM, Pemda Jabar Gandeng GOJEKIDN TImes/Pemprov Jabar

Menurut Chairil, GOJEK berpotensi mendukung program unggulan Provinsi Jawa Barat, yaitu Sekolah Perempuan Capai Impian dan Cita-cita atau Sekoper Cinta yang diluncurkan Gubernur Jawa Barat bersama Ibu Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI pada Desember 2018 lalu.

2. Kerja sama ini merupakan implementasi Birokrasi 3.0 atau dynamic government

Perkuat Sektor Informal dan UMKM, Pemda Jabar Gandeng GOJEKIDN Times/Pemprov Jabar

Ketua TP PKK Provinsi Jawa Barat yang juga Ketua Umum Tim Penyelenggara Sekolah Sekoper Cinta, Atalia Praratya Kamil, menjelaskan bahwa program tersebut hadir untuk melambungkan kualitas hidup perempuan dan mewujudkan kesetaraan peran, akses, dan partisipasi perempuan di semua bidang.

“Harapan kami semua kesepakatan ini dapat terlaksana dengan baik dan tentunya menciptakan dampak sosial dan ekonomi yang bermanfaat bagi masyarakat Jawa Barat. Kami sangat antusias dan berterima kasih pada GOJEK dan GO-PAY yang dengan penuh semangat ingin berkolaborasi dalam program-program pembangunan di Jawa Barat,” tutur Atalia.

Kerja sama dengan GOJEK dan GO-PAY merupakan salah satu implementasi Birokrasi 3.0 atau dynamic government. Dengan kata lain, pembangunan Jawa Barat dapat dilakukan melalui kerja sama antara Pemda Provinsi Jawa Barat dan pihak lain.

3. Beberapa kerja sama lain telah dilakukan

Perkuat Sektor Informal dan UMKM, Pemda Jabar Gandeng GOJEKIDN Times/Pemprov Jabar

Sebelumnya, Pemda Provinsi Jawa Barat menjalin kerja sama dengan Bukalapak tentang Peningkatan Pelayanan Publik melalui Pemanfaatan Pasar Daring (marketplace online). Kerja sama tersebut bertujuan untuk mempercepat pelayanan publik oleh pemerintah. Salah satunya pembayaran pajak kendaraan bermotor di Bukajabar.

Selain itu, Pemda Provinsi Jawa Barat berkerja sama dengan PT. Telkomsel meluncurkan Program Patriot Desa Digital. Target dari program tersebut ialah seluruh desa di Jawa Barat mampu melakukan aktivitas digital atau digitalisasi. Digitalisasi tak hanya menyoal akses internet, tetapi juga menyentuh pelayanan publik dan perdagangan yang melibatkan masyarakat.

Topik:

  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya