Comscore Tracker

Mau Jajanan yang Ramah di Kantong? Kamu Mesti Coba Kerupuk Miskin Purwakarta

Kerupuk miskin punya rasa gurih yang khas

Selain tempat wisata, Purwakarta juga terkenal dengan beragam sajian kuliner dan bisa dijadikan buah tangan yang unik. Salah satunya kerupuk miskin. Penamaan kerupuk memang identik dengan bahan dasar dari kerupuknya. Eits, tapi bukan berarti kalau kamu mencicipi kerupuk tersebut kamu sesuai dengan nama kerupuknya, ya.

Kerupuk miskin merupakan olahan yang dibuat dari aci singkong. Cara membuat adonannya sama dengan kerupuk-kerupuk lainnya. Kerupuk ini punya rasa gurih yang khas dan berbeda dari kebanyakan kerupuk pada umumnya.

Buat kamu yang penasaran sama kerupuk unik ini, yuk simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

1. Asal muasal kerupuk miskin

Mau Jajanan yang Ramah di Kantong? Kamu Mesti Coba Kerupuk Miskin Purwakartabacaterus.com

Usut punya usut, kerupuk ini ternyata sudah tercipta sejak 1920-an loh guys. Tepatnya saat bangsa Indonesia masih dijajah dan mengalami ketidakstabilan ekonomi. 

Nah, alasan mengapa kerupuk ini dinamai kerupuk miskin karena pada saat itu harga minyak sangatlah tinggi sehingga tidak bisa dibeli masyarakat ekonomi bawah. Akhirnya, dipakailah pasir gunung sebagai pengganti minyak untuk menggoreng.

2. Pasir yang digunakan bersih kok

Mau Jajanan yang Ramah di Kantong? Kamu Mesti Coba Kerupuk Miskin Purwakartainstagram.com/kerupukkencring

Meskipun terkesan tidak higienis karena menggunakan pasir, kenyataannya kerupuk ini digoreng dengan pasir yang bersih loh guys. Pasir yang digunakan ialah pasir gunung yang berwarna hitam. 

Pasir-pasir tersebut harus disangrai lalu dijemur sebelum digunakan agar kering dan bersih. Setelah dijemur, pasir akan dipanaskan dalam wajan lebar untuk dimasak menjadi pengganti minyak goreng.

3. Penganan sederhana yang punya rasa istimewa

Mau Jajanan yang Ramah di Kantong? Kamu Mesti Coba Kerupuk Miskin Purwakartainstagram.com/sianto2092

Walau pengolahan kerupuk ini terbilang sederhana dan dilakukan di tengah keterbatasan bahan, kerupuk miskin tidak disangka bisa menciptakan rasa yang lebih enak. Kerupuk miskin punya rasa gurih yang berbeda. Padahal, bahan pokoknya sama dengan kerupuk lain, yaitu tepung tapioka, bawang putih, dan garam.

Jika di tempat lain juga punya kerupuk yang mirip dengan kerupuk miskin, rasa kerupuk miskin di Purwakarta dijamin tidak akan sama di tempat lain. Bagi kamu yang tertarik mencicipi perbedaannya, kamu bisa mendapatkan kerupuk ini di daerah Plered Purwakarta.

Pokoknya harus banget cobain kerupuk melarat khas Purwakarta. Rasanya enak dan murah meriah!

Topic:

  • Marwan Fitranansya

Just For You