Kaya dan Kuat Rasanya, Kamu Mesti Coba Es Ciming Khas Purwakarta

Es ciming salah satu kuliner tiada duanya dari Purwakarta

Purwakarta, IDN Times - Makan sate maranggi di Purwakarta rasanya tidak lengkap jika tak meminum minuman segar khasnya. Daerah itu juga punya minuman favorit masyarakat dan wisatawan sebagai pelepas dahaga lho, yakni es ciming.

Es ciming merupakan semacam es campur yang saat ini masih sangat laris dan dicari di Purwakarta. Lelaki Tionghoa yang disapa Ko Ciming ialah peracik awal es tersebut. Dulu es ciming dinamai es shanghai, tapi nama es ciming lebih terkenal saat ini. Penasaran seperti apa es ciming? Berikut ulasannya.

1. Wujudnya seperti es campur tapi rasa es ciming berbeda

Kaya dan Kuat Rasanya, Kamu Mesti Coba Es Ciming Khas PurwakartaInstagram.com/@rifanualifa

Bagi yang pernah menikmati pasti setuju bahwa rasa es ciming berbeda dari es campur. Bisa dikatakan, hal ini karena begitu kayanya isian es ciming. Dalam semangkuk es ciming ada kacang hijau, tapai ketan, cendol yang terbuat dari hun kue, cincau hitam, dan parutan kelapa.

Isian tadi kemudian diberi serutan es yang banyak, krimer kental manis, dan sirop berwarna merah yang terbuat dari gula, pewarna makanan, dan air putih. Jika dibandingkan dengan es campur, perbedaan yang lebih terasa dari tekstur es ciming ialah es tersebut disajikan lebih cair.

2. Es ciming sebagai minuman pelengkap camilan

Kaya dan Kuat Rasanya, Kamu Mesti Coba Es Ciming Khas PurwakartaInstagram.com/@widyaningrumasukarno

Restoran yang menjual es ciming di Purwakarta biasanya tidak hanya menjual es ciming. Di dalamnya kamu bisa menikmati berbagai makanan untuk melengkapi hasrat wisata kulinermu.

Warung atau restoran yang menyediakan es ciming biasanya juga menjual camilan yang pas untuk dinikmati, misalnya batagor, kerupuk, kacang goreng, dan tape ketan hitam. Nah, tape ketan hitam itu pas banget jika kamu mencampurnya dengan es ciming. Dijamin es cimingmu makin kaya dan kuat rasanya!

3. Keunikan lain penyajian es ciming

Kaya dan Kuat Rasanya, Kamu Mesti Coba Es Ciming Khas PurwakartaInstagram.com/@dejayhanarengkung

Es ciming akan sangat dicari-cari saat Ramadan sebagai minuman berbuka puasa. Bukan hanya karena enak dan harganya murah, es ciming juga biasa disajikan dalam kemasan bungkus plastik yang sudah dikeraskan di lemari es. Jangan khawatir, meski sudah dibekukan, rasa es ciming akan tetap terjaga.

Nah, itu tadi es ciming yang saat ini masih menjadi destinasi wisata kuliner di Purwakarta. Penasaran apalagi kuliner yang menjadi favorit di sana? Tunggu liputan kami selanjutnya, ya!

Topik:

  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya