Pantau Korban Kebakaran Krukut, Mensos Agus Bantu Dana Stimulan Rumah 

Bantuan dana stimulan pembangunan sesuai kerusakan rumah

Jakarta, IDN Times - Menteri Sosial RI Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan bahwa pemerintah akan memberi bantuan dana stimulan pembangunan kembali rumah warga Krukut, Taman Sari, Jakarta Barat, yang hangus kebakaran pada 17 Maret 2019. Ia mengatakan hal ini saat mengunjungi lokasi kebakaran.

"Kemensos menunggu data kerusakan rumah dari Dinas Sosial kemudian segera dilakukan verifikasi dan validasi. Nanti segera kami bantu dana stimulan pembangunan rumah," kata Mensos Agus.

Mensos menyatakan, besarnya bantuan dana stimulan pembangunan rumah bervariasi sesuai kondisi kerusakan rumah.

"Maksimal Rp10 juta per rumah. Nanti akan dilakukan pendataan, verifikasi, dan validasi terlebih dahulu," tutur agus.

1. Mensos Agus tanyakan kabar warga pasca-kebakaran

Pantau Korban Kebakaran Krukut, Mensos Agus Bantu Dana Stimulan Rumah IDN Times/Kementerian Sosial

Di lokasi kebakaran, Mensos Agus berkeliling ke rumah padat penduduk di RW 5. Saat berjalan menyusuri gang sempit melewati puing-puing rumah, Mensos menyapa warga yang mendirikan tenda-tenda di dekat rumah mereka yang hangus terbakar.

"Pak, Bu, bagaimana kabarnya? Mudah-mudahan diberikan kekuatan menghadapi musibah ini. Insyaallah nanti akan ada bantuan dana stimulan pembangunan rumah. Agar ibu tidak tidur di tenda dan bisa kembali tinggal di rumah," kata Mensos.

Dari sana, Mensos Agus melanjutkan blusukannya dan bertemu dengan anak-anak yang tengah bermain di antara puing rumah yang terbakar. Beberapa kali ia berhenti untuk melayani anak-anak bersalaman dan berfoto bersama.

"Anak-anak terus semangat ya, jangan putus asa," katanya.

2. Mensos Agus berbaur dengan warga korban kebakaran

Pantau Korban Kebakaran Krukut, Mensos Agus Bantu Dana Stimulan Rumah IDN Times/Kemensos

Mensos Agus juga membagikan nasi kuning dan lauk-pauk untuk warga. Ia pun memimpin doa bersama untuk memohon keselamatan. Rekan-rekan Tagana kemudian menyiapkan nasi kuning sebagai wujud syukur karena pada 24 Maret mereka merayakan hari ulang tahun ke-15.

Mensos Agus sempat menyuapi seorang balita, Hafidz, dalam gendongan ibunya. Balita berusia 2,5 tahun itu tampak menurut dan lahap menyantap makanan saat Menteri Agus menyodorkan nasi dan lauk.

3. Rincian bantuan untuk warga Krukut

Pantau Korban Kebakaran Krukut, Mensos Agus Bantu Dana Stimulan Rumah shutterstock.com/A3pfamily

Mensos menyerahkan bantuan sebesar Rp781.118.000 untuk korban kebakaran di Krukut. Rinciannya, Bantuan Logistik Tahap I Rp462.718.000, Bantuan Logistik Tahap II Rp268.400.000, dan Bantuan Pembangunan Rumah untuk tahap awal Rp50 juta.

Untuk bantuan logistik terdiri dari makanan siap saji, perlengkapan bayi, perlengkapan wanita, perlengkapan sekolah (SD, SMP, SMA), peralatan evakuasi, terpal dan kasur, perlengkapan ibadah, peralatan dapur keluarga, perlengkapan kebersihan, perlengkapan lansia, serta paket sembako.

Kebakaran melahap 210 rumah warga di Jalan Thalib 3, RW 5, Krukut, Tamansari, Jakarta Barat pada Minggu, 17 Maret 2019 pukul 00.13 WIB. Sebanyak 665 KK/2060 jiwa terdampak kebakaran, antara lain 108 balita, 201 pelajar SD--SMA, 72 lansia, 3 penyandang disabilitas, 5 ibu hamil, dan 3 korban luka-luka.

Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Harry Hikmat mengatakan bahwa petugas Direktorat Perlindungan Sosial Korban Bencana Sosial Kementerian Sosial bersama Tenaga Pelopor Perdamaian, Tagana, Dinas Sosial Jakarta Barat akan diasesmen.

"Tim melakukan pendataan dilanjutkan dengan pendirian tenda pengungsi, pengadaan dapur umum, dapur air, dan penyaluran bantuan kebutuhan dasar," tuturnya.

Adapun lokasi pengungsian berada di depan Masjid Jami Al-Aman, depan Masjid Al-Ikhlas, dan di sekitar rumah warga. Sementara itu, dapur umum Tagana berada di Posko Tagana Jakarta Barat (Kantor Wali Kota Jakarta Barat) dan Dapur Air Tagana berada di samping Masjid Al-Ikhlas.

Dapur Umum Tagana dapat memasak 800 bungkus nasi per hari ditambah dari Dapur Umum Mandiri dan Dapur Umum Kampung Siaga Bencana (KSB) Kelurahan Krukut.

Topik:

  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya