Kementan Dorong Potensi Santri Milenial Aktif di Pertanian

Targetnya jangkau 400 orang KSTM

Sumenep, IDN Times- Kementerian Pertanian (Kementan) terus mendorong peran milenial dalam pembangunan pertanian Indonesia, salah satu strategi yang ditempuh adalah program Kelompok Santri Tani Milenial (KSTM). Program ini demi mendorong kaum santri dan generasi milenial yang berbasis di pondok-pondok pesantren untuk aktif dan berkontribusi di bidang pertanian. 

Untuk mentransformasi pengetahuan terutama dalam hal teknologi pertanian, Kementerian Pertanian mengadakan bimbingan teknis peningkatan kompetensi KSTM secara serentak pada empat kabupaten di wilayah Madura. Kegiatan ini akan menjangkau 40 KSTM berjumlah 400 orang santri tani milenial. 

1. Tingkatkan pemeliharaan ayam

Kementan Dorong Potensi Santri Milenial Aktif di PertanianIDN Times/Kementan

Bupati Sumenep, Busyro Karim mengapresiasi semangat para santri untuk terjun dan ikut membangun pertanian Indonesia. Sebanyak 13 KSTM atau 130 orang santri tani milenial dari pesantren di wilayah Sumenep siap berpartisipasi menjadi bagian dari kegiatan yang akan dilaksanakan selama dua hari ini.

"Ini adalah awal dari total 44 pondok pesantren yg akan dilatih menjadi KSTM. Saya berharap para santri fokus untuk meningkatkan keterampilan pemeliharaan ayam dan mampu menghadapi tantangan era digital," jelas Busyro pada saat membuka Bimtek KSTM di Pondok Pesantren Mahasinul Akhlaq, Desa Ketawang Larangan, Kecamatan Gading, Sumenep, Jawa Timur. 

2. Pesan Bupati Sumenep bahwa giat bekerja sama dengan meneladani sifat Rasulullah

Kementan Dorong Potensi Santri Milenial Aktif di PertanianIDN Times/Kementan

Busyro juga mengajak para santri untuk meneladani Rasulullah yang terus bekerja dan giat bekerja, serta menyisihkan waktu paginya untuk merawat ayam, sehingga mendapat manfaat dari ternaknya. 

“Bagi para santri yang sudah berhasil beternak ayam, pemasaran telur nantinya tidak perlu dikhawatirkan mengingat telur masih dibutuhkan di Kota Sumenep, yang selama ini di suplai dari luar kota,” tutur Busro

3. Upaya Kementan untuk KSTM berikan bahan praktik

Kementan Dorong Potensi Santri Milenial Aktif di PertanianIDN Times/Kementan

Untuk mendukung kegiatan tersebut, Kementan juga memberikan bahan praktik mandiri berupa masing-masing 500 ekor ayam, 1000 kg pakan ayam (untuk masa dua bulan), serta vaksin (obat dan vitamin). Khusus Kabupaten Sumenep bantuan pada hari ini adalah 6.500 ekor ayam, 13 ton pakan ayam, dan 13 paket vaksin/obat hewan. 

Topik:

  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya