Kenalkan Berbagai Jenis Cabai, Kementan Gelar Festival Cabai

Berbagai acara meramaikan festival tersebut

Jakarta IDN Times - Direktorat Sayuran dan Tanaman Obat, Puslitbanghorti dan Perpustakaan Pertanian Kementerian Pertanian (Kementan) bekerja sama dengan produsen benih cabai membuka stan yang menampilkan berbagai jenis tanaman dan buah cabai lokal masyarakat maupun berbagai varietas hasil penelitian Litbang Pertanian dan East West baik hybrid dan Open Polinari.

Selain mengenalkan kepada masyarakat berbagai jenis cabai dan olahannya, beberapa acara juga meramaikan perayaan tersebut, mulai dari lomba merangkai dan mendekorasi pohon cabai, mengarang puisi, pameran lukisan dan kaligrafi, membuat gado-gado dan mengulek sambal, sampai penjualan benih cabai.

1. Rencananya tahun depan Festival Cabai akan digelar lebih besar

Kenalkan Berbagai Jenis Cabai, Kementan Gelar Festival Cabaiunsplash.com/Elle Hughes

Pimpinan Benteng Heritage, Udaya Halim, bahkan antusias menampilkan berbagai buah dan tanaman cabai dunia yang unik dan terpedas.

"Supaya masyarakat kenal berbagai jenis cabai. Saya pribadi ingin berlanjut di tahun mendatang dengan lingkup lebih besar bahkan tingkat nasional," ujar Udaya.

2. Masyarakat tidak perlu khawatir jika harga cabai mahal

Kenalkan Berbagai Jenis Cabai, Kementan Gelar Festival CabaiIDN Times/Debbie Sutrisno

Pada acara perayaan yang dibuka langsung oleh Wali Kota Tangerang tersebut, Direktur Jenderal Hortikultura, Dr Suwandi menyampaikan pesannya kepada masyarakat.

"Banyak jenis cabai di Indonesia. Itu kekayaan plasma Nutfah. Harus kita jaga, kita kembangkan. Kalau masyarakat sudah mengenal, pasti juga akan menyayangi produk kita sendiri. Jangan panik kalau cabai mahal, banyak substitusi jenisnya bahkan varian produk olahan pun beragam," tutur Suwandi.

Topik:

  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya