Ciptakan SDM Unggul, Kemnaker Dorong Pemda di Bidang Ketenagakerjaan

Pemerintah gelar pelatihan 2 juta tenaga kerja tahun depan

Yogyakarta, IDN Times – Direktorat Jenderal Pembinaan, Pelatihan, Produktivitas (Binalattas) Kementerian Ketenagakerjaan menyelenggarakan Rapat Koordinasi Pelatihan Kerja Guna Menciptakan SDM Unggul, yang diselenggarakan di Yogyakarta, Rabu (30/10).

Direktur Bina Standardisasi Kompetensi Kerja, Sukiyo, mengatakan Kemnaker mendorong pemerintah daerah khususnya dinas di bidang ketenagakerjaan untuk menyiapkan data yang akurat mengenai informasi pasar kerja, sebagai dasar untuk menyiapkan tenaga kerja terampil di wilayah masing-masing.

"Ingat tahun depan pemerintah sudah mencanangkan pelatihan kepada 2 juta tenaga kerja dari berbagai sektor. Ini butuh sinergi seluruh pemda melalui dinas yang membidangi ketenagakerjaan," kata Sukiyo.

Sukiyo mengatakan dalam mempersiapkan pembangunan SDM unggul guna menuju Indonesia maju ke depannya, maka perlu untuk dikolaborasikan maupun disinergikan secara bersama-sama, baik di tingkat pusat maupun di daerah.

Sukiyo menegaskan saat ini Ditjen Binalattas telah menjadi "leading sector" yang nantinya mendorong semua sektor di bidang pengembangan SDM ini, agar terus menciptakan SDM yang berkualitas, terampil, dan kompeten.

"Caranya yakni mengolaborasi aktivitas di Kementerian Ketenagakerjaan dengan seluruh stakeholder di daerah yang menangani ketenagakerjaan termasuk di dalamnya pembinaan di lembaga pelatihan vokasi di wilayah binaan masing-masing," tegasnya.

Topik:

  • Ester Ajeng

Berita Terkini Lainnya