KLHK dan LIA Sinergi Ajak Milenial Cintai Lingkungan di ECoFest 2019

ECoFest melibatkan milenial sebagai kader peduli lingkungan

Jakarta, IDN Times - Demi menumbuhkan kesadaran dan kepedulian milenial dalam mengurangi, memilah sampah dari sumbernya, dan menjaga kelestarian lingkungan, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) bersama Lembaga Indonesia Amerika (LIA) menggelar ECoFest 2019 di Bandung, Minggu (29/9).

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM (BP2SDM) KLHK Helmi Basalamah mewakili Menteri LHK mengatakan bahwa Kementerian LHK mengapresiasi ECoFest 2019 karena melibatkan milenial sebagai kader peduli lingkungan.

"Mengubah perilaku ramah lingkungan di masyarakat tidak bisa hanya mengandalkan pemerintah, tetapi harus dimulai juga dari lingkup terkecil, yaitu keluarga. Setiap aksi dari masing-masing individu sangatlah berarti, dan pada gilirannya mendorong budaya ramah lingkungan sebagai budaya bangsa Indonesia,” tutur Helmi.

1. Generasi unggul mampu mengelola dan memanfaatkan sumber daya alam tanpa membebani lingkungan

KLHK dan LIA Sinergi Ajak Milenial Cintai Lingkungan di ECoFest 2019IDN Times/Ezri TS

Menurut Helmi, visi Indonesia maju hanya dapat dijalankan jika sumber daya manusianya juga unggul. Terlebih lagi, SDM unggul Indonesia tidak hanya mampu berperan produktif dan positif, tetapi juga mampu mengelola dan memanfaatkan sumber daya alam secara berkelanjutan serta tidak memberikan beban terhadap lingkungan.

"Jika kegiatan ini dapat dilakukan secara konsisten, berkesinambungan, dan dilakukan secara masif dapat memberikan dampak yang signifikan dalam penyelamatan lingkungan hidup," tutur Helmi.

2. Pesan Ridwan Kamil kepada milenial

KLHK dan LIA Sinergi Ajak Milenial Cintai Lingkungan di ECoFest 2019IDN Times/Ezri TS

Datang di tengah acara, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyatakan, Indonesia ialah negara yang indah atas rahmat dan karunia Allah SWT. Namun, Indonesia juga menghadapi banyak masalah yang diakibatkan ulah manusia. Oleh karena itu, dalam mensyukuri nikmat Allah ini, kita harus memanfaatkannya dengan bijak sehingga anak cucu kita pun dapat menikmatinya.

Ridwan Kamil pun memproyeksikan bahwa pada 2045 Indonesia akan menjadi negara ekonomi terkuat ketiga di dunia. Hal tersebut dapat terwujud jika SDM Indonesia makin kompetitif dan seluruh lapisan masyarakat dapat bergerak bersama secara positif. Oleh karena itu, Ridwan Kamil memandang generasi milenial saat ini ialah kunci kemajuan bangsa di masa depan.

“Generasi milenial harus aktif, terus belajar, sekaligus cinta lingkungan,” tutur Ridwan Kamil.

3. KLHK terus mencontohkan penerapan pola hidup ramah lingkungan sehari-hari

KLHK dan LIA Sinergi Ajak Milenial Cintai Lingkungan di ECoFest 2019IDN Times/Ezri TS

Ketua Panitia LIA ECoFest 2019, Harry Wileri, mengucapkan terima kasih atas dukungan dari KLHK. Harry menilai praktik sederhana dalam menerapkan pola hidup ramah lingkungan sehari-hari telah dicontohkan Kementerian LHK, antara lain menggunakan tumbler/botol minum, tas belanja guna ulang, hingga memilah sampah sesuai jenisnya.

"LIA sebagai lembaga edukasi ikut mendukung program pemerintah ini dan mendorong seluruh siswanya untuk menjadi anak muda yang cerdas, berprestasi, dan peduli terhadap lingkungan,” ujar Harry.

4. LIA bisa menjadi pintu gerbang untuk mengomunikasikan isu-isu penting tentang pelestarian lingkungan hidup kepada milenial

KLHK dan LIA Sinergi Ajak Milenial Cintai Lingkungan di ECoFest 2019IDN Times

Kepala Yayasan LIA, Hendardi Supandji mengatakan, kemitraan KLHK dengan Yayasan LIA langkah tepat. Oleh karena itu, LIA bisa menjadi pintu gerbang untuk mengomunikasikan isu-isu penting tentang pelestarian lingkungan hidup kepada generasi muda Indonesia.

"Kehormatan bagi kita tahun ini kita bisa kerja sama dengan KLHK, Pemprov Jabar, Pemkot Bandung dalam menyelenggarakan kompetisi bahasa skala nasional LIA Competition 2019," tutur Kepala Yayasan LIA, Hendardi Supandji.

Senada, Harry mengatakan bahwa suatu kehormatan dapat bekerja sama dengan Kementerian LHK yang begitu peduli anak muda untuk peduli pada pengurangan sampah plastik.

"Sejalan dengan tema ini, panitia meminta peserta membawa sendiri botol minuman dan kotak makan serta menjaga kebersihan dan mengurangi sampah. Semoga akan semakin banyak milenial peduli dengan lingkungan kita," tutur Harry.

5. Rangkaian ECoFest 2019 bangkitkan kepedulian milenial terhadap pembangunan Indonesia yang berkelanjutan

KLHK dan LIA Sinergi Ajak Milenial Cintai Lingkungan di ECoFest 2019IDN Times/Ezri TS

Pada ECoFest 2019, berbagai perlombaan digelar dengan melibatkan ratusan pelajar dari 68 lembaga pendidikan LIA se- Indonesia, antara lain lomba debat, cerdas cermat, presentasi, dan lomba bercerita menggunakan bahasa Inggris. Tema yang diangkat untuk masing-masing lomba, antara lain isu 3R (reduce, reuse, recycle), isu perubahan iklim, serta ekowisata tanpa sampah.

Tema LIA ECoFest 2019 ialah kesadaran dan kepedulian generasi muda terhadap lingkungan hidup untuk Indonesia yang lebih berkelanjutan. "Kami berharap acara ini mendidik kaum muda tentang pentingnya kepedulian mereka terhadap pembangunan Indonesia yang berkelanjutan," tutur Harry.

Dalam memeriahkan acara, Biro Hubungan Masyarakat KLHK juga menggelar dialog bersama para peserta dan juga media massa yang mendorong dan mengajak masyarakat berkontribusi dalam pengelolaan sampah secara berkelanjutan serta mengurangi sampah plastik.
Hadir sebagai narasumber pada dialog tersebut ialah Kepala Biro Hubungan Masyarakat KLHK Djati Witjaksono Hadi, Kepala Subdirektorat Barang dan Kemasan Direktorat Pengelolaan Sampah, Ujang Solihin Sidik, serta Ramalis Sobandi sebagai penggiat lingkungan.

Acara ECoFest 2019 akan dilanjutkan pada 30 September 2019 di Taman Hutan Raya (Tahura) Ir. H. Juanda dengan kegiatan penanaman pohon oleh seluruh peserta. Selain penanaman, Biro Hubungan Masyarakat KLHK bersama Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Provinsi Jawa Barat juga akan menyelenggarakan dialog Eco Adventure untuk menanamkan prinsip ekowisata ramah lingkungan di kalangan anak muda.

Topik:

  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya