Comscore Tracker

Kendalikan Polusi Udara dan Jadikan Bumi Hijau, KLHK Gelar PLHK 2019

Terdapat berbagai kegiatan pada gelaran tersebut

Jakarta, IDN Times - KLHK menggelar Pekan Lingkungan Hidup dan Kehutanan (PLHK) Tahun 2019 di Jakarta Convention Center (JCC) pada 11-13 Juli 2019 dan dibuka secara langsung oleh Wakil Presiden RI. Penyelenggaraan PLHK tersebut merupakan puncak dari rangkaian peringatan Hari Lingkungan Hidup (HLH) Sedunia yang jatuh setiap 5 Juni.

Tema HLH Sedunia 2019, yaitu "Beat Air Pollution”, selanjutnya secara nasional direlevansikan menjadi “Biru Langitku, Hijau Bumiku” yang sekaligus menjadi tema pergelaran PLHK ke-23 ini. Tema tersebut sebagai gambaran upaya kita untuk terus mengendalikan polusi udara dan menjadikan bumi lebih hijau.

1. PLHK diselenggarakan sebagai ajang utama menggambarkan profil situasi lingkungan hidup

Kendalikan Polusi Udara dan Jadikan Bumi Hijau, KLHK Gelar PLHK 2019IDN Times/KLHK

PLHK 2019 diikuti peserta yang terdiri atas pemerintah pusat dan daerah, BUMN, LSM, asosiasi/kelembagaan terkait, dan media. Kegiatan tersebut didesain untuk memberikan edukasi, terutama kepada generasi muda, dalam rangka mendorong percepatan peningkatan pengetahuan dan kesadaran (awareness) dengan harapan muncul lebih banyak kreativitas dan inisiatif masyarakat memerangi dampak lingkungan negatif dan mengubah pola hidupnya menjadi lebih ramah lingkungan.

PLHK diselenggarakan sebagai ajang utama menggambarkan profil situasi lingkungan hidup, etalase berbagai inisiatif masyarakat dalam lingkungan hidup, potret perkembangan teknologi dan pembaruan proses bisnis industri dan jasa, serta sosialisasi berbagai kebijakan nasional dan daerah untuk menyelesaikan persoalan-persoalan lingkungan hidup, khususnya pengendalian pencemaran.

2. Salah satu kegiatan PLHK ialah penyerahan Penghargaan Kalpataru

Kendalikan Polusi Udara dan Jadikan Bumi Hijau, KLHK Gelar PLHK 2019instagramwebs.com/Bachran Mile

Pada Pekan Lingkungan Hidup dan Kehutanan (PLHK) 2019 terdapat penyerahan Penghargaan Kalpataru dan Penghargaan Khusus Perempuan Inspirator Lingkungan Hidup dan Kehutanan oleh Wakil Presiden RI Jusuf Kalla. Selanjutnya, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan menyerahkan Penghargaan Kalpataru yang terdiri atas tiga kategori, yaitu Perintis Lingkungan, Pengabdi Lingkungan, dan Penyelamat Lingkungan.

Selama 3 hari PLHK 2019 diisi sejumlah kegiatan, di antaranya seminar, talk show, lomba insinyur cilik, lomba menggambar dan mewarnai, games booth, workshop, lomba pemusik jalanan, dan eco driving rally. Acara yang diselenggarakan tersebut bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat pentingnya pola hidup ramah lingkungan dan terbuka untuk umum.

Topic:

  • Marwan Fitranansya

Just For You