Gelar Karnaval Bertema Flora-Fauna, KLHK Raih Rekor MURI 

Acara itu digelar bersama Kwarnas Pramuka dan Nganjuk Bayu Karnival

Jakarta, IDN Times - Dalam rangkaian Perkemahan Bakti Pramuka Saka Kalpataru dan Saka Wanabakti (Pertikawan) dan Gerakan Nasional Pelestarian Daerah Aliran Sungai (GNPDAS) Jakarta Pertikawan Festival,  KLHK dan Kwartir Nasional Pramuka menghadirkan sekitar 2.000 pramuka peserta Pertikawan Nasional pada  karnaval pada hari bebas kendaraan bermotor (HBKB) atau car free day (CFD), di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Minggu (24/11), dengan mengusung tema "Menjahit Nusantara dengan Bahan Daur Ulang".

Sebanyak 200 peserta mengenakan kostum festival dari bahan daur ulang yang dirancang secara artistik mewakili kekayaan budaya dan keanekaragaman hayati Indonesia. Para peserta GNPDAS Pertikawan Festival tersebut memulai karnaval dari depan kantor Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan berakhir di Lapangan Monas. Kegiatan itu diselenggarakan Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dan Kwarnas Gerakan Pramuka. 

Pada akhir acara GNPDAS Jakarta Pertikawan Karnaval di Panggung Utama Silang Barat Monas, KLHK, Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, dan Nganjuk Bayu Karnival berhasil mencatatkan Rekor Dunia MURI sebagai Karnaval Budaya Tema Flora Fauna Asal Dari Daerah Terbanyak. Bambang Hendroyono menyampaikan terima kasih kepada Museum Rekor Dunia Indonesia yang telah mencatat acara GNPDAS Jakarta Pertikawan Karnival dalam rekor MURI.

1. Karnaval budaya dengan kostum limbah bertema flora-fauna tersebut merupakan yang pertama kali dilaksanakan

Gelar Karnaval Bertema Flora-Fauna, KLHK Raih Rekor MURI IDN Times/KLHK

Sejumlah sosok dari kalangan milenial ikut mengenakan kostum festival dari bahan daur ulang, antara lain Swietenia Puspa Lestari (diver dan 100 Perempuan Paling Berpengaruh di Dunia versi BBC), Sonia Fergina Citra (Putri Kebudayaan Indonesia 2019), Reymond Leopard (Binus Ambassador 2019), Mr Tourism and Culture Universe Indonesia 2019, Mr Model Internasional Indonesia 2019,  Miss All Nation Indonesia 2019, Putra Kebudayaan NTT, Putri Kebudayaan Jawa Barat, Putri Kebudayaan DKI Jakarta, Putri Kebudayaan Sumatra Barat, Putri kebudayaan NTB, dan  Mojang Kota Sukabumi 2019. 

Sekretaris Jenderal KLHK Bambang Hendroyono menjelaskan karnaval budaya dengan kostum dari limbah bertema flora-fauna tersebut merupakan yang pertama kali dilaksanakan. “Ini sesuai dengan amanat Bapak Presiden Joko Widodo,” katanya. 

Menurut Bambang, karnaval budaya ini merupakan inovasi untuk memotivasi adik-adik pramuka untuk lebih peduli terhadap lingkungan hidup dan kelestarian daerah aliran sungai (DAS). “Kami harapkan mereka menjadi pelopor aktivitas peduli lingkungan hidup di kwartir ranting dan cabangnya,” ujar Bambang yang menjadi Ketua Panitia Penyelenggara Pertikawan Nasional 2019.

Bambang menjelaskan Pertikawan yang diselenggarakan di Buper Cibubur pada 18-24 November 2019 diikuti 2.600 peserta penegak dan pandega serta 500 pamong saka. Para peserta juga mengikuti kegiatan di 14 subcamp di Jawa Barat, Banten dan Kabupaten Kepulauan Seribu. Dia berharap 10 satuan karya pramuka lainnya dapat mengambil pelajaran dari Pertikawan Nasional ini.

2. Pertikawan adalah tempat berkarya untuk menyukseskan program Indonesia maju

Gelar Karnaval Bertema Flora-Fauna, KLHK Raih Rekor MURI IDN Times/KLHK

Sekretaris Jenderal Bawaslu Gunawan Suswantoro menjelaskan pramuka ialah pemuda yang bergerak untuk Indonesia yang maju dan berkualitas. Pertikawan adalah tempat berkarya untuk menyukseskan program Indonesia maju. “Kami bersinergi dengan Gerakan Pramuka untuk meningkatkan kualitas demokrasi Indonesia,” kata Gunawan yang juga menjadi Andalan Nasional Gerakan Pramuka periode 2018-2023.

Gunawan Suswantoro mengatakan karnaval ini sesuai dengan pendekatan budaya yang menjadi  prioritas dan visi-misi Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Maruf Amin. “Kegiatan karnaval budaya dan Pertikawan ini diharapkan meningkatkan citra Gerakan Pramuka,” ujarnya.  

3. Kegiatan Pertikawan sebagai wahana mengaplikasikan keterampilan dan memberikan kecakapan bagi anggota

Gelar Karnaval Bertema Flora-Fauna, KLHK Raih Rekor MURI IDN Times/KLHK

Wakil Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Bidang Satuan Karya (Saka), Satuan Komunitas dan Gugus Darma, Kingkin Suroso menjelaskan Saka Wanabakti dan Kalpataru adalah wadah pembinaan bagi pramuka penegak dan pandega yang memiliki minat di bidang ilmu pengetahuan-teknologi, dan kewirausahaan dalam pemanfaatan dan pelestarian sumber daya alam hutan dan lingkungan hidup.

“Kegiatan Pertikawan ini sebagai wahana mengaplikasikan keterampilan dan memberikan kecakapan bagi anggota Satuan Karya (Saka) Wanabakti dan Kalpataru,” kata Kingkin.

Turut hadir dalam acara tersebut di atas, Plt. Direktur Jenderal PDASHL, para Wakil Ketua Kwartir Nasioanal, Andalan Nasional, Sekretaris Direktorat Jenderal PDASHL, Kepala Biro Humas KLHK, Pimpinan Kontingen Daerah/ Ketua Kwartir Daerah, Dewan Kerja Penegak dan Pandega Nasional Gerakan Pramuka, Sangga Kerja Pertikawan Nasional 2019 dan Pamong Saka Kalpataru dan Saka Wanabakti.

Topik:

  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya