Komisi IV DPR RI Bahas RKAKL-TA 2020 untuk KLHK Sebesar Rp9,3 Triliun 

Terdapat 14 pokja KLHK pada pembagian anggaran itu

Jakarta, IDN Times - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya didampingi Pejabat Pimpinan Tinggi Madya (Eselon I) di lingkungan KLHK menghadiri Rapat Kerja Pembahasan Rencana Kerja dan Anggaran Kementerian/Lembaga Tahun Anggaran (RKAKL-TA) 2020 bersama Komisi IV DPR RI, di Jakarta, Senin (9/9).

Ketua Komisi IV DPR RI Edhy Prabowo memimpin rapat tersebut yang membahas anggaran KLHK untuk 2020, yaitu sebesar Rp9,3 triliun. Anggaran tersebut terbagi pada 14 program kerja (pokja) KLHK dan program kerja yang dilaksanakan Badan Restorasi Gambut (BRG), yang 11 di antaranya merupakan program prioritas nasional.

Selain Menteri LHK, turut hadir Menteri Pertanian, Menteri Kelautan dan Perikanan, Kepala Badan Restorasi Gambut (BRG), Direktur Utama Perum Bulog, serta direktur utama mitra kerja Komisi IV DPR RI.

1. Menteri LHK menyampaikan lima arah pembangunan lingkungan hidup dan kehutanan pada TA 2020

Komisi IV DPR RI Bahas RKAKL-TA 2020 untuk KLHK Sebesar Rp9,3 Triliun IDN Times/KLHK

Menteri Siti menyampaikan lima arah pembangunan lingkungan hidup dan kehutanan pada TA 2020 dalam laporannya. Pertama, memperkuat ekonomi nasional, investasi dan ekspor, melalui langkah-langkah penataan regulasi dan dukungan iklim usaha, serta penguatan tata kelola untuk kepastian hukum. Kedua, pengentasan rakyat dari kemiskinan melalui perhutanan sosial, TORA, dan pendampingan usaha pada kelompok masyarakat dan kelompok tani hutan mandiri.

Ketiga, meningkatkan kualitas lingkungan hidup dan kehutanan melalui rehabilitasi DAS, perlindungan dan pengawasan kawasan hutan, pengendalian pencemaran, pengelolaan sampah, penegakan hukum, pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan serta restorasi lahan gambut. Keempat, pembangunan infrastruktur lingkungan dalam mendukung program prioritas nasional (pengentasan rakyat dari kemiskinan, pengembangan ekowisata, dan lain-lain). Terakhir, penguatan pendidikan vokasional dan penguatan program yang menyerap tenaga kerja masyarakat dalam jumlah besar.

2. Raker Komisi IV DPR RI bersama Menteri LHK juga membahas usulan program yang akan didanai DAK berdasarkan kriteria teknis dari Komisi IV

Komisi IV DPR RI Bahas RKAKL-TA 2020 untuk KLHK Sebesar Rp9,3 Triliun IDN Times/KLHK

Rapat kerja tersebut juga membahas usulan-usulan program yang akan didanai dana alokasi khusus (DAK) berdasarkan kriteria teknis dari Komisi IV DPR RI.

"DAK Subbidang Lingkungan Hidup Tahun 2020 dialokasikan untuk penguatan early warning system untuk bencana lingkungan hidup, dan pengelolaan sampah serta sarana prasarana pendukung. Sementara itu, untuk DAK Subbidang Kehutanan dialokasikan untuk pembangunan sarana prasarana operasional KPH, Tahura, dan akses kelola perhutanan sosial, juga rehabilitasi hutan dan lahan," jelas Menteri Siti.

3. RAPBN Tahun 2020 diformulasikan ke dalam program-program prioritas pembangunan nasional

Komisi IV DPR RI Bahas RKAKL-TA 2020 untuk KLHK Sebesar Rp9,3 Triliun IDN Times/KLHK

Pada kesempatan tersebut, Ketua Komisi IV DPR RI Edhy Prabowo mengatakan bahwa pada 2020 menjadi tahun pertama pelaksanaan RPJMN 2020-2024.

"Komisi IV DPR RI memberikan dukungan penuh, serta meminta agar kebijakan dan rencana kerja disusun secara tepat sehingga pelaksanaan kegiatan pemerintah dapat berjalan efektif, efisien, dan akuntabel," ujarnya.

Lebih lanjut, Edhy menjelaskan kebijakan Rencana Anggaran dan Pendapatan Belanja Negara (RAPBN) Tahun 2020 diformulasikan ke dalam program-program prioritas pembangunan nasional, yaitu penguatan daya saing sumber daya manusia, penguatan program perlindungan sosial, akselerasi pembangunan infrastruktur, penguatan kualitas desentralisasi fiskal, dan reformasi birokrasi.

"Komisi IV DPR RI meminta pemerintah untuk melakukan sinkronisasi, koordinasi, keterpaduan, dan penyederhanaan terhadap program-program yang disusun agar tidak tumpang-tindih dan pemanfaatannya dapat dirasakan langsung oleh masyarakat," pungkasnya.

Topik:

  • Marwan Fitranansya

Berita Terkini Lainnya