Comscore Tracker

Komoditas Manggis Purwakarta Mendorong Ekspor Pertanian Indonesia 

Tujuan ekspor buah manggis tembus hingga China

Purwakarta, IDN Times - Kekayaan Indonesia diakui dunia memang terkenal dengan budaya bangsanya. Namun, pada sektor pertanian pun potensi komoditas ekspor Indonesia juga tidak kalah dengan negara lainnya. Hal ini terbukti karena data dari Kementerian Pertanian menunjukkan bahwa ekspor pertanian tahun 2019 tumbuh signifikan mencapai 3,0 persen.

Sebagai salah satu sentra produksi manggis di Jawa Barat, Kabupaten Purwakarta turut mendorong pertanian Indonesia. Sejak tahun 2013, buah manggis telah eksis menjadi salah satu komoditas unggulan pertanian Indonesia.  Ekspor manggis jumlahnya dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan tajam. Tujuan ekspor manggis Indonesia telah menembus ke banyak negara, seperti Tiongkok, Hongkong, Thailand, Vietnam, Singapura, Malaysia, Arab Saudi, Kuwait, Oman, Qatar, Amerika, Australia dan beberapa negara ASEAN lainnya. Lalu, apa yang membuat manggis Purwakarta dilirik dunia dari tahun ke tahun?

1. Tanah di Purwakarta cocok untuk ditanami buah manggis

Komoditas Manggis Purwakarta Mendorong Ekspor Pertanian Indonesia Unsplash/kylellefson

Luas lahan perkebunan manggis di Purwakarta mencapai 1.500 hektare. Lahan tersebut tersebar di lima kecamatan, yaitu Bojong, Kiarapedes, Darangdan, Wanayasa, dan Pondoksalam. Saat diselenggarakannya acara Festival Manggis pada 23 Maret 2019, Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Purwakarta, Agus Rachman Suherlan, mengungkapkan melalui ajang ini menjadi akses kedekatan kepada pasar.

“Tanah di Purwakarta cocok untuk ditanami buah manggis. Sekarang kita tinggal bagaimana manggis tetap terpelihara dan terjaga kualitasnya,untuk memelihara pangsa pasar ke depannya,” kata Agus.

2. Menggalakkan program replanting

Komoditas Manggis Purwakarta Mendorong Ekspor Pertanian Indonesia pexels.com/Quang Nguyen Vinh

Sebanyak 3.010 ton manggis Purwakarta yang diekspor ke beberapa negara Asia di antaranya Tiongkok atau China pada awal tahun 2019. Mengetahui adanya peningkatan jumlah ekspor manggis, pemerintah menggalakkan program replanting pohon atau mengganti pohon yang sudah tua dengan yang baru.

3. SDM pertanian yang unggul, menghasilkan manggis berkualitas

Komoditas Manggis Purwakarta Mendorong Ekspor Pertanian Indonesia shutterstock.com/Miss.Suchada Teeramat

Salah satu eksportir dari PT. Andalas Fiddini Agrotama, menuturkan bahwa Purwakarta merupakan penghasil manggis berkualitas, sehingga dirinya meminta agar petani terus mempertahankan serta meningkatkan kualitasnya.

"Manggis Purwakarta memiliki ciri khas tersendiri yaitu dalamnya bersih apalagi ditunjang dengan curah hujan serta tofografi perkebunan manggis yang memadai, sehingga cukup mudah dalam memasarkannya," ujar Presiden Direktur PT. Andalas, Ahamd Fauzan.

Maka dari itu, pemerintah terus meningkatkan SDM pertanian yang unggul agar produksi manggis pun berkualitas ketika sampai ke tangan konsumen.


Sekadar info, di awal tahun 2019 sudah dua kali manggis diekspor ke China.  Buah manggis asal Purwakarta ternyata peminatnya cukup banyak.

Topic:

  • Ester Ajeng

Just For You