Comscore Tracker

Ini 5 Kuliner di Purwakarta yang Mesti Kamu Coba! 

Purwakarta kaya akan kuliner yang serbanikmat

Purwakarta, IDN Times - Siapa yang tak suka berlibur? Rasanya setiap orang butuh berlibur atau sekadar melepas penat dari rutinitas. Biasanya salah satu yang dilakukan saat berlibur ialah menjelajah objek wisata di suatu daerah. Akan tetapi, menjelajah objek wisata saja kurang lengkap rasanya tanpa mencicipi kuliner di daerah tersebut. 

Nah, salah satu daerah yang mesti kamu coba kulinernya ialah Purwakarta. Kabupaten Purwakarta selain memiliki keindahan alam yang luar biasa, ragam kulinernya juga patut dicoba.

Tak usah berlama-lama, berikut ini 5 kuliner yang ada di Purwakarta dan mesti kamu coba!

1. Sehatnya cicipi Mie 3 Warna Purwakarta

Ini 5 Kuliner di Purwakarta yang Mesti Kamu Coba! ndesoedisi.com

Salah satu kuliner yang ada di daerah Purwakarta ialah Mie Pelangi 3 Warna yang berlokasi di dekat Situ Cikumpay, Kecamatan Campaka, Purwakarta. Mie Sehat 3 Warna Pelangi tidak berlokasi di pinggir jalan raya, tetapi masuk ke dalam sekitar 100 meter, dan terletak persis di seberang Situ Cikumpay atau 100 meter dari Balai Desa Cikumpay.

Mie tersebut menggunakan pewarna alami, seperti wortel, sosin, akar bit, dan buah naga, bukan menggunakan pewarna kimia. Warna mie juga terlihat biasa saja, tidak mencolok seperti kalau menggunakan pewarna kimia.

Rasa Mie 3 Warna ini sedikit padat dan kenyal, tetapi teksturnya lembut dan bumbunya juga terasa sehingga tetap bisa dinikmati tanpa saus dan kecap. Tidak ada salahnya apabila mencoba Mie Sehat 3 warna tersebut, dijamin deh bikin ketagihan.

2. Soto Sadang yang mengenyangkan

Ini 5 Kuliner di Purwakarta yang Mesti Kamu Coba! destinasibandung.co.id

Soto Sadang ada berpuluh-puluh tahun lamanya di Purwakarta. Soto Sadang berada di kawasan sekitaran daerah Sadang, Purwakarta, yang selama ini dikenal sebagai industri sekaligus perlintasan dari dan daerah Jawa Barat lainnya.

Tempat tersebut menawarkan beberapa menu yang mengenyangkan. Unggulannya ialah soto dengan kuah bening ataupun dengan kuah santan. Soto bening ini merupakan kuliner dengan kuah kaldu yang berasal dari daging rebus dengan api kecil dalam waktu yang lama. Kuahnya jernih, tetapi rasanya gurih pekat dengan kaldu.

Sementara itu, untuk Soto Santan akan ada irisan lauk, berkuah santan berwarna kuning pucat, dan rasanya gurih kuat. Bumbunya lebih ringan, tetapi rasanya sama-sama menggoyang lidah.

3. Sate Maranggi Cibungur yang bikin ketagihan

Ini 5 Kuliner di Purwakarta yang Mesti Kamu Coba! kabarkuliner.com

Di kawasan Cibungur, Purwakarta, tepatnya di Jl Raya Purwakarta yang mengarah ke Cikampek, ada Sate Maranggi Hj Yetty. Rasanya? Wow! Sate Maranggi hanya dilengkapi dengan bumbu kecap plus irisan tomat dan jeruk limau. Begitu digigit, dagingnya empuk. Serat daging sangat terasa. Baik sapi, kambing, maupun ayam sama.

Ya, sekali mencicipi sate ini dijamin pasti ketagihan. Sate khas Purwakarta ini pun disukai banyak orang. Sate ini sangat populer di saat mudik karena lokasinya tidak jauh dari pintu Tol Cikampek.

4. Surabi Kedai Koka memiliki banyak varian rasa

Ini 5 Kuliner di Purwakarta yang Mesti Kamu Coba! pegimakan.id

Di Purwakarta, tempat makan untuk menikmati surabi sangat banyak, tetapi ada tempat makan yang cukup terkenal untuk bisa menikmati surabi tersebut, yaitu Kedai Koka.

Hidangan yang disediakan Kedai Koka antara lain surabi manis, surabi asin, dan pisang bakar. Untuk surabi manisnya memiliki banyak varian rasa, antara lain rasa keju susu, cokelat, susu, sampai dengan spesial. Untuk pilihan rasa surabi asin, antara lain telur keju, ayam, oncom spesial, telur, ayam keju, dan sosis.

5. Gurihnya Nasi Liwet Ibu Dini dengan aneka lauk yang bisa dinikmati

Ini 5 Kuliner di Purwakarta yang Mesti Kamu Coba! pegimakan.id

Lokasi Nasi Liwet Ibu Dini berada di Jalan Raya Pondok Salam Km 10, Purwakarta. Sesuai dengan namanya, warung yang satu ini memang mempunyai makanan andalan berupa nasi liwet. Namun, jika kamu bosan dengan nasi liwet, kamu pun bisa memesan menu yang lainnya, antara lain nasi tutug oncom dan nasi kabeulem.

Nasi liwet ialah nasi gurih (dimasak dengan kelapa) mirip nasi uduk, yang disajikan dengan sayur labu siam, suwiran ayam (daging ayam dipotong kecil-kecil) dan areh (semacam bubur gurih dari kelapa).

Untuk melengkapi sajian nasi liwet dan nasi kabeulemnya, kamu bisa memesan lauk-lauk sederhana, yakni ayam, tempe, tahu, dan lain-lain. Jika kamu penyuka sambal, tantang diri kamu dengan memesan sambal bledag saat berkunjung ke Nasi Liwet Ibu Dini.

Bagaimana nih? Apakah kamu sudah ada referensi mencoba kuliner yang mana? Jika kamu berkunjung ke Purwakarta, jangan sampai terlewatkan mencicipi kulinernya, ya!

Topic:

  • Marwan Fitranansya

Berita Terkini Lainnya