Global Wakaf-ACT Gandeng BNI Sekuritas Resmikan Layanan Wakaf Saham 

Saham syariah/keuntungan investasi jadi objek wakaf saham

Jakarta, IDN Times - BNI Group melalui anak perusahaan, BNI Sekuritas, menjalin kerja sama dengan Global Wakaf. Kerja sama tersebut menghadirkan sebuah layanan wakaf saham yang objeknya berupa saham syariah dan/atau keuntungan investasinya. Guna memberikan layanan secara eksklusif kepada investor wakaf saham, BNI Sekuritas juga telah membangun Galeri Wakaf Saham yang berlokasi di Gedung Menara 165, Jakarta.

Jumlah investor saham syariah saat ini sudah hampir 6% dari total investor saham di Bursa Efek Indonesia (BEI) yang setiap tahunnya terus bertumbuh signifikan. Hal itu tentunya menjadi momentum dan peluang bagi BNI Sekuritas sebagai anggota bursa yang menyediakan layanan transaksi saham syariah untuk semakin memperkuat posisinya di segmen syariah.

Sementara itu, peluncuran Galeri Wakaf Saham merupakan wujud komitmen BNI Sekuritas dan Global Wakaf sebagai lembaga nazir untuk berkontribusi memajukan Indonesia dalam semangat filantropi. Didukung dengan jaringan yang kuat antarkedua pihak, BNI Sekuritas percaya bahwa inklusi pasar modal syariah serta filantropi melalui wakaf saham tersebut semakin mudah tercapai.

1. Galeri Wakaf Saham mengajak masyarakat, baik individu maupun perusahaan agar berinvestasi sekaligus berwakaf saham

Global Wakaf-ACT Gandeng BNI Sekuritas Resmikan Layanan Wakaf Saham IDN Times/Marwan Fitranansya

Plt Direktur Utama BNI Sekuritas, Geger N Maulana, mengatakan bahwa program wakaf saham tidak boleh berhenti hanya pada seremonial peluncuran wakaf saham ini. “Namun, semangat wakaf juga harus terus digemakan melalui Galeri (Wakaf Saham) ini. Selain itu, kami juga berharap dengan adanya Galeri ini dapat meningkatkan jumlah investor syariah baru, minimal ada penambahan 1.000 nasabah per tahun,” tambah Geger, di Gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Kamis (8/8).

Presiden Direktur Global Wakaf, Syahru Aryansyah, pun menambahkan bahwa Galeri Wakaf Saham akan menjadi tempat sinergi antara empat pihak untuk melakukan transaksi jual-beli saham syariah. “Empat pihak tersebut ialah Global Wakaf selaku nazir, perusahaan efek, yakni BNI Sekuritas, BEI sebagai regulator, serta masyarakat yang ingin melakukan transaksi saham syariah,” ujar Ryan--sapaan akrab Syahru Aryansyah.

“Galeri Wakaf Saham bertujuan untuk mengajak masyarakat, baik individu maupun perusahaan agar dapat berinvestasi sekaligus berwakaf saham. Dengan demikian, selain dapat manfaat di dunia, investor juga Insyaallah dapat manfaat untuk akhirat,” tambah Ryan.

2. Mekanisme Wakaf Saham dapat dilakukan baik terhadap saham syariah maupun terhadap hasil investasi

Global Wakaf-ACT Gandeng BNI Sekuritas Resmikan Layanan Wakaf Saham IDN Times/Marwan Fitranansya

Mekanisme Wakaf Saham dapat dilakukan baik terhadap saham syariahnya maupun terhadap hasil investasinya. Misalkan, investor membeli saham 10 lot, dari 10 lot itu, 5 lotnya diinvestasikan untuk pribadi dan sebanyak 5 lot lagi diinvestasikan dalam bentuk wakaf. Mengapa wakaf? Hal itu karena investasi yang kita lakukan akan menjadi bekal setelah dunia nyata. Jadi, akan dibawa ke akhirat.

Ryan menjelaskan, saham dan/atau hasil investasi saham yang diwakafkan tersebut akan digunakan untuk menunjang program-program wakaf produktif yang memberdayakan masyarakat atau mauquf alaih. Salah satunya program Ritel Wakaf. Kehadiran program tersebut telah membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat di sekitar ritel tersebut.

3. Ryan mengajak masyarakat untuk ikut berkontribusi mewakafkan harta terbaiknya melalui Galeri Wakaf Saham

Global Wakaf-ACT Gandeng BNI Sekuritas Resmikan Layanan Wakaf Saham IDN Times/Marwan Fitranansya

Dengan adanya Galeri Wakaf Saham, Ryan mengajak masyarakat untuk ikut berkontribusi mewakafkan harta terbaiknya. Selain agar nilai sahamnya bertumbuh untuk pribadi, Ryan kembali menekankan bahwa lewat Galeri Wakaf Saham investasi untuk akhirat juga bisa tercapai.

“Karena ada sisi value di sini. Kita tidak hanya bicara profit-oriented, tapi berapa besar manfaat atau benefit yang bisa kita salurkan dengan adanya Wakaf Saham. Jadi, ada transforming, from profit to benefit. Semoga dengan adanya Galeri Wakaf Saham ini, para investor terutama investor syariah BNI Sekuritas juga dapat berinvestasi sekaligus memberikan manfaat dan berkah bagi semua,” pungkas Ryan.

Topik:

  • Marwan Fitranansya
  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya