Lomba Loyalis Kemanusiaan ACT 2019 Tinggal Dua Hari Lagi

Lomba karya jurnalistik tersebut sampai Jumat (16/8)

Jakarta, IDN Times - Masih ingat tentang lomba karya jurnalistik yang digelar Aksi Cepat Tanggap di sepanjang Ramadan kemarin? Lomba tersebut ialah ‘Loyalis Kemanusiaan ACT 2019’. Lukman Azis Kurniawan selaku Direktur Komunikasi ACT memaparkan bahwa sejak awal Ramadan hingga pasca-Idulfitri, jumlah pemberitaan mencapai 1.774 berita, baik elektronik, daring, maupun cetak.

“Alhamdulillah, selama Ramadan dukungan pemberitaan kemanusiaan yang dilaksanakan Aksi Cepat Tanggap (ACT) di media massa cukup besar,” tutur Lukman. Tak henti sampai di sana, bersamaan dengan program Dermawan Berqurban, ACT pun melanjutkan lomba karya jurnalistik tersebut. ACT kembali mengajak insan media untuk berkontribusi dalam pemberitaan aksi kemanusiaan yang dilakukan ACT dalam momen kurban hingga dua hari ke depan, yakni sampai Jumat (16/8).

Masih sama dengan perlombaan sebelumnya, kata Lukman, lomba karya jurnalistik ACT diperuntukkan bagi perorangan maupun institusi, dan terbagi dalam beberapa kategori. Kategori tersebut di antaranya lomba karya tulis jurnalistik untuk wartawan cetak dan daring, kemudian lomba karya foto jurnalistik untuk wartawan foto cetak dan online, serta lomba karya video jurnalistik untuk wartawan televisi.

“Lomba sudah kami mulai sejak awal Ramadan hingga 16 Agustus mendatang. Lomba perorangan, karyanya diserahkan maksimal pada tanggal 24 Agustus 2019. Sedangkan lomba institusi akan dihitung dari banyaknya jumlah karya yang terbit selama periode perlombaan. Karya-karya yang masuk dan terbit akan dipantau langsung oleh tim media monitoring hingga 24 Agustus 2019,” papar Lukman.  

Berita yang dimuat, lanjut Lukman, tentu berkaitan dengan kegiatan ibadah kurban, mulai persiapan, penjualan, penyembelihan, hingga pendistribusian yang dilakukan ACT hingga program-program pendukung lainnya. 

1. Ada beberapa hal yang harus dipenuhi pada Lomba Karya Jurnalistik ACT

Lomba Loyalis Kemanusiaan ACT 2019 Tinggal Dua Hari LagiIDN Times/ACT

Lukman juga menyebutkan akan ada hadiah dan penghargaan kembali untuk mengapresiasi kinerja tim jurnalis dalam menyiarkan kebaikan kepada umat. Nantinya, setelah Iduladha berlalu, hasil karya lomba jurnalistik akan diumumkan pada pertengahan September 2019 dalam acara ‘Anugerah Jurnalistik Kemanusiaan ACT 2019’.

Berikut ini hal-hal yang harus dipenuhi pada Lomba Karya Jurnalistik ACT.

1) Syarat dan ketentuan

Setiap media diperkenankan mengikutsertakan lebih dari satu orang wartawan. Setiap wartawan hanya dapat mengirimkan 1 karya terbaiknya. Berita bukan penggabungan dengan lembaga kemanusiaan lainnya dan memasukkan keyword ACT. Berita bisa berupa wawancara, feature news, straight news, galeri foto, video, artikel produksi sendiri maupun mengutip rilis/berita website ACT.

2) Syarat administratif

Peserta harus melampirkan KTP, kartu pers, dan bukti berita yang tayang. Khusus peserta penulisan artikel cukup KTP dan bukti pemuatan artikel di media, dan jumlah artikel tidak dibatasi. Sementara itu, video/ jurnalis televisi menyerahkan kopi tayang, yang disertakan dengan data penyebutan program dan waktu tayang.

3) Cara pengiriman karya

Karya diserahkan maksimal pada 24 Agustus 2019 dengan mengirimkannya ke alamat ACT Pusat, Menara 165 Lantai 10, Jalan TB Simatupang, Kav 01, Cilandak, Jakarta Selatan, atau melalui pesan elektronik ke publicrelation.act@gmail.com.

Topik:

  • Marwan Fitranansya

Berita Terkini Lainnya