Menaker Sukses Menyandang Gelar Doktor Ilmu Pemerintahan dari IPDN

Menaker berharap disertasinya memperkaya ilmu dan khazanah pengetahuan

Jakarta, IDN Times - Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah meraih gelar doktor ilmu pemerintahan setelah mempertahankan disertasinya di depan dewan penguji di Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), Jakarta, Jumat (17/7).

Menaker sukses menyabet gelar doktor dengan nilai cum laude setelah berhasil mempertahankan disertasi berjudul “Implementasi Kebijakan Pengarusutamaan Gender Dalam Pelaksanaan Tugas dan Fungsi Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia".

Usai wisuda, Menaker terlihat bersuka cita karena gelar Doktor Ilmu Pemerintahan yang diraihnya bertepatan dengan perayaan hari ulang tahunnya yang ke-51, Jumat (17/7).

Ida mengatakan, banyak pengalaman saat berkuliah di program S-3. Terutama pengalaman dalam membagi waktu antara kuliah dan tugasnya sebagai Menaker saat ini.

"Saya bersyukur karena akhirnya mampu menyelesaikan pendidikan hingga meraih gelar doktor," ujar Menaker Ida.

1. Menaker berharap penelitiannya dapat berkontribusi bagi pengembangan ilmu pengetahuan

Menaker Sukses Menyandang Gelar Doktor Ilmu Pemerintahan dari IPDNIDN Times/Kemnaker

Ida mengatakan bahwa penelitian yang ia lakukan ialah memahami kebijakan pengarusutamaan gender di Indonesia. Hal itu bertujuan menganalisis implementasi kebijakan pengarusutamaan gender dalam pelaksanaan tugas dan fungsi DPR RI sehingga mendapatkan pengembangan konsep dari analisis tersebut.

"Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat secara akademis dan praktis. Secara akademis penelitian ini diharapkan dapat memperkaya khazanah ilmu dan pengetahuan tentang dinamika politik perempuan di Indonesia," ujar Menaker.

"Lebih dari itu, diharapkan penelitian ini dapat berkontribusi bagi pengembangan ilmu pengetahuan terutama ilmu pemerintahan di Indonesia dengan mengedepankan impelementasi kebijakan pengarusutamaan gender dalam pelaksanaan tugas dan fungsi lembaga legislatif," imbuh Menaker.

2. Menaker juga mengharapkan penelitiannya dapat mendorong implementasi kesetaraan dan keadilan gender

Menaker Sukses Menyandang Gelar Doktor Ilmu Pemerintahan dari IPDNIDN Times/Kemnaker

Ida menambahkan, secara praktis penelitiannya diharapkan mampu mendorong implementasi kesetaraan dan keadilan gender di lembaga legislatif.

"Yakni sebagai masukan bermanfaat pimpinan fraksi di DPR-RI untuk mengoptimalkan fungsi keterwakilan perempuan di DPR sekaligus mengefektifkan implementasi kebijakan pengarusutamaan gender dalam pelaksanakan tugas dan fungsi DPR," kata Menaker.

3. Para menteri Kabinet Indonesia Maju tampak hadir pada ujian promosi doktor Menaker

Menaker Sukses Menyandang Gelar Doktor Ilmu Pemerintahan dari IPDNIDN Times/Kemnaker

Dalam sidang promosi terbuka itu, Prof. Dr. Bahrullah Akbar, MBA, CPA, CSPA; Prof. Dr. Khasan Effendy, M.Pd; dan Dr. Samoara Lukman, M.A. bertindak sebagai promotor.

Selama dua jam, Menaker mempertahankan disertasi kepada para dosen penguji, yakni Dr. Hadi Prabowo, M.M.; Prof. Dr. Ngadisah, M.A.; Prof. Dr. HM. Aries Djaenuri; Prof. Dr. Triyuni Soemartono, M.M.; Dr. Deti Mulyati, S.H., M.H., CN; Dr. Koesworo, M.Si.; Dr. Ali Hanafiah Muhi, MP; dan Dr. Zainudin Amali, M.Si.

Hadir dalam ujian promosi Doktor Ida Fauziyah, di antaranya Wakil Ketua DPR, Muhaimin Iskandar; Wakil Ketua MPR, Jazilul Fawaid; Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (PDTT), Abdul Halim Iskandar; Menteri Perdagangan, Agus Suparmanto; Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, I Gusti Ayu Bintang Darmawati; Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali; anggota DPR RI, Nihayatul Wafiroh; para pejabat eselon I dan II Kemnaker; dan sejumlah aktivis perempuan. Biro Humas Kemnaker

Topik:

  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya