Kunjungi Borobudur, Menteri Siti Cek Infrastruktur Pengelolaan Sampah

KLHK berkontribusi mengelola sampah di Destinasi Wisata Super Prioritas

Yogyakarta, IDN Times - Menteri LHK Siti Nurbaya pada Kamis (29/8), mengunjungi kawasan Candi Borobudur untuk melihat infrastruktur, utamanya dalam hal pengelolaan sampah. Selain dalam hal tersebut, KLHK juga terlibat dalam Rehabilitasi Hutan dan Lahan (RHL) berupa pembuatan taman hutan di sekitar kawasan Borobudur. Seluruh upaya KLHK di Borobudur juga akan dilakukan di destinasi wisata super prioritas lainnya.

Hal tersebut berkenaan dengan Pidato Presiden Republik Indonesia Joko Widodo pada penyampaian keterangan pemerintah atas RUU APBN 2020 beserta nota keuangannya di DPR RI (16/8). Pidato Presiden menyatakan bahwa di sektor pariwisata pada 2020, pemerintah memprioritaskan pembangunan empat destinasi wisata secara lintas sektor dan terintegrasi. Destinasi pariwisata tersebut meliputi Danau Toba, Candi Borobudur, Labuan Bajo, dan Mandalika. 

Keempat destinasi itu kemudian dijadikan Destinasi Wisata Super Prioritas. Pemerintah akan mempercepat pembangunan infrastruktur pada empat destinasi tersebut. Percepatan pembangunan Destinasi Wisata Super Prioritas lainnya akan dilaksanakan lintas sektor kementerian/lembaga.

1. KLHK akan menyediakan sarana dan prasarana pengelolaan sampah di Destinasi Wisata Super Prioritas

Kunjungi Borobudur, Menteri Siti Cek Infrastruktur Pengelolaan SampahIDN Times/KLHK

Dalam hal pengelolaan sampah, KLHK akan membantu Pemerintah Kabupaten Magelang untuk membangun fasilitas penyediaan Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) dengan sistem control landfill atau sanitary landfill. Selain TPA, KLHK juga akan menyediakan sarana dan prasarana pengelolaan sampah, seperti alat berat, angkutan, dan sarana pemilahan sampah untuk mencapai penanganan atau pelayanan 100 persen.

Di kawasan Borobudur sendiri, KLHK akan membantu untuk mengembangkan sistem pengelolaan sampah kawasan secara mandiri seperti sistem pengumpulan dan daur ulang. Selain itu, desa-desa penyangga akan dibantu dalam mengelola sampah. Pengurangan sampah akan terus dikampanyekan melalui pelarangan penggunaan plastik sekali pakai.

2. KLHK juga akan terlibat KLHK dalam Rehabilitasi Hutan dan Lahan (RHL) di Destinasi Wisata Super Prioritas

Kunjungi Borobudur, Menteri Siti Cek Infrastruktur Pengelolaan SampahIDN Times/KLHK

Kaitannya dengan RHL, Pembangunan taman hutan akan dilaksanakan berupa penanaman pohon di lahan seluas 1 hektare (ha) di sebelah barat kompleks Candi Borobudur. Tujuan pembangunan taman hutan tersebut untuk meningkatkan kelestarian situs dan kawasan cagar budaya, dengan mengurangi fluktuasi suhu, kelembapan dan gas berbahaya yang akan mempercepat pelapukan batu struktur candi.

Penataan vegetasi dilakukan dengan pendekatan arkeologis untuk merekonstruksi jenis vegetasi pada masa lalu seperti yang tertera pada panel relief dinding candi. KLHK telah menyiapkan rancangan teknis penanaman di kompleks Candi Borobudur yang dikoordinasikan dengan Balai Konservasi Borobudur.

Pohon yang akan ditanam di Taman Hutan ini meliputi Pohon Bodhi (Ficus religiosa), Nangka (Artocarpus heterophyllus), Sukun (Artocarpus altilis), Pulai (Alstonia scholaris), Tanjung (Mimusops elengi), Mangga (Mangifera spp), Manggis (Garcinia mangostana), Kepel (Stelechocarpus burahon), dan Nagasari (Mesua ferra).

Saat ini secara bertahap telah ditanam 200 batang yang meliputi jenis Kepel, Tanjung, Pulai, dan Nagasari dari 400 batang yang direncanakan. Media taman yang digunakan ialah aquasorb atau butiran gel yang berfungsi mengikat dan menyimpan air.

3. KLHK akan mengoptimalkan kawasan konservasi di sekitar Destinasi Wisata Super Prioritas

Kunjungi Borobudur, Menteri Siti Cek Infrastruktur Pengelolaan SampahIDN Times/KLHK

Kawasan konservasi di sekitar Borobudur juga akan dioptimalkan untuk mendukung Borobudur sebagai Destinasi Wisata Super Prioritas. Di sekitar Borobudur terdapat kawasan konservasi, antara lain Taman Nasional (TN) Gunung Merapi dan TN Gunung Merbabu, serta Taman Wisata Alam (TWA) Telogo Warno Telogo Pengilon di Dieng, dan TWA Guci di Kabupaten Tegal.

Topik:

  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya