Comscore Tracker

Terus Aktif Tanpa Narkoba, Tanda Milenial Merdeka!

Kita lawan "penjajah" lain bernama narkotika

Jakarta, IDN Times - Di HUT ke-74 Kemerdekaan ini, menurutmu apakah Indonesia sudah benar-benar "merdeka"? Nyatanya, Indonesia masih terbelenggu oleh "penjajah" dalam bentuk lain, salah satunya penyalahgunaan narkotika.

Ancaman narkoba bagi milenial meningkat belakangan ini guys. Berdasarkan data Badan Narkotika Nasional (BNN), angka penyalahgunaan narkoba di kalangan pelajar pada 2018 (dari 13 ibu kota provinsi di Indonesia) mencapai angka 2,29 juta orang. Milenial dalam rentang usia 15-35 tahun begitu rentan terhadap penyalahgunaan narkoba lho.

Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Komisaris Jenderal Polisi Heru Winarko belum lama ini juga mengatakan bahwa penyalahgunaan narkotika di kalangan remaja makin meningkat sebesar 24 hingga 28 persen. 

“Hasil dari penelitian kita bahwa penyalahgunaan itu beberapa tahun lalu, milenial atau generasi muda hanya sebesar 20 persen, dan sekarang meningkat 24 -28 persen,” kata Heru di The Opus Grand Ballroom At The Tribrata, Jakarta Selatan, Rabu (26/6).

Nah, miris juga kan melihat kenyataan bahwa narkoba masih menjerumuskan teman-teman kita di luar sana. Untuk itu, kamu harus terus aktif menghindarinya dan memilih pergaulan yang tepat, ya! Salah satunya dengan terus melakukan hal-hal ini untuk menjauhi narkoba. 

1. Tetap eksis dan ikut hits tanpa narkoba

Terus Aktif Tanpa Narkoba, Tanda Milenial Merdeka!Pexels/Fox

Keaktifan para milenial saat ini di media sosial, platform video, dan ajang esport bisa banget nih jadi contoh kita buat tetap eksis di pergaulan tanpa pakai narkoba. 

Untuk mengekspresikan diri dan minat di fotografi, kamu bisa ikut aktif di klub foto. Terus pampang karya fotografimu di Instagram, ya!

Kalau kamu suka banget bikin video ya sering-sering ngevlog aja. Mudah-mudahan kontenmu diterima dan banyak disukai, bahkan memberi dampak positif buat teman-teman lainnya. 

Esport sekarang juga lagi digandrungi milenial. Suka banget ngegame? Ya diseriusi aja. Siapa tahu memang kamu punya bakat jadi atlet esport. Tapi jangan sampai game ganggu belajar juga, bro sis

Intinya kesibukanmu selain di sekolah, bisa diisi dengan hal-hal positif tadi. Jangan lupa juga isi kegiatanmu dengan aktivitas kerohanian.

2. Belajar tetap nomor satu

Terus Aktif Tanpa Narkoba, Tanda Milenial Merdeka!pixabay.com

Aktivitas tadi beberapa contoh kegiatan milenial yang saat ini lagi hits dan bisa kamu contoh. Di Hari Kemerdekaan ini, kamu juga harus terus ikut mengisi dan mempertahankan kemerdekaan. 

Salah satunya dengan tetap belajar dengan baik. Bukan buat siapa-siapa, tapi belajar buat masa depanmu agar bisa ikut berkontribusi membangun negeri ini.

Dengan menuntut ilmu dengan baik, pengetahuanmu pun terus bertambah. Dengan begitu, kamu akan bisa membedakan mana yang salah dan benar. Salah satunya mengerti akan bahaya narkoba yang menjadi "penjajah" kita saat ini. 

3. Contoh semangat pemuda pejuang dulu dengan semangat berkarya saat ini

Terus Aktif Tanpa Narkoba, Tanda Milenial Merdeka!pexels.com/rawpixel.com

Bicara soal kemerdekaan dan penjajah, kita bisa merefleksi perjuangan para pemuda pejuang kemerdekaan dulu. Bahkan mereka menghabiskan masa mudanya hanya untuk bertempur melawan penjajah.

Semangat pemuda pejuang kemerdekaan di medan tempur itu bisa kamu contoh untuk terus berkarya saat ini. Sambil berkarya dengan hal yang kamu sukai dan geluti, pastikan juga jauhi hal negatif seperti narkoba, ya!

Nah, manisnya Kemerdekaan RI kita rasakan hari ini, bukan? Untuk itu, teruslah aktif dan berkarya serta jauhi narkoba demi mengisi kemerdekaan. Selamat HUT ke-74 RI. Merdeka!

Topic:

  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya