Bukan Sekadar Transportasi, MRT Jakarta Hadir untuk Sarana Interaksi

Pembangunan di Jakarta selalu berangkat dari gagasan

Jakarta, IDN Times - Pembangunan yang dilakukan di Jakarta selalu berangkat dari gagasan. Salah satunya seperti pembangunan infrastruktur transportasi yang belakangan sering kita lihat di Ibu Kota. Gubernur DKI Jakarta mengungkapkan hal itu beberapa waktu lalu.

Dilansir dari IDNtimes.com, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mencontohkan bahwa Moda Raya Terpadu (MRT) bukan hanya alat transportasi semata. Di balik pembangunan MRT ada gagasan besar agar masyarakat lebih banyak berinteraksi.

"Di belakangnya adalah gagasan untuk membuat lebih banyak interaksi antarwarga," tutur Gubernur Anies.

Gubernur Anies juga berpandangan bahwa adanya gagasan di pembangunan di Jakarta agar setiap fasilitas publik, seperti MRT, setara bagi setiap masyarakat Jakarta.

"Ada gagasan untuk membuat fasilitas publik yang setara bagi semuanya. Siapa saja dapat kesempatan yang sama,” tutur Gubernur Anies.

Belakangan ini, MRT selalu dibicarakan dan menjadi salah satu alternatif baru transportasi. Di balik hal itu, kini masyarakat dimudahkan akan integrasi transportasi yang digencarkan di DKI Jakarta.

"Ikhtiar kita untuk dorong integrasi antarmoda transportasi memasuki fase baru. Kata kunci yang harus dipegang adalah bagaimana di Jakarta terintegrasi,” tutur Gubernur Anies.

Untuk diketahui, saat ini MRT melayani perjalanan yang melewati 13 stasiun fase 1 sejauh 16 km setiap hari dengan 6 km melewati jalur bawah tanah (underground) dan 10 km merupakan struktur layang (elevate) yang melewati 7 stasiun. Pembangunan MRT fase 2 direncanakan 2020 dengan target selesai pada empat tahun mendatang.

Pencapaian per Juli 2019, jumlah rata-rata pengguna MRT Jakarta mencapai 94.824 per hari. Hal itu naik 15,9 persen dari bulan sebelumnya. Target pun terus didorong PT MRT Jakarta agar para pengguna moda transportasi makin bertambah, antara lain jumlah penumpang harian 100 ribu orang sampai akhir 2019. 

Gubernur Anies pun mengapresiasi orang-orang yang terlibat dalam proyek MRT. Menurutnya, pihak-pihak yang bekerja di proyek itu merupakan yang terbaik.

“Saya apresiasi semua yang kerja di balik layar, ini kerja besar. Kami bersyukur putra-putri Indonesia terbaik bekerja di tempat ini,” ujar Gubernur Anies.

Topik:

  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya