Para Ibu Semangat Tanam 1 Juta Pohon Mangove di 10 Provinsi

Ibu Iriana Jokowi turut serta dalam acara ini

Jakarta, IDN Times - Guyuran hujan yang turun sejak pagi hari di Labuan, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, tidak mengurangi semangat Ibu Negara Iriana Joko Widodo untuk menanam pohon sebagai upaya meminimalisasi dampak gelombang tinggi di daerah pantai. 

Dalam acara ini, Ibu Negara menanam pohon bakau yakni jenis Rhizophora mucronata dan pohon Pulai (Alstonia scholaris) didampingi Ibu Mufidah Yusuf Kalla, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya, dan ibu-ibu yang tergabung dalam Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja (OASE) serta masyarakat sekitar.

"Hujan ini tidak mengurangi semangat dari kita semua para Ibu-ibu, ada Ibu Menteri, Ibu OASE, Ibu-Ibu dari Indonesia Power, Ibu Gubernur dan Ibu Bupati semua yang hadir disini. Kita menanam ada 10 titik mangrove," kata Ibu Iriana dalam sambutannya di lokasi penanaman Pantai PLTU Labuan, Senin (11/03/2019). 

1. Penanaman pohon bakau ini juga dilakukan di 10 provinsi

Para Ibu Semangat Tanam 1 Juta Pohon Mangove di 10 ProvinsiIDN Times/KLHK

Dalam acara yang mengangkat tema Rehabilitasi Mangrove untuk Mitigasi Bencana dan Perubahan Iklim ini, selain di Labuan, kegiatan penanaman 1 juta mangrove serentak dilakukan di 10 Provinsi dengan total yang ditanam hari ini sekitar 53.000 batang. Ibu Iriana pun menyapa para peserta penanaman mangrove melalui teleconference yang ditampilkan di layar.

“Kita menanam ada di 10 titik, di Langkat (Sumatera Utara), Kota Cirebon (Jawa Barat), Lampung Timur (Lampung), Brebes (Jawa Tengah), Tanah Bumbu (Kalimantan Selatan), Pohuwato Gorontalo, Donggala (Sulawesi Tengah), Lombok Barat (Nusa Tenggara Barat), Kota Ambon (Maluku) dan Labuan (Banten) dengan total yang ditanam 53.000 batang pohon”, jelas Ibu Iriana.

2. Manfaat tanaman bakau untuk lingkungan

Para Ibu Semangat Tanam 1 Juta Pohon Mangove di 10 ProvinsiIDN Times/KLHK

Penanaman pohon di daerah pesisir menjadi salah satu Program OASE bidang lingkungan hijau, di mana salah satu agendanya adalah Perempuan Peduli Mangrove. Tanaman mangrove diketahui memiliki banyak sekali manfaat, yaitu, sebagai penyerap polutan, pencegah intrusi air laut, penelitian dan pendidikan, penyimpan karbon, wisata alam, tempat pemijahan aneka biota laut, pelindung garis pantai dari abrasi dan tsunami, penyedia HHK dan HHBK, serta tempat berlindung dan berkembang biaknya berbagai jenis fauna ekosistem payau.

3. Upaya pemerintah merehabilitasi mangrove yang alami kerusakan

Para Ibu Semangat Tanam 1 Juta Pohon Mangove di 10 ProvinsiIDN Times/KLHK

Saat ini, Indonesia memiliki kurang lebih 19% dari total mangrove di dunia, yaitu 3,48 juta hektar, terdiri dari kondisi mangrove baik seluas 1,67 juta hektar, dan kondisi mangrove rusak 1,81 juta hektar.

Untuk merehabilitasi mangrove yang rusak, pemerintah telah menerbitkan Perpres No. 73 Tahun 2012 tentang Strategi Nasional Pengelolaan Ekosistem Mangrove, dan Peraturan Menteri Koordinator Perekonomian No. 4 Tahun 2017 tentang Kebijakan, Strategi, Program, dan Indikator Kinerja Pengelolaan Ekosistem Mangrove Nasional. 

Upaya yang dilakukan melalui dukungan para pihak untuk percepatan pemulihan RHL mangrove, Penyusunan One Map One Mangrove untuk Nasional, Penguatan peran Kelompok Kerja Mangrove tingkat nasional dan daerah (KKM TN/D), dengan menargetkan rehabilitasi 65.000 hektar/tahun sampai dengan tahun 2045 yang dilaksanakan oleh Kementerian/Lembaga, BUMN/S/D, dan masyarakat.

Topik:

  • Ajeng

Berita Terkini Lainnya