Ini Konsep Pembangunan Taman Maju Bersama, Program Gubernur Anies

Minim bangunan, taman ini sebagai ruang interaksi antarwarga

Jakarta, IDN Times – Pembangunan infrastruktur publik sebagai ruang ketiga masyarakat Ibu Kota terus digencar Pemprov DKI Jakarta selama kurun waktu dua tahun ini. Ruang ketiga yang dimaksud adalah Taman Kota, seperti Taman Maju Bersama atau Ruang Terbuka Hijau (RTH).

Membahas tentang Taman Maju Bersama, jenis taman ini justru didominasi ruang terbuka dan berkonsep park dibanding garden. Meskipun lokasinya berada di tengah-tengah pemukiman warga, dengan konsep taman warga menjadi lebih leluasa untuk dapat bermain, dikarenakan minimnya pembangunan di tengah-tengah taman.

"Pembangunan masing-masing Taman Maju Bersama disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat sekitar. Tidak ada kriteria khusus lokasi dalam membangun Taman Maju Bersama. Terpenting tujuan utama dibangunnya taman ini untuk menambah RTH sebagai tempat berinteraksi warga,” ungkap Kepala Dinas Kehutanan Provinsi DKI Jakarta, Suzi Marsitawati.

1. Taman Maju Bersama akan didominasi oleh ruang terbuka dan taman

Ini Konsep Pembangunan Taman Maju Bersama, Program Gubernur AniesIDN Times/Humas Pemprov DKI Jakarta

Kepala Suku Dinas Kehutanan Jakarta Selatan, M Yuswardi, memastikan Taman Maju Bersama memiliki konsep didominasi oleh ruang terbuka dan taman.

“Taman Maju Bersama lebih banyak ke tamannya. Kita menghindari ada bangunan. Kalau RPTRA kan ada tempat menyusui, ada perpustakaan, ruang ini itu. Kalau di Taman Maju Bersama, lebih dominannya taman,” pungkasnya.

2. Tujuan pembangunan Taman Maju Bersama sebagai ruang interaksi antarwarga

Ini Konsep Pembangunan Taman Maju Bersama, Program Gubernur AniesIDN Times/Humas Pemprov DKI Jakarta

Dengan adanya Taman Maju Bersama, menjadi ruang interaksi antarwarga. Pemprov pun disebut melakukan komunikasi dengan warga untuk membangun konsep tiap taman.

“Tidak ada kriteria khusus lokasi dalam membangun Taman Maju Bersama. Terpenting tujuan utama dibangunnya taman ini untuk menambah RTH sebagai tempat berinteraksi warga,” kata Suzi.

3. Pemprov DKI Jakarta menargetkan pembangunan 261 Taman Maju Bersama

Ini Konsep Pembangunan Taman Maju Bersama, Program Gubernur AniesIDN Times/Humas Pemprov DKI Jakarta

Sebagaimana tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) DKI Jakarta 2018-2022, Pemprov DKI Jakarta menargetkan pembangunan 261 Taman Maju Bersama.

Hingga tanggal 2 Oktober 2019, 30 lokasi taman telah mencapai progres pembangunan sebesar 80 persen hingga 90 persen. Sisanya, telah mencapai progres antara 40 persen hingga 80 persen. Gubernur Anies memastikan bahwa pada 10 Desember 2019, seluruh Taman Maju Bersama di 53 lokasi tersebut dapat tercapai secara pekerjaan fisik.

Lokasi Taman Maju Bersama yang telah mencapai progres 90 persen di antaranya adalah RTH Kampung Jati, Jakarta Timur; RTH Taman Kampung Baru, Jakarta Barat; RTH Jalan Centex, Jakarta Timur; RTH Mangga XIV, Jakarta Barat; RTH Jalan Panglima Polim II, Jakarta Selatan; RTH Jalan Setapak, Jakarta Timur; dan RTH Jalan Kebagusan Raya, Jakarta Selatan.

Topik:

  • Ester Ajeng

Berita Terkini Lainnya