Comscore Tracker

Pemenang Basoeki Abdullah Art Award #3 Diumumkan, 5 Karya Top Terpilih!

Kamu harus banget lihat pameran ini nih

Jakarta, IDN Times - Lima karya terpilih pemenang Basoeki Abdullah Art Award #3 Re-Mitologisasi telah diumumkan hari ini, Rabu (25/9), pada pembukaan pameran di Museum Basoeki Abdullah, Jakarta. Setelah melewati dua seleksi ketat, pemilik lima karya pilihan juri tersebut berhak atas hadiah uang pembinaan Rp25 juta.

Sekretaris Direktorat Jenderal Kebudayaan Dra. Sri Hartini, M.Si berharap para peserta dapat memanfaatkan hadiah tersebut untuk lebih berkarya lagi dalam peningkatan kreativitas di seni rupa.

Sebelum penganugerahan dan pameran ini, 263 karya yang masuk diseleksi. Kemudian karya-karya itu dikerucutkan lagi menjadi 40 karya untuk mengikuti pameran. Juri pun menobatkan lima karya terpilih dari proses seleksi kedua. Lima karya pilihan juri tersebut, antara lain:

  1. "Relief Satir" karya Galih Reza Suseno,
  2. "Wanita, Busana dan Adunan" karya Dyan Condro,
  3. "Strong World" karya Ajar Ardianto,
  4. "Refuse to Forget" karya Yanuar Okhsan Pamuji,
  5. "The Appropriation of Basuki Abdullah's Nyai Loro Kidul" karya Alfiah Rahdini.

1. Para "Basoeki Abdullah baru" telah lahir

Pemenang Basoeki Abdullah Art Award #3 Diumumkan, 5 Karya Top Terpilih!IDN Times/Ezri TS

Mieke Susanto selaku salah satu dewan juri mengatakan bahwa Basoeki Abdullah Art Award bertujuan untuk mendapat inspirasi dari apa yang sudah dilakukan Basoeki Abdullah dalam karya-karyanya. Dengan begitu, diharapkan para perupa yang sekarang ini masih hidup mampu melampaui prestasi Basoeki Abdullah pada saat itu.

"Jadi kita berharap para 'Basoeki Abdullah baru' lahir setelah kompetisi ini dan menjadi bagian dari perkembangan seni rupa internasional di seluruh dunia," tutur Mieke.

Mieke pun mengapresiasi semua peserta yang telah mengirim karya-karyanya dalam kompetisi ini.

2. Kemendikbud terus mendukung Basoeki Abdullah Art Award

Pemenang Basoeki Abdullah Art Award #3 Diumumkan, 5 Karya Top Terpilih!IDN Times/Ezri TS

Sekretaris Direktorat Kebudayaan Kemendikbud Sri Hartini mengatakan, Kemdikbud tentu akan terus mendukung Basoeki Abdullah Art Award karena kompetisi ini ialah salah satu eksekusi dari Undang-Undang No 5 Tahun 2017, yaitu salah satu objek pemajuan kebudayaan tentang tradisi lisan.

Sri juga berujar, semestinya kompetisi ini tidak hanya digelar di sini, tetapi juga di desa-desa untuk menggali bakat para perupa muda daerah.

"Saya kira banyak sekali yang harus digali untuk mempersiapkan perupa masa depan. Jangan sampai di negeri yang sangat luar biasa budayanya ini, tetapi di tengah jalan perupanya belum terlihat," ujar Sri.

3. Re-mitologisasi berupaya menghadirkan kembali mitos negeri ini ke tengah masyarakat

Pemenang Basoeki Abdullah Art Award #3 Diumumkan, 5 Karya Top Terpilih!IDN Times/Ezri TS

Berkenaan dengan tema re-mitologisasi pada kompetisi Basoeki Abdullah Art Award ini, Mieke mengatakan, saat ini mitos hampir dinomorduakan. Sains dan agama pun menjadi barang yang sangat utama di mata kita. Padahal, jauh sebelum ada ilmu, mitos ialah bagian dari kehidupan sehari-hari masyarakat kita.

"Untuk itu, pameran yang bermula dari kompetisi Basuki Abdullah Art Award ini berupaya untuk mendapatkan kembali, merekonstruksi ulang, dan mendekonstruksi mitos yang ada di seantero nusantara," tutur Mieke.

4. Alfiah dan karya patung Nyai Roro Kidul-nya

Pemenang Basoeki Abdullah Art Award #3 Diumumkan, 5 Karya Top Terpilih!IDN Times/Ezri TS

Salah satu peserta yang karyanya terpilih, Alfiah Rahdini, mengaku ingin memperlihatkan persoalan ketubuhan dan mitilogisasi perempuan melalui karyanya. Ia mengambil inspirasi dari gestur tangan Nyi Roro Kidul di salah satu karya Basoeki Abdullah. Alfiah pun mengapresiasinya dengan membuat karya dalam bentuk patung.

"Menurut saya, Nyi Roro Kidul ialah salah satu figur terkuat, khususnya di Pulau Jawa. Mitilogisasi yang dibangun oleh karya Basoeki Abdullah tersebut menurut saya sangat kuat banget di masyarakat," tutur Alfiah.

5. Sebulan penuh kamu bisa menikmati 40 karya top di Museum Basoeki Abdullah

Pemenang Basoeki Abdullah Art Award #3 Diumumkan, 5 Karya Top Terpilih!IDN Times/Ezri TS

Kepala Museum Basoeki Abdullah Dra. Maeva Salmah M.Si mengatakan, 40 karya para peserta yang masuk nominasi akan dipamerkan dari 25 September hingga 25 Oktober 2019 di Museum Basoeki Abdullah, Jakarta. Selain itu, pameran karya-karya tersebut akan digelar pada Hari Museum di Kota Tua.

"Ke depannya Basoeki Abdullah Art Award menjadi bagian penting dalam perkembangan seni di Indonesia dengan melahirkan seniman-seniman muda berkualitas," tutur Maeva.

Topic:

  • Ezri Tri Suro

Just For You