Menaker: Pemerintah Pusat-Daerah Perlu Cermati 4 Isu Ketenagakerjaan

Pengembangan skill jadi salah satu yang perlu diperhatikan

Tangerang, IDN Times - Menteri Ketenagakerjaan M Hanif Dhakiri memberikan arahan sekaligus membuka acara Rapat Koordinasi dan Sinkronisasi Program Ketenagakerjaan Tahun 2020 dengan tema ‘Membangun Sinergitas Ekosistem Ketenagakerjaan’ di Tangerang, Banten, Kamis (17/10).

Hanif memandang, perlunya perhatian baik dari pemerintah pusat maupun daerah terkait dengan 4 isu ketenagakerjaan untuk ke depan, yakni ekosistem ketenagakerjaan, pengembangan skill, ekosistem kewirausahaan, dan ekosistem inovasi.

1. Kemnaker berharap terbentuknya sebuah ekosistem ketenagakerjaan yang memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat

Menaker: Pemerintah Pusat-Daerah Perlu Cermati 4 Isu KetenagakerjaanIDN Times/Kemnaker

Hanif mengatakan, kondisi ekosistem ketenagakerjaan di Indonesia masih kaku sehingga berdampak pada penciptaan lapangan kerja yang tersendat. Hal itu juga merupakan salah satu penghambat masalah investasi di Indonesia. Dengan demikian, tentu perlu adanya sinergi responsif baik dari pusat maupun daerah agar penciptaan pekerjaan bisa terus tumbuh.

Saat ini, terdapat ketidaksesuaian skill yang ada di pasar kerja. Terkait dengan hal tersebut, menurut Hanif, kolaborasi partisipasi dari dunia usaha sangat penting diperlukan, serta mendorong daerah agar lebih aktif partisipasinya dalam bersinergi dengan pusat.

Untuk ekosistem kewirausahaan, tujuan yang diharapkan yakni bagaimana masyarakat Indonesia bisa masuk ke pasar kerja dan bisa berwirausaha. “Kita perlu memberikan ruang bagi para milenial yang kita latih, serta pentingnya penguatan sinergi kepada para UMKM, dan platform digital agar tren ini bisa terus berkembang,” tutur Hanif.

Peran pemerintah daerah sangat penting dalam hal ekosistem inovasi di tengah banyaknya kaum milenial yang kreatif dan produktif di daerahnya masing-masing. Pemerintah daerah dituntut untuk terus memberikan dukungan terhadap perkembangan industri kreatif.

Sementara itu, dalam laporan kegiatannya, Sekjen Kementerian Ketenagakerjaan Khairul Anwar menyampaikan bahwa semangat yang diusung dalam rapat koordinasi ini ialah semangat untuk membangun sinergi antara pusat dan daerah dalam pelaksanaan program-program ketenagakerjaan, dengan harapan terbentuknya sebuah ekosistem ketenagakerjaan yang memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Topik:

  • Marwan Fitranansya

Berita Terkini Lainnya