Pentingnya Peran ASN Mewujudkan Indonesia Emas Tahun 2045

ASN harus mempersiapkan diri menghadapi tantangan

Jakarta, IDN Times - Dalam perjalanan menuju Indonesia Emas Tahun 2045, begitu banyak tantangan yang akan dihadapi dan begitu banyak persiapan yang harus dilakukan. Salah satu aspek terpenting adalah terkait Aparatur Sipil Negara (ASN) karena ASN memiliki peran mulai dari merumuskan kebijakan strategis sampai pada implementasi kebijakan strategis dalam berbagai sektor pembangunan nasional. ASN harus bisa mempersiapkan diri dan menghadapi berbagai tantangan yang ada agar visi Indonesia Emas 2045 bisa terwujud.

1. Perbedaan antara kepala dengan pemimpin menurut JK

Pentingnya Peran ASN Mewujudkan Indonesia Emas Tahun 2045IDN Times/KLHK

Wakil Presiden Jusuf Kalla saat membuka acara Temu Alumni Ikatan Alumni Pendidikan Dan Pelatihan Kepemimpinan Nasional (IKA PIMNAS) Lembaga Administrasi Negara (LAN), di Jakarta Pusat, Selasa (5/3/2019), dalam sambutannya mengatakan Aparatur Sipil Negeri (ASN) pejabat eselon I dan II berperan penting dalam pengambilan keputusan di negeri ini. Untuk itu diperlukan kepemimpinan yang bisa membawa bawahan dan masyarakat bergerak bersama mencapai tujuan.

“Apa yang ingin kita tuju adalah bagaimana Indonesia bisa makmur”, kata Jusuf Kalla.

Di tengah 400 peserta IKA PIMNAS Tingkat I dan Tingkat II, Jusuf Kalla mengatakan Pemimpin harus bisa memberikan inspirasi, berbeda dengan Kepala.

“Kalau Kepala diangkat karena SK, kalau Pemimpin karena perilaku. Anda bisa menjadi kepala sekaligus pemimpin. Tapi juga Anda bisa jadi kepala tapi tidak bisa jadi pemimpin," ucap Jusuf Kalla.

2. Kriteria ASN harus sesuai UU No.5 Tahun 2014

Pentingnya Peran ASN Mewujudkan Indonesia Emas Tahun 2045IDN Times/KLHK

Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara, ASN harus memiliki integritas, profesional, netral dan bebas dari intervensi politik, bersih dari praktik korupsi, kolusi, dan nepotisme, serta mampu menyelenggarakan pelayanan publik bagi masyarakat dan mampu menjalankan peran sebagai unsur perekat persatuan dan kesatuan bangsa berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

3. Momentum bagi para alumni Diklat PIMNAS melakukan perubahan kepemimpinan

Pentingnya Peran ASN Mewujudkan Indonesia Emas Tahun 2045IDN Times/KLHK

Dikatakan Ketua Umum IKA PIMNAS Bambang Hendroyono, perkembangan yang pesat di berbagai bidang secara nyata membawa banyak perubahan dalam kehidupan berbangsa, bernegara, dan bermasyarakat. Perubahan yang terjadi di tingkat global secara nyata akan mempengaruhi berbagai aspek kehidupan di tingkat nasional.

“Pada saat kita mempersiapkan diri menghadapi Industrial Revolution 4.0 dengan mencanangkan Making Indonesia 4.0, kita harus juga siap memasuki era Society 5.0”, ucap Bambang yang juga menjabat Sekretaris Jenderal KLHK. 

Sehingga dikatakan Bambang, penyelenggaraan kegiatan ini diharapkan akan menjadi momentum bagi para alumni Diklat PIMNAS untuk melakukan perubahan-perubahan dalam kepemimpinan di tengah-tengah perubahan dunia yang begitu cepat dan membawa konsekuensi terhadap kondisi bangsa dan negara dengan selalu melakukan inovasi dan mencari solusi-solusi praktis bagi permasalahan yang dihadapi birokrasi dalam pelaksanaan tugas dan untuk mewujudkan Indonesia maju.

Dalam kesempatan ini, Bambang juga menyampaikan kompilasi Policy Brief kepada Jusuf Kalla, yang merupakan buah karya dan pemikiran dari 14 angkatan Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat I. Policy Brief ini memuat berbagai rekomendasi kebijakan atas isu-isu aktual di tingkat nasional. 

Topik:

  • Ajeng

Berita Terkini Lainnya