Layanan Baru untuk Peserta BPJSTK Manfaatkan KTP-el Reader

Meningkatkan performa layanan kepada warga Indonesia

Jakarta, IDN Times - Optimalisasi layanan bagi BPJS Ketenagakerjaan tentunya bukan merupakan hal baru yang terus-menerus ditekankan dalam melayani para peserta. Ambil contoh penerapan layanan eKlaim dan antrean online yang sudah diimplementasikan di seluruh kantor cabang di Indonesia, semua dilakukan agar kualitas layanan makin baik dan mudah.

Sejak bertransformasi dari PT Jamsostek, pemanfaatan data kependudukan berbasis Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP-el) sudah diimplementasikan BPJS Ketenagakerjaan melalui nota kesepahaman dan Perjanjian Kerjasama (PKS) dengan Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil (Ditjen Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). 

1. Pemanfaatan data kependudukan maju satu langkah ke depan

Layanan Baru untuk Peserta BPJSTK Manfaatkan KTP-el ReaderIlustrasi e-KTP. (IDN Times/Aan Pranata)

KTP-el Reader yang dilengkapi fitur biometrik dapat memastikan validitas data peserta saat mengajukan klaim dana Jaminan Hari Tua (JHT). Dengan adanya fasilitas ini, diyakini akan memangkas waktu yang dibutuhkan peserta untuk melakukan klaim JHT karena setelah data dinyatakan valid, formulir permohonan JHT (Form F5) otomatis terisi cukup dengan menempelkan KTP-el peserta ke mesin Reader.

Ditemui di sela peresmian Pemanfaatan KTP-el Reader di Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Salemba, Kamis (28/3), Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan, Agus Susanto, mengatakan pihaknya telah melakukan persiapan ini sejak awal masa kerja sama dengan Kemendagri dan Dirjen Adminduk.

“Visi kami adalah untuk memberikan kemudahan layanan dengan tetap mengutamakan keamanan data peserta”, ujar Agus.

2. Lalu, bagaimana cara mendaftarnya?

Layanan Baru untuk Peserta BPJSTK Manfaatkan KTP-el ReaderIDN Times/BPJSTK

Peserta bisa mendaftar via antrean online terlebih dahulu untuk mendapatkan jadwal kedatangan di kantor cabang BPJSTK. Kemudian dengan membawa dokumen yang dibutuhkan, petugas kami akan mendampingi peserta dalam melakukan validasi data diri dan pemindaian sidik jari, mengambil foto dokumen yang dibawa dan mengambil foto diri peserta. Setelah itu tinggal menunggu panggilan dari petugas customer service kami untuk finalisasi pengajuan

3. Pengisian formulir F5 untuk pengajuan klaim JHT memanfaatkan teknologi yang terintegrasi

Layanan Baru untuk Peserta BPJSTK Manfaatkan KTP-el Readerunsplash.com

“Dengan kata lain, KTP-el Reader ini dapat mengakses data personal dari peserta sesuai dengan data terakhir di Ditjen Dukcapil. Syaratnya memang peserta harus sudah memiliki KTP-el, sehingga proses validasi data dilakukan lebih cepat dan formulir F5 secara otomatis terisi menggunakan data yang tersimpan dalam chip KTP-el. Tapi tidak perlu khawatir, jika KTP-el peserta mengalami masalah atau belum memiliki KTP-el, tetap akan kita layani namun secara manual. Diharapkan ke depannya seluruh peserta sudah menggunakan KTP-el agar seluruh proses lebih ringkas dan tentunya memastikan beberapa unsur penting validitas data, yaitu tepat orang dan tepat waktu,” tutur Agus.

4. Layanan ini sebagai jembatan untuk menghadapi era digital 4.0

Layanan Baru untuk Peserta BPJSTK Manfaatkan KTP-el Readerbpjsketenagakerjaan.go.id

Penambahan fitur digital ini dijelaskan Agus akan menjadi salah satu fondasi layanan digital di BPJS Ketenagakerjaan di mana dalam menghadapi Revolusi Industri 4.0 ke depannya BPJS Ketenagakerjaan siap dengan berbagai fasilitas dan fitur digital yang memberikan kemudahan layanan dengan tetap mengutamakan keamanan data.

“Untuk tahap implementasi awal, KTP-el Reader ini dapat digunakan pada 34 ibu kota provinsi dan akan segera menyusul untuk diterapkan di seluruh Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan seluruh Indonesia. Semoga dengan adanya fasilitas ini akan mampu meningkatkan performa layanan dan memberikan pelayanan yang maksimal kepada seluruh peserta di Indonesia,” tutur Agus.

Topik:

  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya