Pos Indonesia Mudahkan Pelaku Bisnis Online Lewat Q-COMM 

Berikan layanan pengiriman paket maksimal 2 hari

Jakarta, IDN Times – Pertumbuhan industri e-commerce di Tanah Air berkembang pesat seiring berjalannya era digitalisasi masa kini. Dalam hal ini, masyarakat membutuhkan layanan akses yang lebih cepat, aman, dan mudah di bidang pemasaran online. Guna memenuhi kebutuhan para pelaku bisnis online, Pos Indonesia resmi meluncurkan layanan Q-COMM di Co Hive, Gedung Filateli, Jakarta, Rabu (6/11). 

Q-COMM merupakan layanan baru dari Pos Indonesia yang memudahkan pebisnis online untuk mengirim paket ke konsumen tepat waktu. Layanan ini mampu mengirim paket antarkota dengan waktu tempuh pengiriman maksimal 2 hari sejak pelanggan mengirimkan di loket. Untuk lebih jelasnya, simak keunggulan dan bagaimana mekanisme layanan ini dapat diimplementasikan?

1. Keunggulan Q-COMM bagi pebisnis online

Pos Indonesia Mudahkan Pelaku Bisnis Online Lewat Q-COMM IDN Times/Ester Ajeng

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, Q-COMM menjadi bagian baru dari layanan Pos Indonesia dalam hal mengirimkan paket berbasis online. Tingkat berat pengirimannya hingga 5 kilogram. Selain itu, pelanggan Q-COMM juga tidak perlu antre untuk mengantarkan paketnya ke agen pos. Sebab, Pos Indonesia memiliki Q-Ranger yang siap siaga menjemput paket pelanggan 

“Keunggulan pertama, bisa di-pick-up. Nggak perlu antar paket. Jadi selama ini kalau pelaku bisnis online (pebisol) harus mengantar ke kantor pos atau ke agen, ini bisa di-pick-up. Hubungi saja ke call center 1500 261. Setelah itu, nanti tim Q-Ranger kita akan datang,” kata Direktur Komersial Pos Indonesia, Charles Sitorus.

Tidak sampai di situ, pelanggan Q-COMM dapat melakukan pengiriman paket bebas antre menggunakan aplikasi Quick Online Booking (Q-OB) yang dapat dilakukan melalui website www.posindonesia.co.id

Keunggulan ketiga, lanjut Charles, resinya otomatis. Begitu resinya keluar, tidak perlu diketik ulang, karena akan otomatis terdeteksi di PT Pos Indonesia. Jika ada 100 kiriman paket, nggak perlu ketika satu-satu. Cukup pakai file saja, langsung dicetak. 

Keempat, yang sedang marak di dunia e-commerce adalah sistem pembayaran COD atau dikenal Cash On Delivery. Pembayarannya dilakukan secara tunai atau cashless dengan menggunakan aplikasi Pos Giro Mobile, menjadi tempat pembayaran dan antaran. 

“Di sini semua ada di PT Pos Indonesia tanpa melalui pihak ketiga,” tambah Charles.

2. Mekanisme penggunaan Q-COMM

Pos Indonesia Mudahkan Pelaku Bisnis Online Lewat Q-COMM IDN Times/Ester Ajeng

Registrasi akun Quick Online Booking (QOB) melalui website QOB terlebih dahulu . Kemudian, pelanggan buka rekening Pos Giro Mobile (PGM) di Kantor Pos terdekat jika ingin menggunakan COD. Lakukan order kiriman melalui website QOB. Lalu, pilihlah metode pengiriman COD atau reguler. Cetak dan tempel label kiriman di paket yang akan dikirim. Jangan lupa, hubungi 15000261 untuk jemput kiriman. Setelah itu, pengiriman reguler akan diantar langsung ke alamat tujuan. Untuk kiriman COD, pengantar pos akan melakukan janji temu dan pembayaran dilakukan di tempat. Pembayaran COD memiliki tiga opsi yaitu tunai, transfer PGM dan virtual account bank. Pembayaran akan disetor oleh pihak Kantor Pos ke rekening PGM penjual. Penjual dapat memantau status kiriman dan saldo transaksi melalui dashboard khusus di website QOB.

3. Target Q-COMM ke depannya

Pos Indonesia Mudahkan Pelaku Bisnis Online Lewat Q-COMM IDN Times/Ester Ajeng

Di akhir acara launching layanan Q-COMM itu, Charles mengatakan ingin pebisol tidak harus kirim barang dari asalnya produksi dan berharap lebih dekat ke pasar bisa menggunakan konsep dengan sistem pembayaran mudah. 

"Di 2020 targetnya ingin bisa masuk ke pasar pebisol bisa raih 10 persen marketshare," tutupnya.

Selama acara tersebut digelar, hadir pula pebisol dan Q-Ranger. Salah satu pebisol turut menyampaikan apresiasinya terhadap layanan dari Pos Indonesia.

“Saya menggunakan jasa pos Q-Ranger, sangat bagus. Sampainya cepat ke konsumen dan harganya oke,” ucap Rina. 

Sekadar informasi, nantinya paket-paket dari Q-COMM akan diberi stempel khusus, sehingga kurir bisa memprioritaskan produk itu agar sampai tidak lebih dari dua hari.

Topik:

  • Ester Ajeng

Berita Terkini Lainnya