Presiden Kunjungi Rumah Warga, Sambung Listrik Gratis

Lebih dari 100 ribu listrik gratis untuk Jawa Barat

Garut, IDN Times – Presiden RI Joko Widodo menyerahkan sertifikat sambungan listrik gratis yang merupakan sumbangan atau sinergi BUMN kepada 30.937 rumah tangga miskin dan rentan miskin di Garut, Jawa Barat (18/01/19). Sebelumnya, Presiden berkesempatan mengisikan token dan menyalakan listrik 4 (empat) rumah tangga di Kampung Pasarkolot Desa Cibatu, Kec. Cibatu, Kab. Garut. Program yang digagas BUMN ini hingga akhir 2018 telah berhasil menyelesaikan 100.970 Sambungan listrik gratis untuk warga Jawa Barat.

1. Jokowi sebut sinergitas BUMN jadi kunci keberhasilan

Presiden Kunjungi Rumah Warga, Sambung Listrik GratisIDN Times/PLN

Jokowi menyebutkan bahwa Program ini berhasil memberikan penyambungan listrik gratis bagi 100.970 Kepala Keluarga (KK) hingga Desember 2018.

“Sampai dengan akhir 2018 sudah tersambung dengan baik sebanyak 100.970 KK, yang paling berat bagi warga memang biaya penyambungannya untuk itu BUMN bersinergi untuk memberikan bantuan sambung listrik gratis” Ungkap Jokowi.

BUMN yang berpartisipasi dalam Program Sponsorship Sinergi BUMN Penyambungan Listrik Gratis untuk Masyarakat Miskin tersebut sebanyak 34 BUMN dan 1 Anak Perusahaan yaitu PLN, Bulog, Jamkrindo, Pegadaian, Semen Indonesia, Dahana, Perhutani, BRI, Pindad, Telkom & Telkomsel, BNI, Airnav, Askrindo, Waskita, PTPN III Holding (PTPN VIII), Jasa Marga, Jasa Raharja, Jasindo, Biofarma, KAI, Hutama Karya, Telkomsel, Pertamina, Mandiri, Angkasa Pura 2, Pelindo 2, BTN, PIHC, WIKA, PP, PGN, Antam, Taspen, ASDP dan POS.

2. Kebutuhan masyarakat bisa terpenuhi dengan adanya aliran listrik gratis

Presiden Kunjungi Rumah Warga, Sambung Listrik GratisIDN Times/PLN

Untuk tahap awal, penyambungan listrik gratis ini dilakukan di 8 (delapan) Kabupaten dan Kota dengan sasaran sebanyak 130.248 kepala keluarga (KK) yang tersebar di Kota Bogor, Kabupaten Bogor, Kabupaten Bandung, Kabupaten Garut, Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Pangandaran, Kabupaten Cianjur, dan Kabupaten Sukabumi.

Dalam pelaksanaan program ini, masyarakat mendapatkan penyambungan listrik secara gratis dengan daya 450 VA. Daya 450 VA tersebut cukup untuk menggunakan TV, penanak nasi, dan menyalakan lampu.

Untuk biaya, PLN dan Asosiasi Instalatir memberikan keringanan Biaya Penyambungan dan Pemasangan Instalasi sebesar 50%, sehingga biaya yang perlu dibayar oleh Sinergi BUMN hanya sebesar Rp. 500.000.

 

3. Masyarakat kini tidak perlu menyambung listrik dari tetangga lagi

Presiden Kunjungi Rumah Warga, Sambung Listrik GratisIDN Times/PLN

Direktur Utama PLN Sofyan Basir yang ikut hadir dalam acara peninjauan tersebut menjelaskan bahwa sebelumnya masyarakat tidak mampu harus menyambung dari tetangga karena belum mendapat listrik langsung dari PLN. Untuk itu, mereka membayar 40 sampai 50 ribu rupiah untuk lampu tiap bulan atau menggunakan penerangan lain seperti lampu teplok.

"Melalui listrik PLN langsung, mereka dapat melakukan banyak penghematan untuk pengeluaran perbulannya. Dan kami harapkan bantuan sambung listrik gratis ini juga bisa memberikan dampak positif bagi ekonomi warga" Ujar Sofyan Basir.

 

4. BUMN ingin bantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat

Presiden Kunjungi Rumah Warga, Sambung Listrik GratisIDN Times/PLN

Sofyan menambahkan bahwa program sinergi BUMN ini membantu warga tidak mampu sesuai TNP2K untuk membayar biaya pasang baru listriknya.

"Sekarang mereka bayar sekitar 30 ribu per bulan listrik PLN. Untuk lampu, televisi dan penanak nasi serta alat elektronik lainya,” tegas Sofyan.

Diharapkan dengan program ini akan semakin banyak masyarakat miskin yang kesejahteraannya semakin baik dan BUMN Hadir Untuk Negeri tidak henti-hentinya terus melakukan upaya kerja nyata untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat Indonesia.

Topik:

  • Karsa Adiguna
  • Anastasia Desire
  • Vika Widya Alfianti

Berita Terkini Lainnya