Program P2WKSS Mampu Tingkatkan Indeks Pembanguan Gender di Jabar

Angka harapan hidup perempuan di Jabar sampai 74,62 tahun

Kota Cimahi, IDN Times - Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Lina Marlina Ruzhan menyatakan, Program Peranan Wanita menuju Keluarga Sehat dan Sejahtera (P2WKSS) mampu meningkatkan Indeks Pembangunan Gender (IPG) Jabar.

“Aspek kesehatan perempuan juga cukup baik. Data terakhir, tahun 2018, menunjukkan angka harapan hidup perempuan 74,62 tahun, berada di atas laki-laki yang hanya 70,76 tahun,” kata Lina saat meninjau Evaluasi Terakhir P2WKSS Jabar Tahun 2019 di Kota Cimahi, Jumat (22/11).

Jadi, perempuan hari ini di Jawa Barat, menurut Lina, tercatat memiliki angka harapan hidup yang lebih panjang daripada laki-laki.

1. Program P2WKSS berjalan baik dan berdampak pada sejumlah perubahan yang terjadi di beberapa kabupaten/kota

Program P2WKSS Mampu Tingkatkan Indeks Pembanguan Gender di JabarIDN Times/Pemprov Jabar

Menurut Lina, sejumlah perubahan terjadi di beberapa kabupaten/kota karena P2WKSS berjalan baik."

"Dari yang tadinya biasa-biasa aja menjadi luar biasa. Dari yang tadinya tidak terawat menjadi terawat, dari yang tidak tahu menjadi tahu," ucapnya.

2. Kolaborasi para pemangku kepentingan berbasi Pentahelix jadi kunci keberhasilan P2WKSS

Program P2WKSS Mampu Tingkatkan Indeks Pembanguan Gender di JabarIDN Times/Pemprov Jabar

Maka dari itu, Lina berharap P2WKSS dapat terus berjalan sehingga IPG Jabar meningkat. Pun demikian dalam aspek ekonomi dan pendidikan perempuan Jabar.

“Perlu adanya kolaborasi para pemangku kepentingan berbasis prinsip Pentahelix, yakni akademisi, dunia usaha, komunitas, pemerintah, dan media. Hal itu jadi kunci keberhasilan P2WKSS. Sehingga mampu memberikan dampak signifikan bagi masyarakat,” katanya.

3. Program Sekoper Cinta jadi salah satu inovasi yang digagas Pemda Provinsi Jabar

Program P2WKSS Mampu Tingkatkan Indeks Pembanguan Gender di JabarIDN Times/Pemprov Jabar

Salah satu inovasi yang digagas Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Jabar, kata Lina, ialah program Sekolah Perempuan Capai Impian dan Cita-Cita (Sekoper Cinta).

"Mudah-mudahan apa yang telah dilakukan oleh semua pihak hari ini menjadi kebiasaan di masyarakat. Dengan saling menjaga dan semuanya tidak kembali ke hal-hal kurang menyenangkan," pungkas Lina.

Topik:

  • Marwan Fitranansya

Berita Terkini Lainnya