Comscore Tracker

Tingkatkan Ekspor Nasional, PT INKA Terus Kirim Kereta ke Luar Negeri

Hal tersebut memperkuat industri perkeretaapian Indonesia

Jakarta, IDN Times - Semester satu tahun ini, PT INKA (Persero) kembali sukses mengirimkan kereta pesanan ke Bangladesh. Hal tersebut berkat hasil tender yang dimenangi BUMN itu pada 2017 dengan nilai kontrak sebesar US$100,89 juta.

PT INKA (Persero) mulai mengirimkan 50 kereta tipe MG (Meter Gauge) pesanan Bangladesh Railway melalui Chittagong Port, Bangladesh, pada Januari 2019 dan 200 kereta tipe BG (Broad Gauge) sejak Juli 2019. Total PT INKA (Persero) memproduksi 250 kereta untuk Bangladesh Railway.

"Pengiriman untuk Bangladesh merupakan pengiriman kereta untuk tipe MG (Meter Gauge) dengan jumlah total 200 kereta. Sebanyak 26 kereta batch awal telah dikirimkan pada 24 Juli 2019 menuju Chittagong Port, Bangladesh," ujar Direktur Utama PT INKA (Persero) Budi Noviantoro.

PT INKA (Persero) bersama FHBUMN dan Kementerian BUMN membahas hal tersebut pada pertemuan rutin “Ngopi BUMN” yang bertema “Kiprah INKA dalam Memperkuat Industri Perkeretaapian dan Mendukung Peningkatan Ekspor Nasional”, di Kementerian BUMN, Senin (19/8).

1. Sebelum kontrak pengadaan kereta untuk Bangladesh, PT INKA menandatangani kerja sama dengan Filipina

Tingkatkan Ekspor Nasional, PT INKA Terus Kirim Kereta ke Luar NegeriIDN TImes/Ezri TS

Sebelumnya pada 2018, PT INKA (Persero) juga menandatangani kontrak pengadaan kereta untuk Philippine National Railways untuk 6 DMU (Diesel Multiple Unit), 3 lokomotif, dan 15 unit kereta penumpang dengan nilai kontrak sebesar US$57,1 juta.

PT INKA (Persero) pun pernah memenuhi pesanan kereta keluar negeri yang meliputi Power Generating Car (PGC) dan gerbong barang ke Malaysia; Well Wagon ke Singapura; Ballast Hopper Wagon (BHW) ke Thailand; lokomotif ke Filipina; dan Blizzard Center Sills ke Australia.

Pencapaian PT INKA tersebut tidak lepas dari dukungan pemerintah dan sinergi BUMN. Asisten Deputi Bidang Usaha Pertambangan, Industri Strategis, dan Media II Kementerian BUMN RI Heri Purnomo mengatakan bahwa pemerintah melalui Kementerian BUMN sangat aktif mendukung berbagai pengembangan di PT INKA. Hal itu merupakan salah satu bentuk nyata dukungan pemerintah.

"Dalam waktu dekat kita akan terus membantu pengembangan di PT INKA. Ke depan kita harapkan market dari luar dan dalam negeri makin banyak," tutur Heri.

2. Kesuksesan PT INKA mengirim kereta ke luar negeri tidak lepas dari peran kedutaan besar

Tingkatkan Ekspor Nasional, PT INKA Terus Kirim Kereta ke Luar NegeriIDN Times/Ezri TS

Heri mengatakan bahwa kesuksesan kerja sama dengan luar negeri tidak lepas dari dukungan kedutaan besar. Untuk marketing ke luar negeri, PT INKA akan lebih banyak memanfaatkan tenaga-tenaga yang sekarang sudah ada di kedutaan.

"Sekarang, sejak lima tahun lalu, jika ada kerja sama dengan luar negeri, kedutaan akan akan memfasilitasi BUMN," tutur Heri.

3. Selain terus meningkatkan ekspor, PT INKA juga memperkuat perkeretaapian dalam negeri

Tingkatkan Ekspor Nasional, PT INKA Terus Kirim Kereta ke Luar NegeriIDN TImes/Ezri TS

Untuk capaian dalam negeri, saat ini PT INKA tengah menyelesaikan 438 kereta pesanan PT KAI (Persero) serta LRT Jabodebek guna mendukung penguatan perkeretaapian dalam negeri. Saat ini pun PT INKA (Persero) membangun pabrik kedua di Banyuwangi untuk meningkatkan kapasitas guna mendukung permintaan dalam negeri maupun ekspor.

Topic:

  • Marwan Fitranansya
  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya