Resmikan Museum Pertanian, Mentan Amran Ajak Optimis Tatap Masa Depan

Mentan berharap Museum Pertanian dapat menginspirasi

Bogor, IDN Times  - Kementerian Pertanian secara resmi membuka Museum Pertanian di Bogor pada Senin (22/04). Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman pun berharap museum tersebut dapat menginspirasi anak muda Indonesia untuk membangun pertanian.

"Kami ingin pemuda-pemuda siapa pun yang datang ke museum ini tidak saja belajar pertanian Indonesia di masa lalu, tetapi juga masa sekarang, dan optimis menatap ke depan. Indonesia menjadi lumbung pangan dunia 2045. Langkahnya sudah jelas, karena sumber dayanya sudah ada, teknologinya juga sudah ada," kata Menteri Amran.

1. Transformasi pertanian tradisional menjadi pertanian modern diperlukan untuk menarik pemuda Indonesia agar mau bertani

Resmikan Museum Pertanian, Mentan Amran Ajak Optimis Tatap Masa DepanIDN Times/Kementan

Penerapan teknologi seperti mekanisasi olah lahan hingga hilirisasi diharapkan dapat menekan biaya produksi petani, menambah indeks pertanaman, dan meningkatkan produktivitas. Menurut Amran, muaranya adalah kesejahteraan petani.

Mentan Amran mengatakan, salah satu upaya menarik pemuda Indonesia untuk bertani ialah dengan mentransformasi pertanian tradisional menjadi pertanian modern.

"Penggunaan teknologi pertanian modern itu mutlak, tak bisa dielakkan," tutur Amran.

2. Kementan berhasil terapkan teknologi pertanian modern lho

Resmikan Museum Pertanian, Mentan Amran Ajak Optimis Tatap Masa DepanIDN Times/Kementan

Mentan Amran juga mengingatkan bahwa Indonesia punya sumber daya yang luar biasa melimpah untuk bisa mewujudkan lumbung pangan dunia 2045. Salah satu optimisme itu terlihat pada keberhasilan Kementan dalam menerapkan teknologi modern pertanian untuk lahan rawa, seperti water management, mekanisasi, hingga teknologi hilirisasi.

Data Kementan menyebutkan, terdapat 10 juta hektare lahan rawa yang potensial untuk menjadi lahan pertanian masa depan.

"Kalau kita garap dengan baik dengan teknologi modern, dan bisa panen tiga kali setahun, lahan rawa ini bisa menghidupi populasi Indonesia sampai 1 miliar penduduk pada 100 hingga 200 tahun," tutur Mentan Amran.

3. Indonesia juga mampu terapkan bioenergi B100

Resmikan Museum Pertanian, Mentan Amran Ajak Optimis Tatap Masa Depannst.com

Amran juga mencontohkan hal lain perihal bagaimana optimisme itu dibangun dengan kemampuan Indonesia dalam menerapkan bioenergi B100 yang berhasil dikembangkan oleh peneliti Kementan. Dengan demikian, Indonesia diharapkan tidak kesulitan sumber daya energi baru dan terbarukan dengan menggunakan crude palm oil (CPO).

Menteri Amran memaparkan, "Tahun ini pertama dalam sejarah dunia, Indonesia berhasil menerapkan B100. Negara tetangga baru B7 menuju B10, Indonesia sudah melakukan lompatan dengan melakukan uji coba pada mobil 6000 km dengan 100 persen minyak sawit."

Topik:

  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya