Warga Penghuni Rumah DP 0 Rupiah: Fasilitas Sudah Cukup Baik, Nyaman Dihuni

Fasilitas yang tersedia di Menara Samawa cukup memadai

Jakarta, IDN Times - Warga DKI Jakarta akhirnya bisa merasakan dan memiliki rumah impian di Ibu Kota tanpa memikirkan uang muka atau down payment. Kini, Rumah DP 0 Rupiah yang menjadi program unggulan Gubernur Anies Baswedan sudah terwujud.

Setelah melalui semua proses seleksi sampai pengajuan kredit ke bank, sebanyak 27 unit Rumah DP 0 Rupiah dapat ditempati warga, tepatnya di Menara Samawa (Solusi Rumah Warga), Klapa Village, Pondok Kelapa, Jakarta Timur.

Fasilitas yang tersedia di Menara Samawa pun cukup memadai. Sebelah kanan lobi, sudah tersedia taman bermain yang dipenuhi berbagai macam mainan anak, seperti ayunan, jungkat-jungkit, dan perosotan yang berdiri di atas rumput hijau. Ada juga musala yang berada di sebelah kiri lobi.

Tak hanya itu, Menara Samawa juga menyediakan fasilitas untuk disabilitas, seperti parkiran dan jalur khusus. Sarana pendidikan juga tak luput dari perhatian. Sebelah kanan Menara Samawa saat ini sudah ada sekolah PAUD.

Salah satu penghuni rusunami di Menara Samawa, Herawati (60), mengungkapkan, sudah menempati rumah dengan dua kamar tersebut sejak 13 Oktober. Herawati yang tinggal bersama suami dan anaknya tersebut sampai saat ini merasa nyaman dengan hunian rumah susun sederhana milik (rusunami) itu.

"Bangunan kokoh, pintu juga bahan kuat, sampai saat ini gak ada keluhan sih, masih nyaman, tapi saya masih mau menata lagi ruangan ini," ujarnya.

Terkait fasilitas, dia mengatakan, rusunami ini sudah cukup baik, mulai sanitasi, taman, dan musala, meski saat ini belum ramai penghuni.

Herawati mengaku lega dan senang, sang anak akhirnya memiliki rumah karena dia sendiri sudah puluhan tahun mengontrak di daerah Grogol, Jakarta Barat.

Rusunami ini menawarkan tiga tipe, yaitu tipe 36, tipe 21, dan tipe studio. Tipe studio hanya memiliki satu kamar mandi dan ruangan kosong tanpa sekat. Tipe ini berukuran ukuran 21 meter persegi, sedangkan tipe studio corner seluas 22,25 meter persegi. Ada juga tipe 21 dengan luas 23,95 meter persegi dengan satu kamar dan satu kamar mandi, serta tipe 36 dengan dua kamar tidur.

Menara Samawa juga menyediakan parkir untuk kendaraan roda dua dan roda empat di basement bawah. Untuk transportasi tidak perlu khawatir sebab sudah ada shelter TransJakarta di depan rusunami yang sudah melayani berbagai rute.

1. Program Samawa Rumah DP 0 Rupiah ditargetkan untuk masyarakat berpenghasilan rendah, warga DKI Jakarta yang memenuhi persyaratan

Warga Penghuni Rumah DP 0 Rupiah: Fasilitas Sudah Cukup Baik, Nyaman DihuniIDN Times/Dini suciatiningrum

Saat ini tercatat ada 1.790 orang pemohon program Rumah DP 0 Rupiah yang telah memasuki tahap pengajuan permohonan kredit dan pemilihan unit. Pemohon yang lolos seleksi dan memenuhi syarat, segera diundang untuk melengkapi berkas permohonan pengajuan kredit dan memilih unit di lokasi Rusunami Klapa Village, Pondok Kelapa, Jakarta Timur.

“Sesuai Peraturan Gubernur Nomor 104 Tahun 2018, program Samawa Rumah DP 0 Rupiah ditargetkan untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR), warga DKI Jakarta yang memenuhi persyaratan," kata Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman, Kelik Indriyanto.

Sementara itu, Kepala UPT Fasilitasi Pemilikan Rumah Sejahtera, Dzikran Kurniawan, mengatakan, 1.790 orang yang lolos seleksi dibagi dalam dua kategori prioritas, yaitu prioritas pertama 899 pendaftar dan prioritas kedua 891 pendaftar.

Prioritas pertama ialah mereka yang telah menikah atau berkeluarga karena program ini untuk rumah pertama keluarga. Semua pendaftar yang lolos tersebut diundang untuk mengurus pengajuan permohonan kredit dan pemilihan unit di lokasi Rumah DP 0 Rupiah di Klapa Village.

Topik:

  • Marwan Fitranansya
  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya