Ini 3 Fakta Unik tentang Simping, Penganan Khas Purwakarta 

Simping memiliki cita rasa renyah dan gurih

Siapa yang tak mengenal sate maranggi? Penganan tersebut memang sering dijumpai dan merupakan penganan khas di Kabupaten Purwakarta. Namun, sate maranggi kurang pas jika dijadikan oleh-oleh untuk keluarga di rumah karena lebih nikmat disantap langsung di tempat.

Nah, bagi kamu yang berada di sekitaran Purwakarta dan ingin membawa oleh-oleh, tak ada salahnya membeli penganan khas lain, yakni simping yang memiliki cita rasa renyah dan gurih. Berikut ini 3 fakta unik yang menyelimuti simping! Simak ya!

1. Banyak dijumpai di Purwakarta

Ini 3 Fakta Unik tentang Simping, Penganan Khas Purwakarta keluyuran.com

Simping, yang berbahan dasar tepung tapioka itu memang mudah didapatkan di Purwakarta. Terutama di sepanjang Jalan Kusuma Atmaja, Kelurahan Cipaisan, Kecamatan Purwakarta Kota, yang menjadi tempat penganan ini pertama kali dibuat masyarakat setempat.

Nah, salah satunya nih, toko Simping Teh Ina yang berada di Jalan Kusuma Atmaja No 21. Di sana, simping sudah dijual sejak tahun 1903 loh, dan sudah memasuki generasi kelima. Berbagai jenis dan rasa simping ada di tempat ini.

2. Terdapat banyak varian rasa

Ini 3 Fakta Unik tentang Simping, Penganan Khas Purwakarta ayopurwakarta.com

Simping merupakan cemilan ringan berbentuk bulat tipis seperti lembaran. Pada umumnya simping ini berwarna putih. Simping biasanya diberi bumbu-bumbu, seperti bawang, kencur, dan juga santan. Adonan ini kemudian dibentuk bulat-bulat tipis dan dimatangkan dengan cara dipanggang dengan menggunakan alat khusus.

Seiring berjalannya waktu, simping mengalami perkembangan dari segi rasa. Kalau biasanya simping hanya memiliki rasa gurih, saat ini sudah ada dengan aroma pandan dengan rasa yang sedikit manis, aroma nangka, pisang, keju, hingga cokelat.

3. Harga bersahabat di kantong

Ini 3 Fakta Unik tentang Simping, Penganan Khas Purwakarta wisatatempat.com

Kamu bisa membawa banyak simping untuk buah tangan karena harga simping tidaklah mahal. Satu bungkus simping biasa dibanderol dengan harga Rp5.000-Rp7.500 per bungkusnya. Camilan renyah berbentuk bulat pipih dengan rasa yang gurih ini selalu enak jadi teman di kala senggang atau lagi ngumpul bersama keluarga.

Bagaimana? Sudah tertarik dengan simping? Jangan sampai kamu ke Purwakarta tapi tidak membawa oleh-oleh yang satu ini ya!

Topik:

  • Marwan Fitranansya

Berita Terkini Lainnya