Comscore Tracker

Taman Benyamin Sueb, Upaya DKI Lahirkan Seniman Betawi Era Modern

Kini peninggalan Bang Ben disimpan di dalam museum

Jakarta, IDN Times – Siapa yang tidak mengenal sosok legendaris budayawan Betawi, Benyamin Sueb? Meski sudah almarhum, Bang Ben, sapaan akrabnya, kesenian Betawi selalu dikenang masyarakat Jakarta. Sebagai bentuk apresiasi karya Bang Ben, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mengangkat cagar budaya Taman Benyamin Sueb di kawasan Jatinegara, Jakarta Timur.

Taman tersebut telah diresmikan sebagai Taman Benyamin Sueb oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, pada 22 September 2018 dan dahulu adalah bekas bangunan Kodim 05/05.

“Kita ingin agar Budaya Betawi ada sebuah tempat di mana kita bisa merujuk, dan kita beruntung karena ada seorang budayawan besar legendaris, namanya Benyamin Sueb, dan di situ ada banyak sekali peninggalan beliau, replika-replika yang selama ini dirawat oleh keluarga dan dijaga,” kata Anies, Minggu (23/9/2018).

1. Revitalisasi Taman Benyamin Sueb

Taman Benyamin Sueb, Upaya DKI Lahirkan Seniman Betawi Era Modernkoran-jakarta.com

Beberapa bagian kawasan Taman Benyamin Sueb tengah dilakukan revitalisasi oleh Pemprov DKI Jakarta. Sebab, terdapat bagian bangunan yang rusak dan perlu dilakukan peremajaan kembali.

"Kita akan melakukan revitalisasi dulu di sana, karena itu kan gedung cagar budaya ya, jadi butuh perawatan dulu," ujar Kepala Bidang Seni Budaya Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Gumilar Ekalaya.

2. Taman Benyamin Sueb adalah ruang melahirkan Benyamin Sueb baru di masa kini

Taman Benyamin Sueb, Upaya DKI Lahirkan Seniman Betawi Era ModernIDN Times/Humas Pemprov DKI Jakarta

Karya budayawan Betawi masa lampau tidak sekadar menjadi tontonan semata-mata, melainkan Taman Benyamin Sueb diharapkan menjadi tempat lahirnya Benyamin Sueb baru di masa kini.

“Jadi, kita berharap Museum dan Taman Benyamin Sueb ini jadi tempat belajar, menjadi milik semua orang, tidak boleh milik hanya sekelompok orang. Kegiatan kebudayaan giat hadir di sini. Sehingga kita buat museum ini bukan tempat tentang masa lalu, tapi tempat masa kini dan masa depan,” ungkap Anies.

“Kita berharap dari sini, akan muncul lebih banyak lagi seniman Betawi. Tidak hanya di tuan rumah Jakarta, tapi juga di seluruh tempat di seluruh dunia,” tambahnya.

3. Mimpi Benyamin Sueb sejak dahulu akhirnya terwujud memiliki museum sendiri

Taman Benyamin Sueb, Upaya DKI Lahirkan Seniman Betawi Era ModernIDN Times/Humas Pemprov DKI Jakarta

Saat ditemui, putera keempat Benyamin, Beno Rahmat, mengatakan bahwa adanya museum ini, pihak keluarga menyerahkan barang koleksi Benyamin ke pemerintah daerah.

“Barang yang dihibahkan antara lain berupa kostum, baju pentas, sepatu, jam tangan, lukisan, kaset, hingga piagam. Termasuk piagam penghargaan Bintang Budaya Parama Dharma diberikan oleh Presiden Indonesia keenam, Susilo Bambang Yudhoyono,” tutur Beno.

Singkat bercerita, Beno menyatakan bahwa Sang Ayah sejak dari dahulu berkeinginan membangun wadah kreativitas seni budaya Betawi.

"Angan-angan beliau akhirnya terwujud,” kata Beno sambil mengucap syukur.

Perlu diketahui, pembangunan Taman Benyamin Sueb merupakan Program Kegiatan Strategis Daerah Tahun 2017-2022 sesuai Surat Keputusan Gubernur DKI Jakarta Nomor 1042 tentang Daftar Kegiatan Strategis Daerah. Hadirnya Taman Benyamin Sueb, diharapkan dapat menjadi tempat menampilkan seni kontemporer dan menampung karya seni generasi milenial yang berbasis teknologi informasi budaya.

Topic:

  • Ester Ajeng

Berita Terkini Lainnya