Wagub Jabar Apresiasi Majelis Taklim di Desa Tanggulun Garut

Penyelenggaraan acara itu merupakan dukungan akan visi Jabar

Kabupaten Garut, IDN Times -- Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum mengapresiasi penyelenggaraan Majelis Taklim di Desa Tanggulun karena dinilai bentuk dukungan masyarakat untuk visi Jabar Juara Lahir dan Batin.

“Karena kegiatan ini mendukung program Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat, yaitu juara dalam bidang batin, khususnya peningkatan dalam bidang akidah, syariah, amaliah, dan harakah,” tutur Uu saat menghadiri pengajian atau Majelis Taklim peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1442 Hijriah di Desa Tanggulun, Kecamatan Kadungora, Kabupaten Garut, Sabtu (16/11).

1. Empat bidang batin sebagai visi Jabar Juara

Wagub Jabar Apresiasi Majelis Taklim di Desa Tanggulun GarutIDN Times/Pemprov Jabar

Lebih lanjut, Uu pun memaparkan keempat bidang batin yang ditujukan sebagai visi Jabar Juara. Pertama, juara dalam bidang akidah atau keimanannya. Kedua, juara dalam bidang syariah yang isinya adalah Ubudiat atau peribadahan, Munakahat atau perkawinan, Muamalat atau niaga, dan Jinayat atau pemerintahan.

Ketiga, juara dalam bidang batin ialah juara Amaliahnya, amaliah Ahlusunah Waljamaah, yaitu golongan atau masyarakat yang mengikuti semua ajaran atau apa yang dilakukan Rasulullah Muhammad SAW dan para sahabatnya. 

Uu mengatakan, keempat ialah juara dalam bidang Harakah. Harakah di sini memiliki makna bergerak atau berjuang untuk Islam.

2. Inti dari acara Maulid Nabi Muhammad SAW

Wagub Jabar Apresiasi Majelis Taklim di Desa Tanggulun GarutIDN Times/Pemprov Jabar

Uu mengatakan, makna dari peringatan Maulid Nabi ialah sebagai upaya meningkatkan keimanan kepada Allah SWT dan menjadikan Rasulullah Muhammad SAW sebagai teladan bagi umat Islam.

“Inti dari acara Maulidan adalah mempertebal keimanan, meyakinkan tentang keesaan Allah, dan berusaha menjadikan Rasulullah SAW sebagai suri teladan,” kata Uu.

Topik:

  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya