Bubos 2019 Membuktikan Kerukunan Adalah Wajah Jawa Barat

12 ribu orang ramaikan acara ini, termasuk lintas agama

Bandung, IDN Times – Buka Bersama on the Street (Bubos) 2019 yang digagas Pemerintah Daerah Provinsi (Pemdaprov) Jawa Barat beserta Jabar Bergerak, Tim Penggerak PKK Jawa Barat, dan sederet sponsor, termasuk Original Rekor Indonesia (ORI) sebagai kegiatan Tadarus dan Buka Puasa Bersama dengan peserta terbanyak melalui video conference.

Menurut Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Bubos 2019 merupakan program yang mencuatkan nilai-nilai kebersamaan sekaligus memuliakan bulan suci Ramadan. Emil –sapaan akrab Ridwa Kamil—menilai bahwa Bubos 2019 menampakkan wajah bangsa Indonesia yang sesungguhnya. 

“Inilah wajah Indonesia yang sebenarnya. Kita melaksanakan buka bersama serentak di 27 Kota/Kabupaten, kemudian tadarus serentak juga mendapatkan rekor ORI juga,” ucapnya di area Gedung Sate, Kota Bandung, Sabtu (25/5/2019). 

1. Dari komunitas lintas agama saja ikut serta meriahkan acara Bubos 2019

Bubos 2019 Membuktikan Kerukunan Adalah Wajah Jawa BaratIDN Times/Humas Jabar

Apa yang diucapkan Emil bukan tanpa dasar. Acara tersebut turut dimeriahkan oleh masyarakat non-muslim. Terdapat beberapa komunitas lintas agama yang ikut  menyukseskan Bubos 2019. Hal tersebut menunjukkan bahwa kerukunan adalah wajah Jawa Barat.

“Kegiatan ini tidak hanya diikuti oleh umat Islam tapi juga umat beragama lainnya yang merasakan pentingnya kerukunan, merasakan ikut berbahagia umat Islam melaksanakan kegiatan buka puasa bersama,” katanya.

2. Pinta Kang Emil, nikmat berbangsa dan bernegara di Jawa Barat bisa terus dijaga

Bubos 2019 Membuktikan Kerukunan Adalah Wajah Jawa BaratIDN Times/Humas Jabar

Emil pun berharap hal tersebut menjadi spirit dari Pemdaprov Jawa Barat yang gemanya terdengar sampai ke seluruh daerah Indonesia. Dengan begitu, kata dia, nikmat berbangsa dan bernegara di Jawa Barat bisa terus dijaga.

“Mudah-mudahan spirit hari ini dari Provinsi Jawa Barat resonansi (gema atau gaung) bisa sampai ke seluruh Indonesia. Dan kita jaga nikmat Allah, nikmat ukhuwah islamiyah, ukhuwah wathoniah, dan ukhuwah insaniah kita,” ucapnya.

3. Tema yang diangkat "Memuliakan Al Quran, Memperkuat Ukhuwah, dan Menghadirkan Cinta”

Bubos 2019 Membuktikan Kerukunan Adalah Wajah Jawa BaratIDN Times/Humas Jabar

Bubos 2019 menghadirkan siraman rohani tentang Hikmah Nuzulul Quran yang disampaikan oleh Ustaz Aam Amirudin. Kemudian, dilanjutkan dengan Buka Puasa Bersama serentak. Dihadiri oleh sekitar 12 ribu orang terdiri dari Aparatur Sipil Negara (ASN) dari 50 OPD provinsi, kaum dhuafa, lansia, komunitas, dan masyarakat umum, serta unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Jabar, termasuk para kepala daerah serta warga Jabar dari 27 Kabupaten/Kota ikut serta dalam Bubos 2019. 

4. Bersamaan Bubos 2019, Pemdaprov Jawa Barat menandatangani nota kesepakatan dengan GOJEK dan GO-PAY

Bubos 2019 Membuktikan Kerukunan Adalah Wajah Jawa BaratIDN Times/Humas Jabar

Tujuan dari kerjasama tersebut adalah penguatan para pelaku sektor informal dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) via inovasi teknologi dan kolaborasi dengan GOJEK dan GO-PAY.

Topik:

  • Ajeng

Berita Terkini Lainnya