Comscore Tracker

Warga Kepulauan Seribu Kini Bisa Nikmati Harga Pangan dengan Murah

JakGrosir, pusat perkulakan pertama di Kepulauan Seribu

Jakarta, IDN Times - Dua tahun kepemimpinan Gubernur Anies Baswedan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta tetap berkomitmen menciptakan pangan murah untuk warga Jakarta. Hal itu karena kebutuhan pangan dengan harga yang terjangkau menjadi salah satu hal utama untuk mewujudkan Jakarta Berketahanan Pangan. 

Salah satu cara untuk mewujudkan hal itu adalah Pemprov DKI Jakarta memastikan stabilitas harga pangan dan mengalokasikan anggaran lebih dari Rp1 triliun per tahun untuk subsidi bahan pangan. Sehingga harga lebih murah serta dapat dijangkau seluruh warga Jakarta, khususnya warga yang tidak mampu.

Pangan Murah tidak hanya untuk warga Jakarta yang tinggal di tengah kota saja, tetapi juga bagi warga yang berada hingga di Kepulauan Seribu.

Salah satunya diwujudkan saat Pemprov DKI untuk pertama kalinya meresmikan JakGrosir pada 22 September 2019, di Kepulauan Seribu, tepatnya di Pulau Tidung Kecil. Harga kebutuhan pokok, terutama bahan pangan di Kepulauan Seribu, saat ini masih cukup tinggi jika dibandingkan dengan harga yang ada di daratan Jakarta. 

“Dengan adanya JakGrosir, kini masyarakat Kepulauan Seribu dapat berbelanja kebutuhan pangan dengan harga yang terjangkau,” ujar Anies.

JakGrosir sejalan dengan program Pemprov DKI Jakarta untuk menekan harga pangan. Lebih rendahnya harga suplai barang yang diterima pedagang diharapkan diikuti dengan harga yang lebih murah dan stabil di tingkat konsumen. 

“Hal ini akan mendukung terkendalinya inflasi di Ibu Kota,” tutur Anies.

Melalui JakGrosir, pedagang bisa mendapatkan barang dengan harga yang murah dan bersaing. Inilah yang Pemprov DKI Jakarta kendalikan bagaimana harga di warga itu bisa dikontrol sehingga masyarakat di pulau bisa terjaga daya belinya.

Dengan beroperasinya JakGrosir di Pulau Tidung Kecil, nantinya kebutuhan pangan murah untuk pulau-pulau yang ada di seluruh Kepulauan Seribu juga disalurkan dari sana. Ke depan, JakGrosir diharapkan dapat hadir di wilayah atau pulau lainnya di Kepulauan Seribu.

Topic:

  • Marwan Fitranansya

Berita Terkini Lainnya