Bom Bunuh Diri Guncang Pusat Ibukota Baghdad, 38 Orang Tewas

Ini adalah serangan besar pertama sejak Irak mengumumkan kemenangan atas ISIS bulan Desember lalu

Sedikitnya 38 orang tewas dalam dua ledakan bom bunuh diri di pusat kota Baghdad pada hari Senin (15/1/2018) pagi waktu setempat. Hal tersebut diumumkan oleh pejabat Kementerian Kesehatan Irak di halaman Facebook-nya.

Dilansir oleh Reuters, pelaku menyerang pada jam-jam sibuk di Lapangan Tayran, sebuah daerah pertokoan dan biasa dipenuhi para buruh yang sedang mencari pekerjaan. Ledakan tersebut juga melukai sedikitnya 105 orang.

Pelaku diduga berjumlah dua orang dan, menurut saksi mata, keduanya meledakkan rompi yang berisi bahan peledak di tengah-tengah kerumuman pencari kerja.

1. Situasi Lapangan Tayran beberapa saat setelah bom meledak

Bom Bunuh Diri Guncang Pusat Ibukota Baghdad, 38 Orang TewasReuters.com

Ambulans langsung bergegas ke tempat kejadian saat pasukan keamanan berusaha mengamankan daerah tersebut. Puing-puing bangunan, trotoar dan potongan tubuh korban dilaporkan berserakan di lokasi penyerangan. Foto-foto yang diunggah di media sosial juga menunjukkan mayat yang terserak.

Hingga saat ini, belum ada kelompok mana pun yang langsung mengaku bertanggung jawab atas serangan tersebut. Namun, dilaporkan oleh The Guardian, banyak pihak menduga serangan teror ini dilancarkan oleh militan ISIS yang telah mengklaim banyak serangan keji serupa selama beberapa tahun terakhir.

Irak sendiri telah mengumumkan kemenangan atas kelompok militan garis keras ISIS pada bulan Desember lalu setelah mereka sempat menguasai hampir sepertiga dari wilayah negara tersebut saat dibentuk tiga tahun lalu.

2. Beberapa petugas membersihkan lokasi ledakan dari serpihan dan puing-puing

Bom Bunuh Diri Guncang Pusat Ibukota Baghdad, 38 Orang Tewasseattletimes.com

Saat masih eksis, ISIS melakukan berbagai serangan dan pemboman di berbagai wilayah Irak untuk menciptakan rasa takut dan membenturkan masyarakat Irak yang selama ini erat dengan pertikaian antar faksi namun dalam skala kecil.

Ledakan yang terjadi pada Senin pagi sebenarnya mengejutkan warga Baghdad karena setelah militan ISIS berhasil dipukul mundur oleh militer Irak, jumlah serangan besar yang terjadi di seluruh Irak (termasuk wilayah yang pernah dikuasai ISIS) berkurang secara drastis.

3. Petugas sedang mengamankan lokasi ledakan. Serangan ini jadi yang pertama sejak Irak mengumumkan kemenangan atas ISIS pada bulan Desember lalu

Bom Bunuh Diri Guncang Pusat Ibukota Baghdad, 38 Orang Tewassputniknews.com

Pejabat Irak dan AS sebenarnya sudah memperingatkan bahwa ISIS akan melanjutkan serangan gerilya di berbagai tempat bahkan setelah pasukan militer gabungan pimpinan Irak berhasil mengusir kelompok tersebut di seluruh negeri.

Kemenangan Irak atas ISIS sendiri harus ditebus dengan mahal sebab selama sebagian besar wilayah utara dan barat Irak, yang pernah menjadi basis kelompok bentukan Abu Bakar al-Baghdadi itu, mengalami kerusakan berat. Dibutuhkan biaya milyaran dollar untuk memulihkannya kembali.

Achmad Hidayat Alsair Photo Verified Writer Achmad Hidayat Alsair

Separuh penulis, separuh orang-orangan sawah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya