Diberi Nama Archie Harrison, Meghan-Harry Kenalkan Anak ke Publik

Selamat atas kelahiran anak pertamanya, ya!

London, IDN Times - Lelah, namun berseri-seri. Itulah wajah yang ditampakkan pasangan suami-istri Kerajaan Inggris yakni Pangeran Harry dan Meghan Markle saat memperkenalkan anak pertamanya di hadapan awak media yang datang ke Kastil Windsor, London barat. Bayi laki-laki yang lahir pada hari Senin (6/5/2019) pagi kemarin itu diberi nama Archie Harrison Mountbatten-Windsor.

Nyaris setahun lewat setelah upacara pernikahan mereka, Duke dan Duchess of Sussex ini akhirnya dikaruniai buah hati. Saat pertama kali diperlihatkan kepada kamera wartawan, si kecil Archie yang baru berusia dua hari tertidur pulas di dalam dekapan sang ibu. "Dia benar-benar tenang," ujar Meghan seperti dikutip dari laman kantor berita Reuters.

1. Pangeran Harry dan Meghan Markle amat berseri-seri menyambut kelahiran sang anak pertama

Diberi Nama Archie Harrison, Meghan-Harry Kenalkan Anak ke PublikDominic Lipinski/Pool via AFP

Harry dan Meghan rupanya tidak memilih gelar bangsawan untuk putra mereka. Meski bukan seorang pangeran, Archie tetap punya keistimewaan mendapat gelar 'Lord' sebelum nama depannya.

Adapun nama keluarga yakni Mountbatten-Windsor memang digunakan oleh beberapa anggota keluarga kerajaan, agar publik bisa mengenali silsilah Ratu Elizabeth II dan suaminya, Pangeran Philip.

Yang menarik, tak seperti lazimnya banyak bangsawan senior, Archie hanya punya satu nama tengah. Padahal nama lengkap sang ayah, Pangeran Harry, adalah Henry Charles Albert David.

Lebih jauh, pasangan yang sedang berbahagia ini itu tidak mengungkapkan secara rinci pemilihan nama Archie dan Harrison. Namun, Harrison yang berarti 'putra dari Harry' mungkin merupakan petunjuk.

Baca Juga: Telah Melahirkan, 10 Fakta Kehamilan Meghan Markle

2. Archie sudah diperkenalkan kepada Ratu Elizabeth serta Pangeran Philip

Diberi Nama Archie Harrison, Meghan-Harry Kenalkan Anak ke PublikDUKE AND DUCHESS OF SUSSEX/AFP/CHRIS ALLERTON/SUSSEXROYAL

Kebahagiaan Harry-Meghan turut dirasakan rakyat Inggris. Apalagi antusiasme bertambah sejak kelahiran Archie yang memiliki berat 3,26 kilogram diumumkan melalui pesan singkat sederhana di akun media sosial mereka.

Margaret Tyler, salah satu dari ratusan warga yang memadati pintu gerbang Kastil Windsor mengatakan kepada AFP jika Harry tampak benar-benar sumringah. "Archie terlihat sangat menggemaskan, dia seperti boneka kecil, bukan? Orang tuanya pasti bangga."

Sang kakek buyut sekaligus suami Ratu Elizabeth, Pangeran Philip, Duke of Edinburgh, amat beruntung karena lebih dulu bertemu sang cicit di hari yang sama. "Kami baru saja bertemu Duke ketika kami berjalan, sangat bagus," lanjut Meghan. "Memperkenalkan bayi ini ke anggota keluarga kerajaan yang lain akan menjadi momen yang menyenangkan."

3. Harry-Meghan kompak merahasiakan alasan penamaan sang bayi

Diberi Nama Archie Harrison, Meghan-Harry Kenalkan Anak ke PublikDominic Lipinski/Pool via AFP

Pangeran William, kakak laki-laki Harry yang sudah lebih dahulu berkeluarga, pada hari Selasa (7/5/2019) turut bergembira kelahiran Archie. Dengan nada bercanda, dia mengaku siap menyambut sang adik ke dalam "kelompok masyarakat kurang tidur lantaran mengasuh anak".

Di dalam negeri, rakyat Inggris rupanya mengharapkan nama khas kerajaan yang lebih tradisional untuk putra Harry-Meghan. Beberapa bandar taruhan mengunggulkan nama Alexander, Arthur dan James.

Archie, berasal dari bahasa Jerman memiliki makna 'sungguh-sungguh', 'tangguh' dan 'pemberani'. Menurut Kantor Statistik Nasional Inggris, Archie adalah nama bayi yang populer. Pada tahun 2017, nama tersebut bahkan masuk dalam daftar 20 nama yang paling sering digunakan.

Baca Juga: Arti Nama Anak Pertama Prince Harry dan Meghan Markle

Achmad Hidayat Alsair Photo Verified Writer Achmad Hidayat Alsair

Separuh penulis, separuh orang-orangan sawah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya