Ketika Tembok Perbatasan AS-Meksiko Menjadi Tempat Piknik

Piknik sekaligus protes bagi kebijakan pemerintahan Donald Trump.

Selama kampanye pilpresnya, Donald Trump menyatakan bahwa jika terpilih, dia akan membangun tembok perbatasan di daerah selatan dan memaksa Meksiko untuk membayarnya.

Sejak di Gedung Putih, dia belum bisa menentukan dinding macam apa yang ingin dia bangun. Tapi bukan berarti tidak ada pembatas di daerah tersebut. Dan seorang seniman memanfaatkannya sebagai instalasi seni.

Pada hari Jumat (13/10) lalu, seorang seniman jalanan asal Prancis, JR, membuat sebuah meja piknik yang membentang di kedua sisi dinding perbatasan pembelah kota kecil Tecate.

Meja berukuran raksasa itu bergambar dua mata yang sedang menatap ke langit dengan orang Amerika dan Meksiko di kedua sisinya melakukan piknik bersama-sama.

Ini dia penampakan instalasi seni yang dinamakan "The Great Picnic".

https://www.youtube.com/embed/6mD8k7nawSI

Selain meja makan, JR juga mendirikan sebuah gambar raksasa yang menampilkan seorang anak sedang "memegang" dinding perbatasan dari sisi Meksiko.

Gambar yang melengkapi instalasi seni "The Great Picnic" bersama sang seniman, JR.

Ketika Tembok Perbatasan AS-Meksiko Menjadi Tempat PiknikTime.com

Gambar raksasa tersebut berupa foto Kikito, seorang bocah Meksiko berumur 1 tahun.

Dikutip dari CNN, JR mengatakan bahwa instalasi seni ini bermakna: "Orang makan makanan yang sama, berbagi air yang sama, menikmati musik yang sama (ada band di tiap sisi meja) di sekitar mata seorang pemimpi."

Time.com melaporkan bahwa JR pada awalnya sempat yakin bahwa "acara piknik" itu akan segera dibubarkan oleh petugas perbatasan kedua negara. Namun hal yang sebaliknya terjadi. Para penjaga perbatasan malah ikut serta berpiknik dan saling berbagi minuman dengan warga.

Bulan lalu, Donald Trump menghentikan kebijakan milik mantan presiden Barack Obama yang memungkinkan beberapa imigran anak-anak untuk tinggal di Amerika jika memenuhi syarat untuk bekerja serta bebas dari deportasi.

Ini harus diperbaharui setiap dua tahun, tapi Trump sekarang menuntut Kongres membubarkannya dalam enam bulan ke depan dan menemukan alternatif yang lebih sulit.

JR sendiri dikenal sebagai seniman jalanan yang acapkali menciptakan instalasi seni berukuran raksasa.

Achmad Hidayat Alsair Photo Verified Writer Achmad Hidayat Alsair

Separuh penulis, separuh orang-orangan sawah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya