Comscore Tracker

Kolega Dekat Presiden Jacob Zuma Ditangkap Atas Tuduhan KKN

Satu per satu kasus korupsi Zuma mulai terkuak...

Johannesburg, IDN Times - Anggota inti keluarga Gupta dikabarkan telah ditangkap oleh pihak berwenang dalam sebuah penyergapan di kediaman mewah mereka yang terletak di kota Johannesburg, Afrika Selatan.

Tim elit kepolisian Afrika Selatan menggerebek rumah keluarga pengusaha kontroversial yang dituduh punya “hubungan korup” dengan Jacob Zuma pada Rabu (14/2/2018) pagi waktu setempat.

Hangwani Mulaudzi, juru bicara unit elit kepolisian yang dikenal dengan Hawks, mengatakan bahwa penggerebekan tersebut adalah bagian dari penyelidikan atas dugaan kasus KKN demi mendapat pengaruh dalam tubuh pemerintahan Afrika Selatan.

1. Dua anggota inti keluarga Gupta, Ajay dan Atul. Atul Gupta bahkan menempati peringkat tujuh daftar orang-orang terkaya Afrika Selatan pada tahun 2016

Kolega Dekat Presiden Jacob Zuma Ditangkap Atas Tuduhan KKNtownpress.co.za

"Kami melakukan menyelidiki kasusu ini dengan sangat serius. Kami tidak bermain-main dalam upaya memastikan bahwa mereka bertanggung jawab atas perbuatan korup yang memanfaatkan kekuatan finansial besar milik mereka," kata Mulaudzi seperti dikutip oleh The Guardian.

Keluarga Gupta yang berasal dari India bergerak di bisnis peralatan komputer, media dan pertambangan. Mereka dituduh memanfaatkan persahabatan dengan Presiden Jacob Zuma untuk mendapat pengaruh politik demi kepentingan bisnis mereka.

Dilansir oleh BBC, mereka diisukan memengaruhi penunjukan menteri, mengamankan kontrak bernilai jutaan dolar AS dari pemerintah, serta mengakses informasi rahasia pemerintah menggunakan hubungan dengan Zuma. Kedua pihak telah berkali-kali membantah perkara “main mata” tersebut.

2. Keluarga Gupta diduga memanfaatkan relasi dengan Presiden Afrika Selatan, Jacob Zuma untuk mendapat keuntungan

Kolega Dekat Presiden Jacob Zuma Ditangkap Atas Tuduhan KKNThe Daily Vox

Turut beredar laporan yang belum dikonfirmasi, bahwa satu dari dua bersaudara yang menjalankan bisnis keluarga Gupta telah diamankan oleh petugas keamanan. Pihak kepolisian Afrika Selatan pun belum memberi rincian apa saja yang mereka dapatkan dari penggerebekan tersebut.

Presiden Jacob Zuma tengah berada di bawah tekanan agar segera mengundurkan diri. Satu penyebabnya adalah mencuatnya kasus KKN yang melibatkan Zuma.

Dia diharapkan segera menanggapi permintaan formal dari partainya, African National Congress (ANC), agar segera mundur secara sukarela atau dimakzulkan oleh parlemen.

3. Bagi masyarakat Afrika Selatan, hubungan Zuma dan keluarga Gupta adalah hubungan korupn yang sepatutnya mendapat hukuman berat

Kolega Dekat Presiden Jacob Zuma Ditangkap Atas Tuduhan KKNBBC

Zuma sudah dilengserkan dari posisi pemimpin partai pada bulan Desember 2017 oleh wakilnya sendiri, Cyril Ramaphosa. Namun sejauh ini dia tetap menolak untuk mengundurkan diri dari posisi presiden.

Seorang penjabat inti pemerintahan Afrika Selatan mengatakan bahwa Zuma bersedia mundur dalam tiga sampai enam bulan ke depan. Namun para petinggi partai ingin agar dia segera mundur secepat-cepatnya.

Achmad Hidayat Alsair Photo Community Writer Achmad Hidayat Alsair

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Community IDN Times

Topic:

  • Irma Yudistirani

Just For You