Pemerintah Venezuela Tuduh AS Jadi Dalang Sabotase Fasilitas Listrik

Tuduhan juga menyasar Juan Guaido selaku pemimpin oposisi

Caracas, IDN Times – Genap enam hari pasca padam listrik massal, pemerintah Venezuela malah sibuk mencari kambing hitam. Dilansir oleh Reuters, Presiden Nicolas Maduro menyebut Amerika Serikat sebagai dalang utama krisis energi terparah dalam 20 tahun terakhir. Tuduhan tersebut diutarakannya dalam konferensi pers di Istana Kepresidenan Miraflores pada Senin (11/3) malam waktu setempat.

"Donald Trump adalah orang yang paling bertanggung jawab di balik serangan siber yang menyasar sistem kelistrikan Venezuela. Teknologi mutakhir seperti ini jelas hanya dimiliki oleh pemerintah Amerika Serikat," paparnya di balik podium. Sayang tuduhan tersebut tidak disertai bukti kuat, kecuali selembar foto yang disebut sebagai salah satu fasilitas pembangkit listrik yang terbakar akibat serangan. 

1. Melalui pidato nasional pada Senin (11/3), Presiden Nicolas Maduro menuduh AS sebagai aktor utama krisis energi terparah Venezuela

Pemerintah Venezuela Tuduh AS Jadi Dalang Sabotase Fasilitas ListrikThe Guardian/Reuters

Tuduhan serius diikuti ultimatum yang meminta seluruh diplomat AS di Venezuela untuk segera angkat kaki dalam waktu 72 jam.

"Kehadiran para pejabat ini di tanah Venezuela adalah sebuah ancaman bagi perdamaian, persatuan dan stabilitas negara," ujar Menteri Luar Negeri Jorge Arreaze pada Selasa (12/3) kemarin. Dengan ini, proses pembicaraan masa depan demokrasi yang libatkan kedua negara dipastikan macet.

Sebagai balasan atas pengusiran, Donald Trump telah mempertimbangkan sanksi ekonomi untuk yang kesekian kali. Elliott Abrams, utusan khusus AS untuk Venezuela, kepada BBC menyebut langkah ini akan berdampak signifikan. Menteri Luar Negeri AS, Mike Pompeo, melalui cuitan di Twitter, berpendapat jika langkah tersebut adalah pertanda nyata jika krisis di negeri petrol tersebut kian berlipat ganda.

Baca Juga: Venezuela Alami Padam Listrik Terparah Dalam 20 Tahun Terakhir

2. Nama Juan Guaido, presiden transisi, turut terseret dalam tuduhan sabotase

Pemerintah Venezuela Tuduh AS Jadi Dalang Sabotase Fasilitas ListrikFrance 24/Federico Parra/AFP

Tak hanya AS, Juan Guaido pun terseret dalam tuduhan sabotase. Kepala kejaksaan tinggi Venezuela, Tarek Saab, juga di hari Selasa, telah meminta para penegak hukum untuk menyelidiki keterlibatan si pemimpin oposisi dalam aktivitas yang membahayakan "stabilitas negara". Dikutip dari The Guardian, pesan anti-pemerintah Guaido juga disebut menghasut orang untuk merampok dan menjarah makanan, dua tindak kriminal yang meroket sejak padam listrik melanda pada Kamis pekan lalu.

Para pengamat dan pihak di kubu seberang pemerintah percaya jika pemadaman nasional adalah puncak dari segala karma untuk rezim Maduro.

"Kami berada di tengah-tengah bencana yang tak disebabkan oleh badai atau tsunami. Ini adalah hasil dari salah urus, nihil kompetensi, hingga korupsi rezim yang tidak peduli dengan kehidupan rakyat Venezuela," pungkas Guaido saat diwawancarai CNN pada hari Minggu (10/3/2019).

3. Padam listrik selama nyaris sepekan kini berimbas pada krisis air

Pemerintah Venezuela Tuduh AS Jadi Dalang Sabotase Fasilitas ListrikReuters/Carlos Garcia Rawlins

Enam hari pemadaman mulai berdampak pada kehidupan warga Venezuela. Di sejumlah sudut ibu kota Caracas, terlihat atrian panjang penduduk dengan ember dan jeriken sepanjang puluhan meter selokan demi mencari air. Mereka terpaksa memenuhi aktivitas MCK, dengan resiko berurusan dengan limbah atau kotoran manusia, pasca matinya mesin pompa selama nyaris sepekan.

Sejumlah truk air kini menganggur karena persediaan air yang dikelola negara kian menipis. Di utara Caracas, yang berbatasan langsung dengan taman nasional El Avila, ratusan orang berbaris untuk mengambil air yang berasal dari puncak tebing Sabas Nievas. Kekurangan air turut berimbas pada aktivitas seluruh rumah sakit. Berdasarkan info dari oposisi, sudah ada 21 orang yang tewas sejak krisis energi nasional terjadi.

Baca Juga: Padam Listrik Tak Surutkan Demonstrasi Dua Kubu Politik Venezuela

Achmad Hidayat Alsair Photo Verified Writer Achmad Hidayat Alsair

Separuh penulis, separuh orang-orangan sawah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya