Comscore Tracker

Serangan Udara Israel di Jalur Gaza Tewaskan Pemimpin Milisi Palestina

Rudal turut dilepas ke ibu kota Suriah, yakni Damaskus

Yerusalem, IDN Times - Ketegangan kembali meliputi hubungan Palestina-Israel. AFP memberitakan bahwa serangan rudal Israel ke Jalur Gaza pada hari Selasa (12/11) dini hari waktu setempat, menewaskan Baha Abu al-Atta, 42 tahun, salah satu komandan kelompok milisi Palestinian Islamic Jihad (PIJ) yang didukung oleh Iran.

Dalam waktu bersamaan, serangan Israel juga menyasar salah satu pemimpin PIJ yang tinggal di Damaskus, ibu kota Suriah. Para gerilyawan Palestina kemudian merespons dengan menembakkan roket ke kota-kota Israel terdekat.

Sirene dibunyikan di beberapa kota-kota Israel tengah, termasuk Tel Aviv, berselang beberapa jam setelah serangan ke Gaza. Militer Israel memerintahkan sekolah-sekolah di selatan dan tengah Israel untuk ditutup sementara dan warga sipil untuk tetap tinggal di rumah.

1. Serangan udara Israel ke Jalur Gaza menewaskan figur pemimpin milisi PIJ, Baha Abu al-Atta

Serangan Udara Israel di Jalur Gaza Tewaskan Pemimpin Milisi PalestinaAFP/Stringer

Dikutip dari Al Jazeera, militer Israel mengatakan bahwa serangan ini atas perintah Perdana Menteri Benjamin Netanyahu. Al-Atta, yang juga memimpin milisi Al-Quds Brigades, dituding menjadi otak dari sejumlah serangan roket, drone, dan aksi penembakan.

"Abu Al-Atta bertanggung jawab atas sebagian besar aktivitas PIJ di Jalur Gaza dan menjadi bom yang berdetak," demikian bunyi pernyataan itu, yang juga menuduh Al-Atta tengah merencanakan "serangan teror melalui berbagai cara".

Sementara itu, PIJ mengonfirmasi kematian Al-Atta akibat "aksi jihadis nan heroik". "Pembalasan kita yang tak terhindarkan akan mengguncang orang-orang Zionis," ujar pernyataan tersebut. Lebih jauh, PIJ mengatakan serangan rudal ke salah satu gedung Distrik Shejaia, Gaza, turut merenggut nyawa istri Al-Atta dan melukai dua orang.

Baca Juga: Israel Tembaki Sekelompok Orang Palestina Bersenjata di Jalur Gaza

2. Rudal Israel turut menyasar pemimpin milisi PIJ lainnya yang tinggal di Damaskus, Suriah

Serangan Udara Israel di Jalur Gaza Tewaskan Pemimpin Milisi PalestinaAFP/Bashar Taleb

Sementara itu, Associated Press melaporkan bahwa rudal Israel juga menghantam bagian barat kota Damaskus. Turut dilaporkan bahwa sebuah bangunan dua lantai rusak parah akibat serangan pada pukul 4 dini hari waktu setempat.

Kantor berita pemerintah Suriah, SANA, melansir ada enam orang terluka. Pesawat tempur Israel melepaskan tiga rudal menuju kediaman komandan PIJ lainnya, Akram al-Ajouri, di distrik Mezzah yang menjadi lokasi beberapa bangunan kedutaan besar.

Seorang pejabat Suriah menyebut Akram al-Ajouri selamat dari serangan tanpa cedera. Namun rudal Israel menewaskan satu putra dan seorang cucunya. Militer Israel belum mau memberi komentar tentang hasil serangan di Damaskus.

Terbunuhnya Baha Abu Al-Atta diperkirakan menjadi tantangan baru bagi usaha faksi Hamas yang berkuasa di Gaza dalam mempertahankan gencatan senjata dengan Israel pasca perang tahun 2014.

3. Kabinet Israel telah mengadakan pertemuan darurat untuk membahas tindakan pasca serangan

Serangan Udara Israel di Jalur Gaza Tewaskan Pemimpin Milisi PalestinaAP Photo/Khalil Hamra

Upaya Israel meningkatkan ketegangan dengan Palestina disinyalir sebagai bagian untuk melawan pengaruh Iran di Timur Tengah. PM Benjamin Netanyahu berkali-kali meyakinkan publik dan partai-partai politik atas skenario tersebut. Namun, usahanya membentuk pemerintahan koalisi pasca Pemilu 17 September silam acapkali berakhir buntu.

Pemerintahan Netanyahu juga tengah panen kritik dari penduduk perbatasan Israel-Palestina dan rival-rival politik lantaran sikap 'kalem' terhadap serangan milisi baru-baru ini. Tepat awal pekan ini, Netanyahu telah menunjuk politisi sayap kanan Naftali Bennett sebagai Menteri Pertahanan.

Bennett selama ini dikenal sebagai figur yang paling getol menganjurkan 'aksi yang lebih keras' terhadap kelompok-kelompok bersenjata Palestina di Gaza. Menurut kabar terbaru, Kabinet Keamanan Israel telah mengadakan pertemuan darurat untuk membahas tindakan lebih lanjut pasca serangan.

 

Baca Juga: Arkeolog Temukan Situs Masjid Berusia Lebih Dari 1200 Tahun di Israel 

Achmad Hidayat Alsair Photo Community Writer Achmad Hidayat Alsair

Separuh penulis, separuh mahasiswa tua, separuh orang-orangan sawah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You