Comscore Tracker

Sang Presiden! Ini Catatan Kejayaan George Weah Sebagai Pemain Bola

Mantan pemain terbaik dunia 1995

Mantan pemain bola sekaligus legenda hidup pemain AC Milan kini menjadi presiden Liberia. George Weah menjadi presiden setelah memenangi 12 dari 15 daerah pemilihan dari lawannya Joseph Boakai di negara Afrika Barat. George Weah sendiri akan menggantikan mantan presiden sebelumnya Ellen Johnson.

Tapi tahukah kalian semua, bahwa presiden Liberia sekarang merupakan legenda hidup pemain sepak bola. Bahkan dia juga meraih gelar pemain terbaik dunia. Tak hanya itu saja, gelar tersebut merupakan satu-satunya yang diperoleh oleh pemain dari daratan Afrika. Kalian mau tahu perjalanan karir Weah menjadi pemain sepak bola dunia. Simak Yuk!

1. Perjalanan Karir Sepak Bola George Weah

Sang Presiden! Ini Catatan Kejayaan George Weah Sebagai Pemain Boladw.com

Awal karir Weah membela klub lokal Liberia Invincible Eleven sebelum pindah ke klub asal Kamerun yaitu Tonnerre Yaounde, di pengujung tahun 1980-an. Dengan bakat yang luar biasa akhirnya George Weah direkomendasikan oleh Claude Le Roy ke tangan Arsene Wenger. 

Di bawah asuhan Arsene Wenger, Weah bermain untuk AS Monaco selama empat musim dan menyumbang satu trofi Piala Prancis di musim 1990/1991. Setelah itu, George Weah pindah ke Paris Saint-Germain (PSG). Bersama PSG dari musim 1992-1995, dia meraih titel Liga Prancis 1993/1994, Piala Prancis 1992/1993 dan 1994/1995 serta Piala Liga 1994/1995.

Melihat perkembangannya bersama klub-klub Perancis, AC Milan tertarik merekrut George Weah. Terbukti pada musim perdananya, Weah berhasil menghantarkan AC Milan menjuarai Liga Italia pada musim 1995/1996 dan menjadi juara lagi pada musim 1998/1999.

Meskipun hanya bermain lima musim bagi AC Milan.George Weah sudah dianggap sebagai legenda AC Milan berkat dedikasinya untuk I Rossoneri. Setelah mengahiri karir di AC Milan, Weah sempat bergabung dengan klub Chelsea, Manchester City, Olympique Marseille, dan mengahiri karir sebagai sepak bola saat terakhir membela klub asal UEA yaitu Al Jazira pada tahun 2003. 

2. Pemain Terbaik Dunia 1995

Sang Presiden! Ini Catatan Kejayaan George Weah Sebagai Pemain BolaThe42

Meskipun baru membela klub AC Milan pada musim perdananya, Geoge Weah berhasil menjadi pemain terbaik dunia FIFA dan Ballon d'Or pada tahun 1995 setelah mengantarkan AC Milan menjadi juara Liga Italia. Weah juga menyingkirkan duo pemain Jerman pada perebutan gelar pemain terbaik dunia FIFA dan Ballon d'Or yaitu  bintang Bayern Munich Jurgen Klinsman dan penyerang Ajax Amsterdam Jari Litmanen. 

3. Pencipta Gol Fantastik

https://www.youtube.com/embed/DDuZpma_Oxs

Pada 6 September 1996, George Weah berhasil menciptakan gol fantastik ke gawang Hellas Verona. Pasalnya dia menggiring bola sendirian dari belakang dan melewati tujuh pemain sebelum memasukkan bola ke gawang Hellas Verona. Bahkan media Italia menyebutkan gol itu adalah gol sihir.

Ahmad Edi Darmawan Photo Verified Writer Ahmad Edi Darmawan

Save climate change

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya