Emirates SkyCargo, Kargo Udara Pertama Mengangkut 50 Juta Dosis Vaksin

Emirates SkyCargo kirim vaksin ke lebih dari 50 destinasi

Jakarta, IDN Times - Pendistribusian vaksin saat ini menjadi hal yang sangat penting di seluruh dunia. Setiap negara melakukan pengangkutan berjuta-juta dosis vaksin untuk memulihkan pandemik di negaranya. Salah satu cara melakukan pendistribusian ini adalah dengan menggunakan pesawat kargo seperti yang dilakukan Emirates SkyCargo.

Sejak dimulainya pendistribusian vaksin secara Internasional tahun lalu, pesawat kargo yang berasal dari Dubai ini melakukan pengangkutan lebih dari 220 ton vaksin COVID-19, atau setara dengan lebih dari 50 juta dosis vaksin, di lebih dari 150 penerbangan dari lokasi produksi ke 50 tujuan dalam rutenya melalui Dubai. 

Sampai saat ini, Emirates SkyCargo telah mengangkut enam jenis vaksin COVID-19. Pengangkutan ini menjelang hari kesehatan dunia pada 7 April 2021.

Simak beberapa faktanya berikut ini.

1. Turut melakukan pengangkutan terkait kebutuhan penanganan COVID-19 lainnya

Emirates SkyCargo, Kargo Udara Pertama Mengangkut 50 Juta Dosis VaksinEmirates Airline (Twitter.com/emirates)

Selain mengangkut lebih dari 50 juta dosis vaksin, Emirates SkyCargo juga melakukan pengangkutan barang-barang lain yang penting di seluruh dunia. Termasuk barang-barang untuk mencegah dan memulihkan COVID-19. Barang-barang tersebut diantaranya, APD, peralatan medis, obat-obatan, dan makanan.

Emirates SkyCargo adalah salah satu yang pertama di dunia yang menggunakan pesawat penumpang khusus untuk penerbangan kargo yang mengirimkan barang-barang tersebut.

Baca Juga: Emirates Beri Tanggapan soal Warga Iran Terjangkit Virus Corona

2. Perjalanan Emirates SkyCargo sampai menjadi pemain global utama distribusi vaksin COVID-19

Emirates SkyCargo, Kargo Udara Pertama Mengangkut 50 Juta Dosis VaksinEmirates SkyCargo Vaccine (https://www.skycargo.com/media-centre)

Pada Oktober 2020 lalu, Emirates SkyCargo mendirikan bandar udara pengumpul (hub) sisi udara khusus bersertifikasi EU GDP untuk pendistribusian vaksin Covid-19 di hubnya di Dubai. Dengan adanya infrastruktur canggih dan kapasitas penyimpanan yang luas tersebut, pesawat kargo ini dapat menerbangkan vaksin COVID-19 dalam jumlah besar dari lokasi produksi sampai ke negara berkembang dengan memasoknya secara teratur.

Pada Januari 2021, Emirates SkyCargo bergabung dengan entitas terkemuka yang berbasis di Dubai, DP World, Kota Kemanusiaan Internasional, dan Bandara Dubai untuk membentuk Aliansi Logistik Vaksin Dubai yang memanfaatkan kekuatan strategis Dubai sebagai pusat distribusi global utama vaksin COVID-19. 

Sampai pada akhirnya, UNICEF memberikan kepercayaan dan meminta Emirates SkyCargo menandatangani MoU untuk menjadi pengangkut vaksin COVID-19 dalam skema COVAX Facility, atau pendistribusiannya secara adil dan menyeluruh di seluruh dunia.

3. Nabil Sultan mengaku bangga

Emirates SkyCargo, Kargo Udara Pertama Mengangkut 50 Juta Dosis VaksinNabil Sultan (https://www.linkedin.com/in/nabil-sultan-83760bb8/)

Nabil Sultan, Divisional Senior Vice President, Emirates SkyCargo mengaku bangga karena Emirates SkyCargo sangat bangga telah mencatat sejarah dengan pengiriman vaksin COVID-19 sebanyak 50 juta dosis tepat sebelum Hari Kesehatan Dunia.

"Sebagai pengangkut kargo udara global yang bertanggung jawab secara sosial, kami bertindak untuk membantu komunitas-komunitas di seluruh dunia selama setahun terakhir untuk pulih dari dampak pandemi yang menghancurkan, terutama di negara-negara berkembang," kata dia.

"Kami telah memimpin upaya industri kargo udara global dan bekerja sama dengan organisasi mitra kami di Dubai untuk mendistribusikan vaksin COVID-19 dengan cepat melalui Dubai ke seluruh dunia,” lanjutnya.

Baca Juga: Pesawatnya Sering Kecelakaan, Boeing Diminta Ini oleh Bos Emirates

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya