7 Fakta Penembakan Massal di Texas dan Ohio, Bikin Amerika Mencekam!

Kesekian kalinya kasus penembakan di AS

Ohio, IDN Times - Amerika Serikat tengah mencekam. Negara adidaya tersebut digemparkan dengan dua insiden penembakan massal yang terjadi secara beruntun pada akhir pekan ini, tepatnya pada Sabtu (3/8) dan Minggu (4/8). Masing-masing terjadi di El Paso, Texas dan di Dayton, Ohio dengan jarak antar insiden kurang dari 24 jam. 

Dilansir dari Reuters pada Senin (5/8) insiden yang terjadi di pusat kota Dayton, Ohio, menewaskan sembilan orang termasuk salah satunya merupakan saudara perempuan pelaku, serta 27 orang lainnya mengalami luka-luka. Sementara insiden yang terjadi di El Paso, Texas menewaskan sekitar 20 orang.

Berikut sejumlah fakta terkait dua insiden penembakan massal di AS, selama akhir pekan kemarin dilansir dari berbagai sumber.

1. Terjadi dalam kurun waktu 24 jam

7 Fakta Penembakan Massal di Texas dan Ohio, Bikin Amerika Mencekam!(Ilustrasi penembakan) IDN Times/Sukma Shakti

Amerika diguncang dua insiden penembakan massal di dua tempat dengan terpisah jarak hingga lebih dari 2.500 kilometer, dan terjadi dalam jangka waktu kurang dari 24 jam.
Serangan pertama terjadi di El Paso, Texas pada Sabtu (3/8) pagi pukul 10.39 waktu setempat. Sementara insiden penembakan di Dayton, Ohio, terjadi pada Minggu (4/8) dini hari sekitar pukul 01.00 waktu setempat.

2. Total korban tewas mencapai 29 Orang

7 Fakta Penembakan Massal di Texas dan Ohio, Bikin Amerika Mencekam!(Ilustrasi) IDN Times/Sukma Shakti

Insiden yang menggemparkan masyarakat Texas dan Ohio itu menimbulkan banyak korban jiwa. Penembakan yang terjadi di El Paso, Texas, menewaskan sekitar 20 orang dan melukai 26 orang lainnya. Sementara itu, dalam insiden yang terjadi di Dayton, Ohio, dilaporkan sebanyak sembilan orang tewas dan 27 lainnya mengalami luka-luka.

3. Identitas pelaku terungkap

7 Fakta Penembakan Massal di Texas dan Ohio, Bikin Amerika Mencekam!REUTERS via ANTARANEWS

Tak perlu waktu lama, pihak kepolisian kemudian berhasil mengidentifikasi pelaku di dua kasus penembakan massal di AS. Polisi mengidentifikasi pelaku penembakan di El Paso, Texas adalah seoarang anak muda bernama Patrick Crusius berusia 21 tahun, asal Allen, pinggiran kota Dallas. 

Pihak polisi menyebutkan Crusius bertindak cukup kooperatif terhadap polisi yang menahannya, sehingga tidak sampai terlibat baku tembak dengan para petugas.

Berbeda halnya dengan pelaku penembakan massal di Dayton, Ohio, yang diidentifikasi bernama Connor Betts, berusia 24 tahun. Dia terpaksa dilumpuhkan dengan timah panas oleh petugas dalam penangkapannya. Ia pun tewas karena tembakan petugas di lokasi kejadian penembakan massal, tak lama setelah melancarkan aksi tembakannya yang menewaskan sembilan orang.

4. Insiden terjadi di pusat perbelanjaan dan bar

7 Fakta Penembakan Massal di Texas dan Ohio, Bikin Amerika Mencekam!Twitter/@ericbradner

Penembakan massal di AS yang dilakukan oleh kedua pemuda pada akhir pekan kemarin, sama-sama terjadi di ruang publik yang banyak dikunjungi orang. Penembakan massal di El Paso, Texas, berlangsung di pusat perbelanjaan Walmart, yang dipenuhi para pengunjung. Sementara insiden di Dayton, Ohio, terjadi di sekitar luar sebuah bar bernama Ned Peppers, yang beralamat di E 5th Street, distrik Oregon.

5. Menggunakan senapan serbu jenis AK

7 Fakta Penembakan Massal di Texas dan Ohio, Bikin Amerika Mencekam!unsplash/Kenny Luo

Pelaku penembakan massal yang dilakukan di Walmart El Paso maupun di Dayton, Ohio, dilaporkan sama-sama menggunakan senapan serbu jenis AK, untuk melancarkan aksi kejamnya.

Berdasarkan rekaman kamera pengawas di Walmart El Paso, pelaku terlihat membawa senapan jenis AK-47 dan penutup telinga, serta kacamata menembak. Sementara senjata yang digunakan oleh pelaku dalam insiden di Ohio dikutip dari pernyataan Wali Kota Dayton, Nan Whaley, menyebutkan jika pelaku menggunakan senapan serbu jenis AK dengan kapasitas magasin besar dan pelaku mengenakan rompi pelindung.

Baca Juga: Penembakan di Virginia Beach: Setidaknya 11 Orang Dilaporkan Tewas

6. Paus kutuk kekerasan bersenjata di Amerika Serikat dan berdoa bagi korban

7 Fakta Penembakan Massal di Texas dan Ohio, Bikin Amerika Mencekam!instagram.com/franciscus

Insiden di beberapa negara bagian di Amerika Serikat yang menyebabkan banyak korban, menuai banyak simpati dari masyarakat, termasuk dari pemimpin umat Katolik Paus Fransiskus.

Paus mengutuk serangan terhadap orang-orang tak berdaya tersebut. Dalam ceramahnya pada peziarah dan turis di Lapangan Santo Petrus pada Minggu (4/8) kemarin, ia juga menyatakan secara spiritual dirinya dekat dengan para korban yang terluka dan keluarga yang terkena dampak dari serangan insiden tersebut. .

7. Bukan penembakan massal pertama

7 Fakta Penembakan Massal di Texas dan Ohio, Bikin Amerika Mencekam!Pixabay.com

Insiden penembakan massal di kawasan Amerika Serikat tepatnya di Texas dan Ohio bukanlah tragedi penembakan massal pertama yang terjadi. Sebelumnya, seorang penembak juga melakukan serangan pada festival kuliner di California pada Minggu 28 Juli 2019. Itulah fakta-fakta dari tragedi berdarah penembakan massal di Texas dan Ohio.

Baca Juga: Dua Penembakan Massal Terjadi Dalam 24 Jam di Amerika Serikat

Laporan oleh: Kumi

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya