Berdesakan di Perayaan Halloween Itaewon Korsel, 59 Orang Tewas

Ratusan terkapar karena serangan jantung dalam insiden itu

Jakarta, IDN Times - Sedikitnya 59 orang tewas setelah berdesak-desakan dalam kerumunan besar di perayaan Halloween di ibu kota Korea Selatan, Seoul, Sabtu (29/10/2022) malam, menurut seorang pejabat Korea Selatab tulis BBC

Choi Cheon-sik, seorang pejabat dari Badan Pemadam Kebakaran Nasional, mengatakan 100 orang dilaporkan terluka akibat gelombang massa yang berdesakan di jalanan sempit di dekat Hotel Hamilton di distrik rekreasi Itaewon, Seoul. Menurutnya, sekitar 50 orang dirawat karena serangan jantung pada Minggu pagi, dilansir Washington Post. 

Baca Juga: 10 Tempat di Itaewon Ini Populer Berkat KDrama, Ada Kafe Park Seo Joon

1. Jumlah korban tewas tidak langsung diumumkan

Para pejabat tidak segera merilis jumlah korban tewas, seperti yang biasanya mereka lakukan sampai kematian dikonfirmasi di rumah sakit, tulis Associated Press yang dilansir Bloomberg. Badan Pemadam Kebakaran Nasional secara terpisah mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa para pejabat masih berusaha menentukan jumlah pasti pasien darurat.

Seorang petugas polisi setempat mengatakan dia juga diberitahu bahwa terjadi penyerbuan di jalan-jalan di Itaewon, di mana kerumunan orang menggelar perayaan Halloween. Petugas yang enggan disebutkan namanya itu, mengatakan rincian insiden itu masih dalam penyelidikan.

Baca Juga: Warga Korsel Boikot Paris Baguette Usai Terjadi Kecelakaan Kerja

2. Pekerja darurat dikerahkan untuk membantu korban

Dia mengatakan lebih dari 400 pekerja darurat dan 140 kendaraan dari seluruh distrik telah dikerahkan. Semua personel yang tersedia di Seoul dikerahkan ke jalan-jalan untuk merawat korban yang terluka.

Tayangan TV dan foto dari tempat kejadian menunjukkan ambulans berbaris di jalan-jalan yang padat dan dipenuhi korban. Petugas polisi pekerja darurat memindahkan korban terluka dengan tandu, tulis Bloomberg

Pekerja darurat dan pejalan kaki juga terlihat melakukan CPR pada orang-orang yang tergeletak di jalanan. Beberapa orang, tampaknya di antara mereka yang terluka, terlihat tertutup selimut kuning. Polisi juga mengonfirmasi bahwa puluhan orang diberikan CPR di jalan-jalan Itaewon sementara sebagian telah dibawa ke rumah sakit terdekat.

Baca Juga: Investor Korsel Dibujuk Tanam Investasi di Kawasan Industri

3. Presiden Korsel perintahkan penanganan cepat

Berdesakan di Perayaan Halloween Itaewon Korsel, 59 Orang TewasPresiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol saat menyaksikan peluncuran roket Nuri dari kantornya di Seoul pada Selasa (21/6/2022) waktu setempat. (instagram.com/sukyeol.yoon)

Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol mengeluarkan pernyataan yang memerintahkan para pejabat untuk memastikan perawatan darurat yang cepat bagi mereka yang terluka dan meninjau keamanan lokasi perayaan.

Dia juga menginstruksikan Kementerian Kesehatan untuk segera mengerahkan tim bantuan medis bencana dan mengamankan tempat tidur di rumah sakit terdekat untuk merawat yang terluka.

Media lokal mengatakan sekitar 100.000 orang berbondong-bondong ke jalan-jalan Itaewon untuk perayaan Halloween, yang terbesar dalam beberapa tahun setelah pelonggaran pembatasan COVID-19 dalam beberapa bulan terakhir.

Topik:

  • Anata Siregar
  • Retno Rahayu

Berita Terkini Lainnya