Buset! China Sita 27 Ton Narkoba, Tangkap 77 Ribu Pelaku

Ada sebanyak 54 ribu kasus narkoba sepanjang tahun di China

Jakarta, IDN Times - Kementerian Keamanan Publik (MPS) China mengumumkan telah mengungkap 54 ribu kasus penyalahgunaan obat-obatan terlarang sepanjang 2021. Aparat keamanan telah menyita 27 ton narkoba dan menangkap 77 ribu pelaku.

"Dalam menggencarkan kampanye antinarkoba, China menjalin kerja sama dengan sejumlah pihak," demikian isi keterangan pers Kementerian MPS kepada pers, Jumat (21/1/2022) dilansir ANTARA.

Baca Juga: Filipina Kutuk Aksi Kapal China di Laut China Selatan

1. Kerja sama dengan lembaga dalam maupun luar negeri untuk ungkap kasus

Buset! China Sita 27 Ton Narkoba, Tangkap 77 Ribu Pelakuilustrasi narkoba (IDN Times/Mardya Shakti)

Pada akhir 2021, China dan Kamboja menutup pabrik narkoba berskala besar di Kamboja dengan menangkap 46 pelaku dan mengamankan 2,95 ton narkoba senilai 1,7 miliar yuan atau sekitar Rp3,8 triliun. Dalam membongkar kasus tersebut, China bekerja sama dengan kepolisian di berbagai negara, seperti Myanmar, Laos, Thailand, dan Kamboja.

Di dalam negeri, MPS bekerja sama dengan Biro Kantor Pos untuk membongkar 1.700 kasus. Aparat berhasil menangkap 3.800 tersangka dan menyita 4,3 ton narkoba.

"Atas pencapaian tersebut, 125 tukang pos mendapatkan penghargaan senilai 848.000 yuan (Rp1,9 triliun)," ujar Deputi Direktur Komisi Pengendalian Narkotika Nasional (NNCC) Zhao Zhongchen.

Baca Juga: China hingga Australia Kirim Bantuan ke Tonga

2. Membongkar penyelundupan narkoba dari luar negeri lewat perbatasan

Buset! China Sita 27 Ton Narkoba, Tangkap 77 Ribu PelakuIlustrasi bangunan di Kota Xiamen, Provinsi Fujian, Tiongkok (IDN Times/Mela Hapsari)

China akan berupaya mempertahankan tren positif menurunnya tingkat penyalahgunaan narkoba. Kemajuan signifikan juga dicapai pula dengan membongkar penyelundupan narkoba dari luar negeri.

Di Provinsi Yunnan, perbatasan China di wilayah selatan, hampir 5.000 kasus narkoba berhasil dibongkar dengan menangkap 5.600 pelaku dan menyita 4,9 ton narkoba.

Hal yang sama juga dilakukan di wilayah-wilayah perbatasan lainnya di selatan, seperti Guangdong, Guangxi, Hainan, dan Fujian yang termasuk kawasan "Segitiga Emas" penyelundupan narkoba ke China melalui jalur laut.

Baca Juga: Jos! Ekspor Batu Bara Tembus 26,54 Miliar Dolar AS, Terbesar ke China 

2. 150 gembong narkoba dalam dan luar negeri diseret ke pengadilan

Buset! China Sita 27 Ton Narkoba, Tangkap 77 Ribu PelakuIlustrasi Pengguna Narkoba (IDN Times/Mardya Shakti)

Para pelaku pun juga diburu, baik yang berada di dalam maupun di luar negeri. Sebanyak 150 gembong narkoba telah ditangkap dan diseret ke pengadilan.

Sedikitnya enam penyedia bahan kimia untuk narkoba telah dimasukkan dalam daftar pencarian orang pada 2021, demikian MPS yang merupakan lembaga kepolisian di China itu.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya