CNN Pecat Anchor Kondang karena Skandal Seks Mantan Gubernur New York

Kakak beradik Cuomo terseret skandal seks berujung pemecatan

Jakarta, IDN Times - Stasiun televisi CNN memecat anchor berita Chris Cuomo karena upayanya membantu kakak kandungnya, mantan gubernur New York Andrew Cuomo yang menghadapi tuduhan pelecehan seksual. Keputusan pemecatan itu diambil CNN di tengah meningkatnya penyelidikan yang berlangsung terhadap jurnalis televisi Amerika Serikat tersebut.

"Chris Cuomo awal pekan ini diskors sambil menunggu evaluasi lebih lanjut menyangkut informasi baru yang muncul soal keterlibatannya dalam pembelaan kakaknya," kata CNN melalui pernyataan, Sabtu (4/12/2021).

Baca Juga: Biden Desak Masyarakat Tunggu Hasil Penyelidikan Cuomo

1. Chris Cuomo dinilai langgar etika jurnalistik

CNN Pecat Anchor Kondang karena Skandal Seks Mantan Gubernur New Yorkpetapixel.com

Dilansir dari Reuters, Chris sebelumnya dinyatakan diskors oleh CNN pada Selasa (30/11/2021). Skors itu keluar setelah Jaksa Agung New York Letitia James mengungkap ada pesan singkat dan beberapa pesan lain dari pembawa acara berita yang paling diminati pemirsa CNN pada jam tayang utama tersebut. 

Pesan-pesan itu menguak pergerakan Chris bahwa ia berusaha memanfaatkan sumber-sumbernya di media massa untuk mendapat informasi soal kasus pelecehan tersebut beserta perempuan-perempuan yang terkait di dalamnya. Hal ini melanggar etika jurnalistik, di mana seorang jurnalis tidak memanfaatkan posisinya untuk memberikan nasihat atau melakukan penyelidikan berdasarkan kepentingan pribadi.

Baca Juga: Biden Minta Gubernur New York, Andrew Cuomo Mundur

2. Chris mengaku melanggar aturan CNN tapi tetap kecewa dipecat

CNN Pecat Anchor Kondang karena Skandal Seks Mantan Gubernur New YorkChris Cuomo dipecat dari CNN setelah diketahui membantu Andrew Cuomo, mantan Gubernur New York, terkait kasus pelecehan seksual pada Sabtu, 4 Desember 2021, waktu setempat. (Instagram.com/chrisccuomo)

Chris pada Mei mengaku bahwa ia telah melanggar beberapa aturan jaringan berita kabel itu. Pelanggaran itu terkait upayanya memberi nasihat kepada sang kakak, Andrew Cuomo, soal bagaimana menangani tuduhan pelecehan seksual itu dari sudut pandang humas.

Melalui akun Twitter miliknya, Chris menyampaikan kekecewaannya akan keputusan pemecatan dirinya.

"Bukan seperti ini akhir yang saya inginkan bersama CNN tapi saya sudah bilang kenapa dan bagaimana waktu itu saya membantu kakak saya," katanya.

Baca Juga: Tidak Ikut Vaksinasi, CNN AS Pecat 3 Karyawannya

3. Kasus pelecehan seksual oleh Andrew Cuomo seret sang adik

CNN Pecat Anchor Kondang karena Skandal Seks Mantan Gubernur New YorkGubernur New York, Andrew Cuomo. (Instagram.com/nygovcuomo)

Andrew Cuomo, 63 tahun, pada Agustus mundur dari jabatannya sebagai gubernur setelah dikenai sejumlah tuduhan melakukan pelecehan seksual. Ia membantah melakukan kesalahan. Tuntutan pidana yang mendakwa Andrew Cuomo melakukan pelanggaran seks ringan diajukan pada 29 Oktober di pengadilan New York.

Dilansir dari BBC, kasus ini menjadi perhatian Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, yang meminta Andrew untuk mundur dari jabatannya sejak Agustus. Kecaman Biden terhadap Cuomo terjadi beberapa jam setelah Jaksa Agung New York, Letitia James, mengatakan Gubernur telah melanggar undang-undang negara bagian serta federal. 

Andrew Cuomo, yang berasal dari Partai Demokrat, sangat terkenal selama pandemik karena rajin menggelar konferensi pers soal bagaimana negara bagian yang ia pimpin, New York, menangani wabah tersebut. Ia kemudian kerap muncul dalam program berita yang dibawakan oleh sang adik Chris Cuomo.

Chris sendiri, yang sempat terpapar COVID-19 dan mengarantina diri di ruangan bawah tanah, sering mengikuti acara jumpa pers yang digelar Andrew. Ayah dua bersaudara itu, Mario Cuomo, adalah mantan gubernur New York.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya