Lagi, Korsel Kirim Konsentrator Oksigen dan Ventilator untuk Indonesia

Bantuan yang kedua bulan ini

Jakarta, IDN Times - Pemerintah Korea Selatan mengirim bantuan darurat penanganan COVID-19 tahap kedua untuk Indonesia. Bantuan berupa 150 unit konsentrator oksigen dan 35 unit ventilator itu tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Banten, pada Sabtu (24/7/2021) sore.

Bantuan kedua tersebut diangkut dengan penerbangan GA 878 tersebut berupa 150 unit, demikian keterangan tertulis Kedubes Korea Selatan di Jakarta. Pemerintah Korea Selatan sebelumnya juga telah menyalurkan 200 unit konsentrator oksigen ke Indonesia pada 18 Juli 2021 sebagai bantuan tahap pertama.

Baca Juga: Korsel Kirim 350 Konsentrator Oksigen dan 35 Ventilator buat Indonesia

1. Dubes Korsel untuk Indonesia: tidak ada yang sendirian dalam atasi pandemi

Lagi, Korsel Kirim Konsentrator Oksigen dan Ventilator untuk IndonesiaMenteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Duta Besar Korea Selatan untuk Indonesia Tae Sung Park, dalam pertemuan bilateral di Jakarta, Senin (14/6/2021). Sumber: Kementerian Perhubungan

Duta Besar Korea Selatan untuk Indonesia Park Tae-sung mengatakan situasi COVID-19 seharusnya dihadapi dengan membangun solidaritas dan kerja sama internasional. Dia mengatakan Korsel berkomitmen senantiasa akan berjuang bersama Indonesia untuk mengakhiri COVID-19.

"Tidak ada satu negara pun yang dapat mengatasi pandemi COVID-19 ini seorang diri," kata Park dalam keterangan tertulisnya pekan lalu.

2. Korsel berjanji akan terus memberikan bantuan kemanusiaan

Lagi, Korsel Kirim Konsentrator Oksigen dan Ventilator untuk Indonesia(Presiden Jokowi berdiri di samping Presiden Korsel, Moon Jae-in) www.twitter.com/@pramonoanung

Melalui bantuan ini, menurutnya, setidaknya turut andil mengamankan jumlah konsentrator oksigen dan ventilator di Indonesia.

"Pemerintah Korea Selatan akan terus-menerus bekerja sama dengan pemerintah Indonesia untuk bersama-sama menangani COVID-19 di Indonesia, termasuk memberikan bantuan-bantuan kemanusiaan lainnya."

Baca Juga: Wow! Badan Usaha Masjid Milik WNI Pertama di Korsel Resmi Dibuka

3. Korsel sudah kucurkan Rp57 miliar untuk bantu Indonesia

Lagi, Korsel Kirim Konsentrator Oksigen dan Ventilator untuk IndonesiaIlustrasi anggaran (IDN Times/Arief Rahmat)

Tahun ini pemerintah Korea Selatan telah mengucurkan dana sebesar 4 juta dolar AS atau sekitar Rp57 miliar untuk membantu Indonesia. Korsel yang merupakan mitra strategis khusus bagi Indonesia menyebut bantuan itu sebagai wujud kerja sama dalam meningkatkan kapasitas penanggulangan COVID-19.

Program-program kerja sama tersebut meliputi pemberian peralatan tes PCR dan tes antigen untuk meningkatkan kapasitas pengetesan, pelaksanaan program peningkatan sumber daya tenaga kesehatan, serta pemberian bantuan penanggulangan penyebaran COVID-19 di daerah-daerah terpencil, termasuk di pulau-pulau terluar Indonesia.

Baca Juga: Bahas Aliansi Washington-Seoul, AS Kunjungi Korsel

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya