Partai Komunis China Xi Jinping Minta Rakyat Rapatkan Barisan

Xi Jinping sampaikan laporan kerja di sidang pleno CPC

Jakarta, IDN Times - Komite Sentral Partai Komunis China (CPC) menyerukan seluruh kader partai, pasukan militer, dan seluruh rakyat di negara tersebut untuk lebih merapatkan diri lagi ke partai tertinggi pimpinan Xi Jinping itu. Hal itu tertuang dalam komunike bersama Komite Sentral yang disahkan dalam Sidang Pleno CPC di Beijing pada Kamis (11/11).

Dilaporkan ANTARA, komunike itu juga menyerukan program pembaruan nasional China, juga tekad untuk bekerja tanpa kenal lelah mewujudkan cita-cita 100 tahun, paruh kedua CPC.

Dalam sidang pleno yang dihadiri 197 anggota dan 151 anggota pengganti itu, para peserta mendengarkan laporan kerja Presiden China Xi Jinping. Pembahasan atas laporan kerja tersebut dilakukan Biro Politik Komite Sentral CPC.

Baca Juga: Ini Ajakan China ke Indonesia dan Negara Kawasan Laut China Selatan

1. CPC klaim telah berhasil upayakan kesejahteraan rakyat China

Partai Komunis China Xi Jinping Minta Rakyat Rapatkan BarisanIlustrasi bendera Tiongkok. pixabay.com/sw1994-598315

Dalam komunike itu juga disebutkan bahwa sejak didirikan pada 1921, CPC telah berhasil mengupayakan kesejahteraan rakyat China.

"Kehidupan rakyat telah meningkat di segala aspek dan perubahan juga terjadi dalam pelestarian lingkungan. Militer juga telah melakukan restrukturisasi revolusioner secara menyeluruh sebagai persiapan untuk tahap selanjutnya."

Baca Juga: Karakter Investor China versi Bahlil: Di Belakang Agak Belok-Belok

2. Diplomasi khas China juga diklaim meningkat di semua lini

Partai Komunis China Xi Jinping Minta Rakyat Rapatkan BarisanPara anggota kepolisian Hong Kong saat memantau situasi jalannya protes besar-besaran yang berlangsung di Hong Kong. (Twitter.com/TomMackenzieTV)

Terkait urusan luar negeri, CPC mengklaim diplomasi berkarakteristik China telah meningkat di semua lini.

Komunike tersebut juga menyebutkan Komite Sentral telah mengambil langkah untuk memulihkan ketertiban di Hong Kong dan menjamin terjadinya perubahan yang lebih baik serta secara tegas menentang intervensi asing dan menjaga hubungan lintas-selat.

Baca Juga: Presiden China Tidak Mau Ada Perang Dingin Baru di Asia Pasifik

3. CPC akan segera gelar kongres nasional tahun depan

Partai Komunis China Xi Jinping Minta Rakyat Rapatkan BarisanPresiden Xi Jinping tiba untuk sidang pembuka Konferensi Permusyawaratan Kongres Rakyat Nasional di Balai Agung Rakyat di Beijing, Tiongkok, pada 22 Mei 2020. ANTARA FOTO/REUTERS/Carlos Garcia Rawlins

Sidang pleno juga menyepakati Kongres Nasional ke-20 CPC pada semester kedua 2022 di Beijing. Partai Komunis China telah menaruh fokusnya pada kalangan anak muda, sesuai dengan seruan mereka tentang pembaruan China. Meski tetap menekankan sejarah, mereka menggarisbawahi tantangan dalam menghadapi dunia global di masa depan.

CPC genap berusia 100 tahun pada 1 Juli 2021. Perayaan hari jadi mereka digelar besar-besaran di Lapangan Tiananmen yang bersejarah,. Xi Jinping, Presiden China sekaligus pemimpin tertinggi CPC dan Komisi Militer yang kini berusia 68 tahun, memimpin perayaan tersebut.

"Rakyat China tidak akan pernah membiarkan kekuatan asing menggertak, menindas, atau mengalahkan kami. Siapa pun yang mencoba melakukannya akan membentur tembok besar baja yang ditempa oleh lebih dari 1,4 miliar masyarakat China," tegas Xi dalam perayaan itu.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya